Masjid Agung Deli Serdang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Masjid Agung Lubuk Pakam)
Masjid Agung Deli Serdang
Masjid Agung Sultan Thaf Sinar Basarsyah
Agama
AfiliasiIslamSunni
Provinsi Sumatera Utara
Lokasi
LokasiJl.Negara, Tj.Garbus I, Lubuk Pakam,Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20551
Negara Indonesia
Arsitektur
TipeMasjid
Gaya arsitekturKaro, Simalungun, Melayu Dengan Perpaduan Arsitektur Timur Tengah
Rampung2021
Kapasitas1.600 Orang[1]

Masjid Agung Deli Serdang (Bahasa Arab:"الجامع الكبير في ديلي سيردانغ), adalah sebuah masjid yang terletak di Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Pembangunan masjid ini dimulai pada tahun 2015 dan selesai pada tahun 2020. Pembukaannya untuk umum sejak tahun 2021.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ketua panitia pembangunan Masjid Agung Sultan Thaf Sinar Basarsyah H. Khairum Rizal dalam laporannya menjelaskan diakhir tahun 1985, ditempat ini berdiri Masjid Al ikhlas yang dibangun oleh Yayasan Amal Bhakti Muslim Pancasila dan diresmikan pada tanggal 26 Maret 1986 oleh Gubernur Sumatera Utara Alm. Letjend TNI (Purn) H. Kaharuddin Nasution. Pada Tahun 2015, Bupati Deli Serdang H. Ashari Tambunan menggagas agar Masjid Al-Ikhlas direvitalisasi dengan membangun masjid yang baru agar dapat menampung jamaah yang lebih banyak dan berfungsi bukan tempat sholat saja, tapi juga untuk kegiatan-kegiatan ibadah lainnya. Pembangunan Masjid Agung ini dimulai sejak tahun anggaran 2017 dan 2018 dibiayai oleh APBD Kabupaten Deli Serdang. Kemudian pada tahun 2019 dan 2020 dilanjutkan dengan penyempurnaan bangunan masjid, seperti perluasan tanah untuk parkir, pembuatan taman, air mancur.

Bangunan Masjid Agung Sultan Thaf Sinar Basarsyah berada diatas lahan seluas 16.307 M2 (1,6 Ha) dan bangunan masjid seluas 5.864 M2 yang dapat menampung kurang lebih 1.600 jamaah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ""Bupati Deli Serdang H. Ashari Tambunan Resmikan Masjid Agung Sultan Thaf Sinar Basarsyah"". Diakses tanggal 2 Juli 2021.