Mandala Dari Sungai Ular (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Mandala Dari Sungai Ular
Berkas:Mandala Dari Sungai Ular.jpg
SutradaraAckyl Anwari
ProduserHandi Muljono
PenulisImam Tantowi
Mansyur Daman
PemeranBarry Prima
Syaiful Nazar
Syamsuri Kaempuan
Angel D. Memah
Etty Nurbaety
Muni Cader
DistributorKanta Indah Film (Indonesia)
Durasi
81 menit
NegaraBendera Indonesia Indonesia

Mandala Dari Sungai Ular (Internasional: Mandala From The Snake River) adalah sebuah film aksi laga fantasi dewasa tahun 1987 dari Indonesia yang disutradarai oleh Ackyl Anwari. Cerita dalam film ini dibuat secara lepas berdasarkan serial komik Mandala yang ditulis oleh MAN. Film ini diproduksi oleh Kanta Indah Film dan dibintangi oleh aktor laga kawakan Barry Prima yang mengikuti sukses film adaptasi pertamanya, Golok Setan (1983).

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Dalam pengembaraannya Mandala (Barry Prima) sampai di suatu desa yang sedang diacak-acak tiga serangkai Kepala Besi yang mencari seseorang yang bernama Laot. Laot hendak menyelamatkan buku warisan gurunya, Ki Banta (Syamsuri Kaempuan) yang juga dicari-cari gerombolan Kepala Besi. Mandala bertarung dengan perampok desa dan berjumpa dengan Kupra (Syaiful Nazar) yang akan digantung karena dianggap perampok. Mandala menyelamatkan Kupra dan mereka berpisah.

Mustikaningpanas (Muni Cader) yang adalah tetua desa tersebut sedang berusaha membalas dendam pada tiga Kepala Besi dibantu Mandala namun Mandala terluka. Kudanya yang setia membawanya pulang ke gurunya, yang ternyata juga guru Kupra alias Laot dan adalah orang yang dipercayai Laot dengan buku warisan guru Laot. Laot mendalami buku tersebut hingga tamat dan membakarnya sesuai petunjuk Ki Banta yang tewas di tangan Kepala Besi. Mandala menceritakan hal ini kepada Laot, lalu kembali mencari tiga Kepala Besi. Dalam pertarungan ini ia dibantu Maya Saputri (Angel D. Memah) dan Nilasari (Etty Nurbaety) yang sama-sama menyukai Mandala. Setelah berhasil, Mandala pamit dan melanjutkan pengembaraannya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Versi luar negeri[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]