Mahkamah Konstitusi Hongaria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Coat of arms of Hungary.svg
Artikel ini adalah bagian dari seri
Politik dan pemerintahan
Hongaria
Hubungan luar negeri

Mahkamah Konstitusi Hongaria (bahasa Hongaria: Magyarország Alkotmánybírósága) adalah pengadilan yang dapat melakukan pengujian peraturan perundang-undangan di Hongaria. Mahkamah ini berpusat di kota Budapest, walaupun sebelumnya mahkamah ini terletak di kota Esztergom hingga tahun 2012.

Mahkamah Konstitusi Hongaria terdiri dari 15 hakim semenjak 1 September 2011 (sebelumnya hanya terdapat 11 hakim). Hakim-hakim ini kemudian memilih seorang hakim ketua. Hakim ketua lalu mengangkat satu atau dua wakil ketua dan mereka dapat menggantikan ketua apabila sang ketua tidak dapat hadir.

Mahkamah Konstitusi adalah lembaga negara yang melindungi Konstitusi Hongaria. Mahkamah konstitusi dapat mengeluarkan keputusan mengenai konstitusionalitas suatu undang-undang dan keputusan tersebut tidak dapat diganggu gugat. Mahkamah ini juga bertugas melindungi tatanan konstitusi dan hak-hak dasar yang dijamin oleh konstitusi.

Mahkamah ini melakukan tugasnya secara independen. Walaupun Mahkamah Konstitusi Hongaria memiliki anggarannya sendiri, hakim-hakimnya dipilih oleh minimal dua per tiga anggota Parlemen Hongaria untuk masa jabatan selama dua belas tahun.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 47°30′13″N 19°02′11″E / 47.5037°N 19.0365°E / 47.5037; 19.0365