Lawkanat 1

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari MMSATS-1)


Lawkanat 1 atau MMSATS-1 adalah satelit pertama Myanmar yang dirancang dan dibangun oleh Universitas Hokkaido Jepang dan Universitas Tohoku dalam proyek bersama dengan Universitas Teknik Dirgantara Myanmar (MAEU) yang didanai pemerintah Myanmar. Satelit ini dirancang untuk menyediakan gambar real-time untuk manajemen risiko bencana dan aplikasi lainnya. Kabarnya mirip dengan satelit Phillipine Diwata 1 yang juga dibangun oleh Universitas Hokkaido.[1][2][3][4][5]

Pada tanggal 20 Februari 2020, Lawkanat 1 dibawa ke dalam Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) di ruang kargo AS Cygnus NG-15. Karena kudeta militer di Myanmar pada Februari 2021, badan antariksa Jepang JAXA dan Universitas Hokkaidō memutuskan pada awalnya memegang satelit di ISS. Aktivis hak asasi manusia khawatir bahwa komplotan kudeta dapat menggunakan satelit secara militer. Hal ini sebenarnya dimaksudkan untuk pemantauan lingkungan dan pencarian mineral serta untuk pengendalian bencana. Pada tanggal 22 Maret 2021, satelit diluncurkan ke luar angkasa. Menurut Universitas Hokkaido, awalnya hanya akan dioperasikan dari Jepang; Myanmar belum memiliki peralatan yang diperlukan.

Satelit senilai $15 juta ini adalah yang pertama dari dua satelit mikro seberat 50 kg yang dilengkapi dengan kamera yang dirancang untuk memantau pertanian dan perikanan. Satelit lain dengan ukuran yang sama dibangun sebagai bagian dari proyek universitas yang sama dan dijadwalkan untuk diluncurkan pada akhir tahun 2021. Biaya keseluruhan proyek - termasuk pelatihan mahasiswa teknik luar angkasa Myanmar di Jepang dan peluncuran satelit - adalah $ 16 juta. Mereka sepenuhnya ditanggung oleh Myanmar.

Kesepakatan Jepang dengan Myanmar dan dukungan negara itu untuk mengembangkan teknologi luar angkasanya sendiri telah menarik banyak kritik dari para aktivis hak asasi manusia. Jepang telah menyarankan agar Myanmar sebaliknya mendapatkan teknologi dari negara lain seperti China.

Referensi[sunting | sunting sumber]