Lock

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lock One, Trent-Severn Waterway, di Ontario, Canada

Lock atau pintu merupakan perangkat untuk mengendalikan kedalaman alur pelayaran kapal termasuk pada alur pelayaran pedalaman/sungai serta untuk menuju lintasan yang lebih tinggi. Kapal untuk menuju ketempat yang lebih tinggi masuk keruang pertama pintu ditutup, kemudian air dari ruang kedua dialirkan sampai dengan ketinggian tertentu dan selanjutnya kapal berlayar ke ruang kedua dan seterusnya. Terusan/canal yang sangat terkenal yang dilengkapi dengan lock adalah terusan Suez dan Terusan Panama.

Dengan pembangunan lock sungai dapat dilayari lebih jauh ke hulu sungai, sehingga akan membuka akses angkutan penumpang dan barang yang lebih baik dihulu sungai.

Prinsip kerja[sunting | sunting sumber]

Pada gambar berikut ditunjukkan proses penggunaan pintu/lock dari bagian sungai atau kanal yang lebih rendah menuju ketempat yang lebih tinggi melalui suatu lock dan sebaliknya turun menuju tempat yang lebih rendah.

Operation of a canal lock
1-3. Kapal memasuki lock
4. Pintu bawah ditutup, kemudian katup atas dibuka untuk menaikkan air di dalam lock
5. Lock terisi dengan air dan kapal terangkat naik ke permukaan sungai/canal yang lebih tinggi

Untuk menjalankan lock ini dibutuhkan sekurang-kurangnya dua buah pintu kedap, katup untuk memasukkan atau mengeluarkan air yang ada di dalam lock.

Ukuran pintu/lock[sunting | sunting sumber]

Dimensilock.jpg

Ukuran lock sangat tergantung kepada kapal yang akan menggunakan lintasan yang bersangkutan tentu setelah melalui analisis ekonomi terhadap ukuran, waktu transit di lock, ukuran kapal atau tongkang yang menggunakan lock, jenis lock yang digunakan, tunggal atau beberapa. Pada tabel berikut ditunjukkan ukuran lock yang biasa digunakan:

Besarnya ukuran lock tergantung kepada keekonomian lock tersebut, semakin besar arus barang dan penumpang yang akan diangkut melalui lock tersebut maka dibutuhkan lock dengan ukuran yang lebih besar. Terusan Panama setelah dipakai beberapa puluh tahun, ternyata permintaannya meningkat terus sehingga terusan beserta lock diperlebar.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]