Kuncir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Dalam konteks gaya rambut, penggunaan kuncir jangka (twintail atau ekor kembar bijih) menunjukkan variasi yang cukup. Istilah ini dapat merujuk kepada kepang tunggal, tetapi ketika digunakan dalam bentuk jamak sering mengacu pada tandan kembar rambut di sisi berlawanan dari kepala. Bagi sebagian pengguna, istilah "kuncir" hanya berlaku jika rambut yang dikepang, tetapi tidak ada kesepakatan luas pada ini (di tempat-tempat di mana penggunaan ini umum, pasangan unplaited disebut tandan dan sekelompok tunggal, terlepas dari posisi di kepala, disebut ekor kuda).

Kata Istilah dan Asal[sunting | sunting sumber]

Kuncir istilah muncul dalam bahasa Inggris di koloni Amerika di abad ke-17 untuk menggambarkan antihan mengunyah tembakau. Salah satu langkah dalam pengolahan tembakau adalah untuk memutar segenggam daun bersama-sama untuk membentuk sekelompok kompak yang kemudian akan sembuh (dikeringkan, baik dengan atau tanpa alarm). Istilah "kuncir" diaplikasikan pada sekelompok berdasarkan kemiripannya dengan ekor babi bengkok ini.

Dari abad ke-17 kemudian melalui abad ke-19, istilah datang untuk diterapkan pada setiap dikepang ("anyaman", di Teritorial Britania) gaya rambut. Angkatan Darat Inggris juga mengadopsi kuncir tunggal atau "antrian" sebagai busana standar untuk rambut panjang. pengacara Inggris terus memakai wig dengan kuncir sebagai cara untuk menyembunyikan rambut dalam upaya untuk memberikan anonimitas dasar.

Robert Louis Stevenson menyebutkan "kuncir" mengacu pada rambut dan kemudian ke "kuncir tembakau" dalam bab-bab pertama dan keempat Treasure Island, masing-masing.

Kebanyakan kamus modern masih mendefinisikan "kuncir" sebagai jalinan ketat tunggal. Namun, banyak pembicara menggunakan istilah untuk menggambarkan dua tandan simetris rambut di kedua sisi kepala, dikepang atau tidak.

Gaya[sunting | sunting sumber]

Ada banyak gaya kuncir di mana seseorang dapat memakai rambut mereka. Mereka dapat dijalin, diluruskan, manik-manik, pita, dalam roti, fishtailed, dan bahkan dikepang Prancis. Kuncir dapat ditempatkan pada bagian yang berbeda dari kepala seseorang: tinggi, rendah, atau ke samping.

Di beberapa wilayah Tiongkok, budaya tradisional terkait pemakaian kuncir untuk status perkawinan seorang gadis. Sebuah muda, belum menikah, gadis Tiongkok akan sering memakai dua roti, atau bundel rambut di kedua sisi kepala untuk menampilkan ketersediaan dia calon suami. Gaya kuncir kadang-kadang disebut sebagai "tanduk sapi." Namun, ketika gadis ini akan menikah, dua kuncir, atau roti, akan digantikan dengan hanya satu, sehingga menunjukkan pernikahannya.

Manchu dan kemudian coiffe Qing dinasti pria disebut "antrian" kadang-kadang digambarkan salah sebagai dengan kuncir.

Di Jepang[sunting | sunting sumber]

Gaya rambut ini sangat populer di Jepang, terutama di anime dan manga fandom dan budaya kutu Jepang. Tradisional gaya rambut yang dikenakan oleh gadis-gadis muda, telah datang untuk mewakili kepolosan, dan juga dikenal sebagai "twintail" atau futatsu-yui (二 つ 結 い). Anime dan manga karakter olahraga twintails sudah lazim sejak 1960-an, dan gaya rambut sejak telah memasuki budaya mainstream, sebagian karena kelompok pop Jepang seperti Puffy AmiYumi dan AKB48 merangkul tampilan.

Ini termasuk penciptaan "Japan Twintail Association" untuk mempromosikan dan merayakan gaya rambut, serta menjalankan menyebar foto model olahraga ekor ganda. "Twin Tail Day" secara resmi diakui oleh Anniversary Asosiasi Jepang dan jatuh pada tanggal 2 Februari, ketika gadis posting gambar diri mereka dengan gaya rambut ke Twitter.