Kepala hidraulik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Perbedaan yang tampak pada kepala hidraulik saat melintasi waduk hidroelektrik, sebelum "head loss" (penurunan tekanan pada cairan yang mengalir di dalam pipa) karena turbin, gesekan dinding, dan turbulensi.
Mengukur kepala hidraulik pada akuifer artesis, ketika ketinggian air di atas permukaan tanah.

Kepala hidraulik atau kepala piezometrik adalah pengukuran spesifik tekanan cair di atas datum vertikal.[1][2]

Biasanya diukur sebagai ketinggian permukaan cair, dinyatakan dalam satuan panjang, di bagian masuk (atau bawah) pada alat piezometer. Dalam akuifer, dapat dihitung dari kedalaman ke air yang ada dalam sumur piezometrik (air sumur khusus), dan memberi informasi tentang ketinggian serta kedalaman pada layar piezometer. Kepala hidraulik dapat diukur dalam kolom air menggunakan alat piezometer pada sistem pipa tegak dengan mengukur ketinggian permukaan air dalam tabung relatif terhadap datum umum. Kepala hidraulik juga dapat digunakan untuk menentukan gradien hidraulik antara dua titik atau lebih.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mulley, Raymond (2004), Flow of Industrial Fluids: Theory and Equations, CRC Press, ISBN 978-0849327674 , 410 pages. See pp. 43–44.
  2. ^ Chanson, Hubert (2004), Hydraulics of Open Channel Flow: An Introduction, Butterworth–Heinemann, ISBN 978-0750659789 , 650 pages. See p. 22.