Kastil Durham

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kastil Durham.

Kastil Durham adalah sebuah kastil yang terletak di kota Durham, Inggris, dan semenjak tahun 1840 telah digunakan oleh University College, Durham. Kastil ini dibuka untuk umum, tetapi mereka hanya dapat berkunjung jika mengikuti tur yang dipandu oleh petugas, karena bangunan ini masih dipakai oleh universitas dan menjadi tempat tinggal sekitar 100 mahasiswa. Kastil ini terletak di puncak bukit di tepi Sungai Wear di seberang Katedral Durham.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kastil ini dibangun pada abad ke-11 oleh bangsa Norman untuk menunjukkan kekuasaan raja Norman di Inggris utara, karena penduduk di Inggris utara masih dianggap "liar" setelah peristiwa penaklukan oleh Norman pada tahun 1066. Uskup Durham lalu dipilih sebagai pelaksana wewenang raja, dan kastil ini menjadi tempat berkedudukannya Uskup Durham. Kastil ini menjadi kastil uskup hingga mereka pinadh ke Kastil Auckland dan kastil ini lalu diubah menjadi kolese.

Di dalam kastil ini terdapat balai besar yang dibangun oleh Uskup Antony Bek pada awal abad ke-14. Balai ini merupakan balai terbesar di Britania Raya hingga Uskup Richard Foxe memutuskan untuk mengecilkannya pada akhir abad ke-15, Meskipun begitu, balai ini masih memiliki tinggi sebesar 14 m dan panjang 30 m.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]