Juana Ines De Za Gruz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Juana Ines De Za Gruz hidup pada masa Meksiko masih di jajah oleh Spanyol, sekarang ini ia dianggap sebagai penulis Meksiko dan menjadi kontributor pada masa kejayaan kesusastraan Spanyol. Juana Ines aktif menulis sejak awal sejarah kesusastraam Meksiko yang masih berbahasa Spanyol. Ia lahir dengan nama Juana Inez de Asbaje y Ramirez de S antillana, di San Miguel Nepantla dekat Meksiko City. Sebetulnya, ia anak tidak sah dari seorang kapten Spanyol bernama Pedro Manuel de Asbaje dengan seorang perempuan Criollo, bernama Isabel Ramirez. Carillo adalah penduduk asli dari negara yang dijajah Spanyol di Amerika Latin. Gadis kelahiran 1651 ini, tidak pernah mengenal ayahnya semasa hidupnya. Oleh karena itu, ketika di baptis ia diakui sebagai anak gereja. Gadis yang tidak mengenal ayahnya tersebut dibesarkan oleh kakeknya di Amecameca, di bagiam selatan Meksiko.

Juana merupakan anak yang religius dan rajin membaca. Ia sering menyembunyikan buku dari gereja untuk dibaca. Ia melakukan itu, karena saat itu perempuan dilarang membaca nuku. Pada usia delapan tahun ia sudah membuat puisi berjudul Eucharist. Pada usianya yang ke-16, ia tinggal di Meksiko City agar bisa kuliah di Universitas. Gadis cantik ini meminta izin kepada ibunya menyamar sebagai siswa laki-laki. Namun keinginannya itu terhalang oleh peraturan yang ketat, sehingga ia memutuskan untuk belajar sendiri. Kemampuannya dicoba oleh Leonor Carreto istri dari penguasa Spanyol Antonio Sebastian de Toledo. Ternyata, anak perempuan berusia 17 tahun itu sangat cerdas.

Kemampuannya menjawab semua pertanyaan yang ditanyakan oleh para teolog, hakim, ahli, filsafat dan penyair mengejutkan banyak orang. Kemampuan dalam pengetahuan di berbagai bidang tersebut mengangkat namanya ke seluruh Spanyol Baru ( New Spain). Mintanya dalam pemikiran sains dan eksperimen mengantarkannya ke dalam diskusi profesional dengan Isaac Newton. Ia dikagumi banyak orang, namun ia menolak untuk menikah. Ia masuk ke tempat peribadatan. St. Joseph dan memilih menjadi seorang diarawati agar bisa belajar dengan bebas. Juana berteman dengan Don Carlos de Sequenza y G ongora. Ia tinggal di Santa Paula Meksiko City dari tahun 1669 sampai meninggal. Juana terus menulis buku dan memiliki perpustakaan luas.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Yukesti, Tetty,. 51 perempuan pencerah dunia (edisi ke-Terbitan pertama). Jakarta. ISBN 9786020268934. OCLC 940482207.