Jangka dan Mistar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Jangka Mistar)
Simbol jangka mistar di Balai Freemason, Bournemouth, Inggris.

Jangka mistar (mistar siku dan jangka) adalah simbol Freemasonry. Keduanya merupakan peralatan arsitek dan digunakan dalam ritual Freemason sebagai alat untuk mengajar simbolika.

Simbol-simbol ini digunakan oleh sejumlah loji dan ritualnya untuk mengajarkan makna kehidupan: misalnya, karya Duncan Masonic Monitor tahun 1866 menjelaskannya sebagai: "Mistar bermakna 'menyesuaikan perilaku', sedangkan jangka bermakna 'menjaga dan membatasi dalam pergaulan sesama umat manusia".[1] Namun, karena Freemasonry bersifat nondogmatis, tidak ada interpretasi umum untuk berbagai lambang perkumpulan Freemasonry.[2]

Dengan huruf G[sunting | sunting sumber]

Simbol jangka mistar dengan huruf G

Negara-negara dengan penutur bahasa Inggris menambahkan huruf G di tengah simbol jangka mistar.[3] Huruf ini memiliki banyak makna, bergantung pada konteks bahasannya. Ada yang menyebut bahwa G adalah God, "Tuhan". Atau ada juga yang menyebut huruf G itu bermakna "geometri", dan para Mason meyakini bahwa geometri dan Freemasonry adalah sinonim, serta menganggapnya sebagai "ilmu paling mulia", dan "landasan suprastruktur Freemasonry dan peletak dasar terciptanya alam semesta". Dalam konteks ini, huruf G juga dimaknai sebagai Arsitek Agung Alam Semesta (Great Architect of the Universe, rujukan nondenominasi Tuhan)." [4]

Penggunaan oleh perkumpulan lainnya[sunting | sunting sumber]

Jangka mistar dengan huruf G

Simbol ini juga digunakan oleh perkumpulan lainnya, terkadang dengan beberapa elemen tambahan:

  • Free Gardeners, menambahkan pisau pemangkas di tengah jangka mistar[5]
  • Junior Order of United American Mechanics, menambahkan gambar tangan memegang palu di tengah jangka mistar.[6]
  • Independent United Order of Mechanics,[7] tidak mengubah simbol.
  • Royal Black Institution,[8] tidak mengubah simbol.
  • Carpenters' Company of the City and County of Philadelphia menggunakan mistar dan 3 set jangka pada lengannya.[9] Lambang tersebut mirip dengan Worshipful Company of Carpenters[10]
  • The Incorporation of Wrights and Masons - Edinburgh Trades.[11] Simbol ini adalah jangka mistar dengan konfigurasi berbeda dengan mason tradisional.
  • Lambang Allan Glen's School, masih digunakan dalam klub sekolah[12] dan klub rugbi independen,[13] jangka mistarnya mirip dengan konfigurasi Edinburgh Wrights.
  • Gereja Yesus Kristus dan Orang-orang Suci Zaman Akhir (Mormon), yang memasukkan tanda jangka mistar pada hiasan kuil mereka.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Kutipan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Malcolm C. Duncan (1866). "Duncan's Masonic Ritual and Monitor". 
  2. ^ Gilkes, Peter (July 2004). "Masonic ritual: Spoilt for choice". Masonic Quarterly Magazine (10). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-11-08. Diakses tanggal 2007-05-07. 
  3. ^ http://phoenixmasonry.org/the_g_in_masonrys_emblem.htm
  4. ^ Malcolm C. Duncan (1866). "Duncan's Masonic Ritual and Monitor". 
  5. ^ Hanging Gardens of Babylon Lodge no 13 of Free Gardeners of England website
  6. ^ "The National Council of the Junior Order of United American Mechanics". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-14. Diakses tanggal 2021-09-28. 
  7. ^ The Independent United Order of Mechanics
  8. ^ "website of Markethill Royal Black District Chapter No 3. County Armagh". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-10-19. Diakses tanggal 2021-09-28. 
  9. ^ "Company website". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-02-18. Diakses tanggal 2021-09-28. 
  10. ^ Worshipful Company of Carpenters
  11. ^ Incorporation of Wrights and Masons page on Edinburgh Trades website
  12. ^ "Allan Glen's School Club". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-10-02. Diakses tanggal 2021-09-28. 
  13. ^ Allan Glen's Rugby Club

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Curl, James Stevens (1991). The Art and Architecture of Freemasonry: An Introductory Study. Woodstock, NY: Overlook Press. ISBN 1-58567-160-6. OCLC 493971613.