James Kirkwood, Jr.

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
James Kirkwood
LahirJames Kirkwood Jr.
(1924-08-22)22 Agustus 1924
Los Angeles, California, A.S.
Meninggal21 April 1989(1989-04-21) (umur 64)
Kota New York, A.S.
Karya terkenalP.S. Your Cat Is Dead
PenghargaanPulitzer Prize for Drama (1976)
Orang tua

James Kirkwood Jr. (22 Agustus 1924 – 21 April 1989) adalah seorang penulis drama, penulis, dan aktor Amerika. Pada tahun 1976 ia menerima Tony Award , Drama Desk Award untuk Outstanding Book of a Musical , dan Hadiah Pulitzer untuk Drama untuk hit Broadway A Chorus Line .

Biografi[sunting | sunting sumber]

Kirkwood lahir di Los Angeles. Ayahnya James Kirkwood Sr. adalah seorang aktor dan sutradara film bisu, dan ibunya adalah aktris Lila Lee . Dia memiliki saudara tiri Joan Mary Kirkwood Thompson. Setelah perceraian mereka, dia menghabiskan sebagian besar waktunya bersama keluarga ibunya di Elyria, Ohio , tempat dia lulus SMA.

Karir[sunting | sunting sumber]

Dari tahun 1953 hingga 1957, ia memerankan Mickey Emerson di sinetron Valiant Lady[1] .  Kirkwood menulis novel semi-otobiografi There Must Be a Pony , dibuat menjadi film televisi yang dibintangi Elizabeth Taylor dan Robert Wagner . Novel lainnya termasuk PS Your Cat Is Dead (diadaptasi menjadi drama berjudul sama, yang kemudian diadaptasi menjadi film oleh Steve Guttenberg ), Saat Baik/Saat Buruk , Beberapa Jenis Pahlawan , dan Pukul Aku dengan Pelangi .

Pada tahun 1959, Kirkwood muncul di Perry Mason sebagai Johnny Baylor, putra Senator Harriman Baylor, dalam "The Case of the Foot-Loose Doll."

Pada tahun 1970, Simon & Schuster menerbitkan American Grotesque karya Kirkwood tentang persidangan Clay Shaw[2] .  Shaw , seorang pengusaha New Orleans, diadili oleh Jaksa Wilayah New Orleans Jim Garrison dengan tuduhan terlibat dalam konspirasi untuk membunuh Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy dan kemudian dibebaskan. Ulasan Kirkus menulis bahwa "Potret Kirkwood tentang Shaw sebagai St. Sebastian berlebihan hingga mencapai titik kekalahan diri" dan bahwa "buku tersebut memberikan kesan bahwa dasar hukum untuk tuduhan konspirasi tidak cukup."

Kirkwood memenangkan Tony Award 1976 untuk Buku Musikal Terbaik , Penghargaan Drama Desk untuk Buku Musikal yang Luar Biasa , Penghargaan Lingkaran Kritikus Drama New York , dan Hadiah Pulitzer untuk Drama dengan kolaborator Nicholas Dante untuk A Chorus Line .

Kirkwood juga menulis drama komedi Legends! yang melakukan tur Amerika Serikat bersama Mary Martin dan Carol Channing pada tahun 1987. Plotnya berkisah tentang seorang produser dengan naskah komersial yang pasti, tetapi tidak memiliki kredibilitas, yang memikat dua aktris yang menganggur tetapi sudah lama berseteru "pada usia tertentu " untuk membintangi produksi Broadway yang diduga miliknya. Legenda! adalah produksi jalan raya yang paling sukses secara finansial pada musim itu, tetapi ketika produser bersikeras untuk memotong pidato penting tentang kanker payudara oleh karakter Mary Martin , aktris tersebut menyatakan bahwa dia akan menyelesaikan kewajiban kontraknya, tetapi tidak akan membuka drama tersebut di Broadway, dan pertunjukan ditutup di jalan. [ kutipan diperlukan ] Kirkwood menulis buku tentang produksi Legends! berjudul Diary of a Mad Playwright: Petualangan Berbahaya di Jalan bersama Mary Martin dan Carol Channing .

Kebangkitan Legenda! dipasang dengan ketenaran Joan Collins dan Linda Evans dari Dynasty . Ini melakukan tur lebih dari 30 kota di Amerika Serikat dan Kanada mulai musim gugur 2006, tetapi tidak muncul di Broadway seperti yang direncanakan.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1968, Kirkwood menandatangani janji " Protes Pajak Perang Penulis dan Editor ", bersumpah untuk menolak pembayaran pajak sebagai protes terhadap Perang Vietnam (novelnya Some Kind of Hero berpusat pada seorang tawanan perang di, dan kembali ke rumah dari, Vietnam) .

Kirkwood meninggal di apartemennya di Manhattan karena komplikasi terkait AIDS pada tahun 1989.

Hadiah sastra[sunting | sunting sumber]

Untuk mengenang Kirkwood, teman-teman dan pengagumnya mengadakan Penghargaan Sastra James Kirkwood untuk menghormati generasi baru penulis fiksi atas pencapaian sastra mereka. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Program Penulis Ekstensi UCLA , dan pemenangnya ditentukan oleh Andrew Morse, pemberi hadiah.

Karya[sunting | sunting sumber]

Novel[sunting | sunting sumber]

  • There Must Be a Pony!
  • Good Times/Bad Times
  • Hit Me with a Rainbow
  • Some Kind of Hero (adapted by Kirkwood into the film of the same name)
  • P.S. Your Cat Is Dead
  • I Teach Flying (unfinished)

Permainan[sunting | sunting sumber]

  • U.T.B.U. (Unhealthy To Be Unpleasant)
  • Legends!
  • A Chorus Line (book – co-authored with Nicholas Dante)
  • Stage Stuck (co-authored with Jim Piazza)

Nonfiksi[sunting | sunting sumber]

  • American Grotesque
  • Diary of a Mad Playwright: Perilous Adventures on the Road with Mary Martin and Carol Channing, about production of the play Legends! (Dutton, 1989)

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Year Title Role Notes
1958 Alfred Hitchcock Presents Dave Season 4 Episode 3: "The Jokester"
1980 Oh, God! Book II Psychiatrist 2
1981 Mommie Dearest Master of Ceremonies
1986 The Supernaturals Captain (final film role)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tachycardie ventriculaire (TV). Les Presses de l'Université de Montréal. hlm. 84–85. 
  2. ^ "Book Reviews, Sites, Romance, Fantasy, Fiction". Kirkus Reviews (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-11-06.