Thomas Son Chasuhn

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Thomas Son Chasuhn
Hangul
손자선 토마스
Alih AksaraSon Ja-seon Tomaseu
McCune–ReischauerSon Chasŏn T'omasŭ


Thomas Son Chasuhn (1838–1866) merupakan salah satu dari Martir Korea yang ditahbiskan sebagai seorang santo oleh gereja Katolik Roma pada tahun 1984.

Thomas adalah seorang penganut Katolik yang saleh. Ketika Uskup Daveluy ditangkap, pihak yang berwenang memerintahkan untuk mengambil benda-benda yang disita. Semua orang terlalu takut untuk pergi dan mengklaim properti Gereja, dan Thomas menerima tugas tersebut untuk mengambilnya. Namun sebaliknya, pihak yang berwenang tersebut mempertanyakan kepercayaannya. Thomas mengakuinya dengan berani, dan kemudian ia dibuang ke penjara.

Saat itu terjadi pada masa Lent, dan Thomas diamati dengan cermat, puasa dan pantang dua kali daripada penderita lainnya, dan makanan yang tidak memadai yang diberikan kepada para tahanan.[1] Dengan cara yang sama, tidak ada yang bisa membuatnya menghilangkan segala praktik kesalehannya yang biasa. Ia disiksa dengan berat namun ia menghadapinya dengan keteguhan dan kegembiraan yang menakjubkan. Ketika sesama penganut Katolik memakamkannya empat hari kemudian dan memakamkannya dua puluh hari kemudian di tempat lainnya, jenazahnya tidak rusak dan berbau busuk.[2][3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "On était alors en carême, et Thomas observait avec une scrupuleuse exactitude les jeûnes et les abstinences de l'Eglise, jeûnes et abstinences dont la rigueur était doublée et par ses autres souffrances, et par l'insuffisante nourriture donnée aux prisonniers." Charles Dallet, Histoire de l'église de Corée, p. 561.
  2. ^ "손자선 토마스". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-10-20. Diakses tanggal 2011-08-08. 
  3. ^ Charles Dallet, Histoire de l'église de Corée, p. 558.