Gravity Recovery and Climate Experiment

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gravity Recovery And Climate Experiment (GRACE), misi bersama NASA dan Jerman Aerospace Center, telah melakukan pengukuran rinci anomali medan gravitasi bumi sejak diluncurkan pada Maret 2002.

Gravity ditentukan oleh massa. Dengan mengukur anomali gravitasi, GRACE menunjukkan bagaimana massa didistribusikan di planet ini dan bagaimana itu bervariasi dari waktu ke waktu. Data dari satelit GRACE adalah alat penting untuk mempelajari bumi laut, geologi, dan iklim.

GRACE merupakan upaya kolaboratif yang melibatkan Center for Space Research at the University of Texas, Austin; NASA's Jet Propulsion Laboratory, Pasadena, Calif.; the German Space Agency and Germany's National Research Center for Geosciences, Potsdam. Jet Propulsion Laboratory bertanggung jawab atas manajemen keseluruhan misi di bawah program NASA ESSP.

Peneliti utama adalah Dr Byron Tapley dari University of Texas Pusat Space Research, dan co-peneliti utama adalah Dr Christoph Reigber dari GeoForschungsZentrum (GFZ) Potsdam.

Satelit GRACE diluncurkan dari Kosmodrom Plesetsk, Rusia pada kendaraan peluncuran Rockot (SS-19 + Breeze atas panggung), pada 17 Maret 2002.

Pada November 2012 kerajinan diperkirakan akan tetap berada di orbit perlahan-lahan merosot bobrok sampai dengan tahun 2015 atau 2016.

Referensi[sunting | sunting sumber]