Akademi Ilmu Pengetahuan Prusia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Akademi Sains Prusia)
Pintu masuk Akademi Ilmu Pengetahuan Prusia' di Unter Den Linden 8. Saat ini merupakan gedung Perpustakaan Negara Berlin.

Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Prusia (Jerman: Königlich-Preußische Akademie der Wissenschaften) atau Akademi Ilmu Pengetahuan Prusia adalah sebuah akademi ilmu pengetahuan yang didirikan di Berlin pada 11 Juli 1700, empat tahun setelah Akademie der Künste atau "Akademi Seni", di mana "Akademi Berlin" juga merujuk pada akademi ini.[1][2][3] Pada abad ke-18, ia merupakan sebuah institusi berbahasa Prancis, dan anggota teraktifnya adalah Huguenot yang melarikan diri dari penganiayaan agama di Prancis.

Asal mula[sunting | sunting sumber]

Raja-pemilih Frederick III dari Brandenburg mendirikan akademi dengan nama Kurfürstlich Brandenburgische Societät der Wissenschaften ("Lembaga Ilmu Pengetahuan Kepangeranan Brandenburg") atas nasihat dari Gottfried Leibniz, yang diangkat sebagai presiden. Tidak seperti akademi lainnya, Akademi Prusia tidak langsung didanai oleh kas negara. Frederick memberikannya hak monopoli untuk memproduksi dan menjual kalender di Brandenburg, atas saran dari Leibniz. Karena Frederick dinobatkan sebagai "Raja di Prusia" pada tahun 1701, dan membentuk Kerajaan Prusia, akademi ini berganti nama menjadi Königlich Preußische Sozietät der Wissenschaften ("Lembaga Ilmu Pengetahuan Kerajaan Prusia").

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Berlin Academy of Science". MacTutor History of Mathematics archive. August 2004. Diakses tanggal 14 June 2013. 
  2. ^ "Berlin-Brandenburg Academy of Sciences and Humanities". Akademienunion.de. Diakses tanggal 14 June 2013. 
  3. ^ "History of the Berlin-Brandenburg Academy of Sciences and Humanities". Berlin-Brandenburgische Akademie der Wissenschaften. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-05-14. Diakses tanggal 14 June 2013. 

Bacaan lebih lanjuta[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]