Arthur Nikisch: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
BP62Stevanus (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: BP2014
BP62Stevanus (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: BP2014
Baris 7: Baris 7:
==Referensi==
==Referensi==
<references/>
<references/>
[[kategori:musisi]]
[[kategori:seniman]]

Revisi per 23 Juni 2014 17.08

Arthur Nikisch (1855-1922) adalah seorang konduktor berkebangsaan Hunggaria. Ia dilahirkan di kota Szentmiklos. Nikisch mempelajari violin di Vienna Conservatory. Setelah lulus pada tahun 1874, ia bermain di orkestra di Vienna dan Leipzig. Sejak tahun 1882 hingga 1889, ia merupakan konduktor pertama di teater Leipzig. Pada tahun 1889 hingga 1893, ia berperan sebagai konduktor di Orkestra Simponi Boston. Kemudian, ia kembali Eropa, untuk memimpin orkestra di Budapest dan Leipzig. Lalu, Ia pernah berperan sebagai konduktor tamu di Orkestra Filharmonik Berlin dan Orkestra Simfoni London.

Nikisch dinilai sangat berpengaruh dalam memperkuat peran konduktor sebagai pemimpin orkestra. Nikisch meninggal di Leipzig.

Simfoni ke-5 Beethoven yang ia mainkan bersama Orkestra Filharmonik Berlin dinilai cukup terkenal dan sukses. Versi gramofon musik tersebut, yang diterbitkan pada tahun 1914, juga mencapai kepopuleran meskipun diperlukan penyuntingan untuk memenuhi kapasitas rekaman. Keping gramofon tersebut terjual dari Inggris, Jerman, hingga Amerika Serikat.

Referensi