Lompat ke isi

Klan Taira: Perbedaan antara revisi

2 bita ditambahkan ,  15 tahun yang lalu
k
meringkas
k (meringkas)
*Taira Kōkō (Kōkō Heishi) dari garis keturunan [[Kaisar Kōkō]].
 
Heike (keluarga Taira no Kiyomori) dan [[klan Hōjō]] adalah dua percabangan klan Taira yang menjadi samurai, dan disebut ''Buke Heishi'' (Taira samurai) karena keduanya merupakan klan samurai. Keduanya juga berasal dari percabangan klan Taira Kammu (Kammu Heishi), sehingga istilahbila disebut klan Taira (Heishi) digunakanmaka untukyang menyebutdimaksudkan adalah klan Taira Kammu (Kammu Heishi). Klan Taira Kammuini terdiri dari Heike (keturunan Ise Heishi) yang mendirikan [[Pemerintahan klan Taira]], dan klan Hōjō asal Bandō Hachi Heishi (klan Taira Bandō) yang menjabat ''[[shikken]]'' di [[Keshogunan Kamakura]].
 
Secara garis besar, klan Minamoto (Genji) menguasai Jepang bagian timur dan klan Taira menguasai Jepang bagian barat. Walaupun demikian, klan Taira juga berusaha memiliki pijakan di Jepang bagian timur, seperti pernah dicoba. [[Taira no Masakado]] asal [[Provinsi Shimousa|Shimousa]]-[[Provinsi Hitachi|Hitachi]], namunpernah gagalberusaha membentuk pemerintahan sendiri di negeriprovinsi di sebelah timur namun gagal. Setelah kegagalan Taira no Masakado, keturunan klan Taira asalyang berasal dari wilayah klan Taira Bandō justru beralih menjadi pasukan pendukung [[Minamoto no Yoritomo]]. Selain itu, basis yang kuat di provinsi di bagian timur negeri juga dimiliki [[klan Fujiwara]], terutama keluarga Fujiwara Hokke yang dibentuk dari klan-klan seperti Utsunomiya, Oda, Nasu, Oyama, Yūki, Sano, dan Hiki.
 
Berdasarkan sistem ''Shinnō ningoku'' (pangeran dijadikan penguasa provinsi), klan Taira Kammu mendapat hak penguasaan atas provinsi-provinsi di Jepang sebelah timur. Provinsi yang dikuasai klan Taira Kammu adalah [[Provinsi Hitachi|Hitachi]], [[Provinsi Kazusa|Kazusa]], dan [[Provinsi KōzukeKozuke|Kōzuke]]. Provinsi-provinsi tersebut merupakan pendukung klan Taira sebagai penguasa Jepang di akhir zaman Heian. Dari klan Taira Bandō lahir klan-klan seperti Kamakura, Miura, Chiba, Chichibu, Daijō, Nakamura, Nagao, dan Kajiwara.
 
Klan Taira Bandō tunduk dan menjadi pengikut setia klan Minamoto dan klan Fujiwara, sedangkan anggota klan Taira Bandō yang menolak dibunuh. Sementara itu, klan Taira Ise (Ise Heishi) menguasai negeri sebelah barat, dan menjadikan kekaisaran sebagai pemerintahan boneka yangdengan dipimpinpimpinan Taira no Kiyomori. Sebaliknya, klan Minamoto sebagai musuh klan Taira mendirikan Keshogunan Kamakura yang memerintah di Jepang sebelah timur.
 
Perang terjadi dengan alasan Minamoto no Yoritomo ingin menyingkirkan Taira no Kiyomori, dansehingga terjadi perang yang berakhir padadengan kehancuran klan Taira. Setelah Yoritomo mendirikan Keshogunan Kamakura berdiri, [[Kaisar Go-Daigo]] mengeluarkan perintah kepada [[Nitta Yoshisada]] dan [[Ashikaga Takauji]] untuk menghancurkan Keshogunan Kamakura yang didukung klan Taira Bandō.
 
== Klan Taira Kammu ==
Klan Taira Kammu (Kammu Heishi) dibentuk dari cucu Kaisar Kammu, terutama cucu dari kalangan yang lebih rendah. Sejak tahun [[825]], mereka diberi nama keluarga Taira no Ason (Taira bergelar Ason). Klan Taira Kammu ini dibagi menjadi beberapa garis keturunan yang berasal dari sejumlah putra Kaisar Kammu. Percabangan klan Taira Kammu yang paling terkenal berasal dari keturunan [[Pangeran Kazurawara]], dan masih terbagidibagi lagi menjadi keluarga Pangeran Takamune ([[Taira no Takamune]]) (putra sulung Pangeran Kazurawara) dan keluarga Pangeran Takamochi ([[Taira no Takamochi]]).
 
=== Garis keturunan Pangeran Takamune ===
Garis keturunan ini berasal dari keturunan Taira no Takamune yang mendapat nama klan Taira di tahun 825. Garis keturunan Takamune menjadi aristokrat (''[[kuge]]'') dan menetap di [[Kyoto]]. Di akhir [[zaman Heian]], lahir [[Taira no Tokiko]] lahir dari garis keturunan ini, danyang menjadi istri sahpertama Taira no Kiyomori) (keturunan [[Pangeran Takamochi|Taira no Takamochi]]). Adik perempuan Tokiko memiliki adik laki-laki bernama [[Taira no Tokitada]] yang pernah menjabat ''[[Dainagon]]''. Selain itu, Taira no Tokiko memiliki adik perempuan lain ibu bernama [[Taira no Shigeko]].
 
Setelah kehancuran klan Taira jatuh dalam [[Pertempuran Dan-no-Ura]], Tokitada dibuang ke [[Provinsi Noto]]. Putra Tokitada yang bernama [[Taira no Tokikuni]] beranak pinak di [[Tanjung Noto]] dan menjadi keluarga petani kaya. Mereka menggunakan nama (keluarga Kamitokiguni dan Shimotokiguni), yangdan turun temurun tinggal di sana hingga sekarang.
 
Setelah Pertempuran Dan-no-Ura, keturunan lain dari Tokitada terus berada di Kyoto sebagai ''kuge''. Keturunannya menjadi sejumlah keluarga yang menjabat ''[[Dōjōke]]'' (keluarga yang diizinkan bekerja di istana kediaman kaisar), seperti keluarga Nishinotōin.
 
=== Garis keturunan Pangeran Takamochi ===
Garis keturunan ini berasal dari keturunan [[Taira no Takamochi]] (putra [[Pangeran Takami]] yang merupakan putra ke-3 Pangeran Kazurawara) yangdan mendapat nama klan Taira. Walaupun demikian, nama Pangeran Takami tidak ditemukan dalam buku sejarah asal zaman yang sama. Pada tahun [[889]] tercatat ada 5 anggota keluarga kaisar yang mendapat nama Taira no Ason, namun daftar nama-nama penerima tidak diumumkan. Salah satu penerimanya diperkirakan adalah Pangeran Takamochi.
 
== Klan Taira Bandō ==
 
== Klan Taira Ise dan Heike ==
Klan Taira Ise (Ise Heishi yang berarti klan Taira asal [[Provinsi Ise|Ise]]) dibentuk dari anak cucu keturunan Taira no Kunika. Taira no Kiyomori berasal dari Ise Heishi, dan keluarganya disebut Heike (keluarga Taira). Kiyomori membangun [[Kuil Itsukushima]] dan mempersembahkan Sutra Heike (Heike Nōkyō) di sana. MenurutSetelah tergulingnya pemerintahan klan Taira, menurut legenda, keluarga Taira (Heike) yang tewas dibantai setelah Pemerintah klan Taira jatuh terlahir kembali sebagai [[kepiting]]. Legenda ini menjadidigunakan dasaruntuk penamaanmenamakan kepiting spesies ''[[Nobilum japonicum japonicum]]'' yang di Jepang disebut kepiting Heike (''Heikegani''). Menurut pengamatan sebagian orang, permukaan kerangka luarcangkang kepiting Heike terlihat seperti wajah manusia.
 
Di Jepang terdapat banyak sekali samurai yang menyebut dirinya sebagai cucu keturunan Taira no Kiyomori atau cicitnya yang hidup dalam persembunyian. Di antara klan-klan tersebut adalah [[klan Tanegashima]] asal [[Provinsi Satsuma]], [[klan Sō]] asal [[Provinsi Tsushima]], dan [[klan Oda]] asal [[Provinsi Owari]].
21.102

suntingan