H.P. Blavatsky: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
ChuispastonBot (bicara | kontrib)
k r2.7.1) (bot Menambah: en:Helena Blavatsky
Rubinbot (bicara | kontrib)
k r2.5.4) (bot Mengubah: tr:Helena Petrovna Blavatsky
Baris 58: Baris 58:
[[ta:எலனா பிளவாத்ஸ்கி]]
[[ta:எலனா பிளவாத்ஸ்கி]]
[[te:హెలీనా బ్లావట్‌స్కీ]]
[[te:హెలీనా బ్లావట్‌స్కీ]]
[[tr:H.P. Blavatsky]]
[[tr:Helena Petrovna Blavatsky]]
[[uk:Блаватська Олена Петрівна]]
[[uk:Блаватська Олена Петрівна]]
[[zh:海倫娜·布拉瓦茨基]]
[[zh:海倫娜·布拉瓦茨基]]

Revisi per 22 Juli 2011 01.04

Helena Petrovna Blavatsky
Helena Blavatsky, co-founder of the Theosophical Society
Lahir12 August 1831
Yekaterinoslav, Russian Empire (now Dnipropetrovsk, Ukraine)
Meninggal08 May 1891 (aged 59)
London, Great Britain
KebangsaanAmerican
PekerjaanSpiritualist
Author
Dikenal atasTheosophical Society
Occultism
Suami/istriNikifor Vassilievich Blavatsky

Petrovna Helena Blavatsky adalah seorang pendiri Teosofi dan Theosophical Society.[1] Orangtuanya Kolonel Peter von Hahn dari keluarga Hahn kuno von adalah sebuah keluarga bangsawan Jerman dari Basedow dan Helena Fadeyeva.[1] Adik Blavatsky yang bernama Vera Zhelikhovsky adalah seorang penulis okultisme.[1] Sepupu pertama Blavatsky adalah Sergei Witte seorang Menteri Rusia, dan kemudian menjadi Perdana Menteri pada masa pemerintahan Tsar Nicholas II.[1] Dalam memoarnya, Count Witte mengingat pertemuannya dengan Helena.[1] Kakek dari ibu Blavatsky adalah Andrey Mikhailovich Fadeyev, Gubernur Saratov dan istrinya Putri Helene Dolgoruki, tokoh usia pencerahan Rusia.[1] Blavatsky tumbuh di tengah budaya yang kaya dalam spiritualitas dan mitologi tradisional Rusia, yang memperkenalkan ke dunia supranatural.[2] Meskipun tinggal di New York City, ia mendirikan Theosophical Society pada bulan September 1875 bersama dengan Henry Steel Olcott, William Quan Hakim.[2] Blavatsky menulis bahwa semua agama sama-sama benar dalam ajaran batin mereka.[2] Tulisannya menghubungkan pengetahuan spiritual esoteris dengan ilmu pengetahuan baru yang dapat dianggap sebagai contoh pertama dari apa yang sekarang disebut cara berpikir yang baru.[2]


Referensi

  1. ^ a b c d e f (Inggris)Mircea Aliade. 1987. The Encyclopedia of Religion. New York: Macmillan Publishing Company. Pg.245-246.
  2. ^ a b c d (Inggris)Wendy Doniger. 2006. Britannica Encyclopedia of World Religion. London: Encyclopedia Britannica. pg.133.