Commelinids: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
EmausBot (bicara | kontrib)
k r2.6.4) (bot Mengubah: hu:Commelinidae
Jazle (bicara | kontrib)
k +minor adj
Baris 1: Baris 1:
'''Komelinida'''<ref>Istilah bahasa Indonesia belum disepakati</ref> atau '''''commelinids''''' adalah sekumpulan empat [[ordo (biologi)|bangsa]] dan satu [[familia|suku]] yang yang [[filogenesis|monofiletik]] dan memiliki keterkaitan [[taksonomi]] yang kuat, baik dari segi fenotipe maupun dari sisi molekular. Nama lainnya adalah '''''core monocots''''' (monokotil inti). Dalam sistem klasifikasi APG II kelompok ini tidak diberi posisi [[takson]] tertentu tetapi merupakan satu [[klad]] tersendiri.
'''Komelinida'''<ref>Istilah bahasa Indonesia belum disepakati</ref> atau '''''commelinids''''' adalah sekumpulan empat [[ordo (biologi)|bangsa]] dan satu [[familia|suku]] yang [[filogenesis|monofiletik]] dan memiliki keterkaitan [[taksonomi]] yang kuat, baik dari segi fenotipe maupun dari sisi molekular. Nama lainnya adalah '''''core monocots''''' (monokotil inti). Dalam sistem klasifikasi APG II kelompok ini tidak diberi posisi [[takson]] tertentu tetapi merupakan satu [[klad]] tersendiri.


Keempat bangsa ini adalah [[Arecales]], [[Commelinales]], [[Poales]], dan [[Zingiberales]]. Satu suku yang terpisah dari keempat bangsa itu adalah [[Dasypogonaceae]].
Keempat bangsa ini adalah [[Arecales]], [[Commelinales]], [[Poales]], dan [[Zingiberales]]. Satu suku yang terpisah dari keempat bangsa itu adalah [[Dasypogonaceae]].

Revisi per 6 Juli 2011 01.44

Komelinida[1] atau commelinids adalah sekumpulan empat bangsa dan satu suku yang monofiletik dan memiliki keterkaitan taksonomi yang kuat, baik dari segi fenotipe maupun dari sisi molekular. Nama lainnya adalah core monocots (monokotil inti). Dalam sistem klasifikasi APG II kelompok ini tidak diberi posisi takson tertentu tetapi merupakan satu klad tersendiri.

Keempat bangsa ini adalah Arecales, Commelinales, Poales, dan Zingiberales. Satu suku yang terpisah dari keempat bangsa itu adalah Dasypogonaceae.

Catatan kaki

  1. ^ Istilah bahasa Indonesia belum disepakati