Homili: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Luckas-bot (bicara | kontrib)
k bot Menambah: ru:Гомилия
Baris 19: Baris 19:


== Pranala luar ==
== Pranala luar ==
*[http://www.ekaristi.org/artikel.sumarya2.php Baca Homili Kalendar Liturgi]
*[http://www.catholic-ew.org.uk/liturgy/Resources/GIRM/Documents/GIRM.pdf Petunjuk Umum Misa Katolik Roma 2002 - edisi Inggris dan Wales edition (pdf)]
*[http://www.catholic-ew.org.uk/liturgy/Resources/GIRM/Documents/GIRM.pdf Petunjuk Umum Misa Katolik Roma 2002 - edisi Inggris dan Wales edition (pdf)]



Revisi per 12 Desember 2009 19.52

Dalam Gereja Katolik Roma dan Gereja Ortodoks Timur, homili biasanya disampaikan pada waktu Misa (atau Liturgi Suci untuk Ortodoks) pada akhir Liturgi Sabda.

Homili misa

Petunjuk Umum Misa Katolik Roma menyatakan:

29. Ketika Kitab Suci dibacakan di Gereja, Allah sendiri yang berbicara kepada umat-Nya, dan Kristus, hadir di dalam sabda-Nya sendiri, memberitakan Injil. Karena itu, semua harus mendengarkan dengan penuh hormat pembacaan dari Sabda Allah, karena mereka menjadi bagian terpenting dalam Liturgi. Meskipun dalam pembacaan dari Kitab Suci, Sabda Allah ditujukan kepada semua orang dari setiap masa dan dapat dipahami oleh mereka, pada kenyataannya, pemahaman yang lebih sempurna dan efektivitas yang lebih besar dari sabda tersebut diperkuat melalui tafsiran hidup dari sabda tersebut, yaitu Homili, sebagai bagian dari akta liturgis.


Pengertian lain dari homili

Para rohaniwan kontemporer sering menggunakan istilah 'homili' untuk merujuk pada sebuah khotbah singkat, yang disampaikan pada suatu pernikahan atau pemakaman.

Dalam penggunaan sehari-hari, homili seringkali berarti khotbah yang berisikan hal-hal praktis, sebuah nasihat atau pesan yang berisi ajaran moral atau peringatan, atau suatu ucapan yang memberikan inspirasi.

Lihat pula

Pranala luar