Batu filsuf: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Batu Filsuf mempunyai kemampuan mengembankan suatu benda
Stephensuleeman (bicara | kontrib)
k Suntingan 114.120.35.208 (bicara) dikembalikan ke versi terakhir oleh Borgx
Baris 1: Baris 1:
'''Batu filsuf''' ([[bahasa Latin|Latin]] ''lapis philosophorum''), adalah [[zat]] legendaris yang diharapkan bisa mengubah [[logam]] yang tidak mahal seperti [[timah]] menjadi [[emas]] ("chrysopoeia") dan/atau digunakan untuk menciptakan [[ramuan]] yang bisa membuat [[manusia]] awet muda, juga berarti menunda [[kematian]].
"Batu Filsuf" atau "Philosopher Stone" adalah sebuah zat yang bisa berbentuk apapun dan memiliki energi kehidupan/berasal dari sebuah kehidupan/nyawa.


Batu filsuf merupakan pencarian panjang dalam [[alkimia]] [[Barat]]. Dalam pandangan [[alkimia]] [[spiritual]], pembuatan batu filsuf akan memberi pencerahan pada pembuatnya atau menghasilkan [[maha karya]]. Juga dikenal dengan beberapa nama lain, misalnya 'Baju Pengantin Emas', 'Badan Jiwa', 'Badan Astral' dan 'Batu Hidup', atau dalam filsafat kuno dikatakan sebagai 'Jiwa Berlian'
Philosopher Stone memiliki kemampuan mengubah logam biasa menjadi emas. Tapi ini membutuhkan pengguna yang benar-benar bisa menggunakannya, biasa disebut "ALCHEMIST". Batu ini juga mampu membuat manusia tidak mati dan tidak tua.

{{ilmu-stub}}

[[Kategori:Alkimia]]

[[ar:حجر الفلاسفة]]
[[bg:Философски камък]]
[[ca:Pedra filosofal]]
[[cs:Kámen mudrců]]
[[de:Stein der Weisen]]
[[en:Philosopher's stone]]
[[eo:Ŝtono de la saĝuloj]]
[[es:Piedra filosofal]]
[[fi:Viisasten kivi]]
[[fr:Pierre philosophale]]
[[he:אבן החכמים]]
[[hu:Bölcsek köve]]
[[it:Pietra filosofale]]
[[ja:賢者の石]]
[[ko:현자의 돌]]
[[la:Lapis philosophorum]]
[[lt:Filosofinis akmuo]]
[[mk:Философски камен]]
[[nl:Steen der wijzen]]
[[nn:Dei vises stein]]
[[no:De vises stein]]
[[pl:Kamień filozoficzny]]
[[pt:Pedra filosofal]]
[[ro:Piatră filozofală]]
[[ru:Философский камень]]
[[simple:Philosopher's Stone]]
[[sk:Kameň mudrcov]]
[[sl:Kamen modrosti]]
[[sv:De vises sten]]
[[tl:Bato ng pilosopo]]
[[uk:Філософський камінь]]
[[zh:賢者之石]]

Revisi per 18 Agustus 2009 11.52

Batu filsuf (Latin lapis philosophorum), adalah zat legendaris yang diharapkan bisa mengubah logam yang tidak mahal seperti timah menjadi emas ("chrysopoeia") dan/atau digunakan untuk menciptakan ramuan yang bisa membuat manusia awet muda, juga berarti menunda kematian.

Batu filsuf merupakan pencarian panjang dalam alkimia Barat. Dalam pandangan alkimia spiritual, pembuatan batu filsuf akan memberi pencerahan pada pembuatnya atau menghasilkan maha karya. Juga dikenal dengan beberapa nama lain, misalnya 'Baju Pengantin Emas', 'Badan Jiwa', 'Badan Astral' dan 'Batu Hidup', atau dalam filsafat kuno dikatakan sebagai 'Jiwa Berlian'