Wikipedia:Pelecehan: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
{{proposal}} mulai dulu
(Tidak ada perbedaan)

Revisi per 19 April 2009 15.46

Pelecehan didefinisikan sebagai suatu pola perilaku menyerang yang tampak bertujuan tidak baik terhadap orang yang menjadi sasarannya, biasanya (tapi tidak selalu) dengan tujuan untuk mengancam atau mengintimidasi target utamanya. Tujuan tindakan ini adalah untuk membuat target menjadi tidak nyaman menyunting Wikipedia, merendahkan, menakut-nakuti, atau bahkan membuat mereka kecil hati hingga akhirnya sama sekali tidak mau menyunting.

Pelecehan dan gangguan

Pelecehan, ancaman, pesan mengganggu dan tak diinginkan yang berulang, serta serangan pribadi yang berulang dapat mengurangi kenyamanan seorang kontributor di Wikipedia dan dapat mengakibatkan gangguan pada proyek ini jika tidak ditangani.

Pelacakan

Ancaman

Pemuatan informasi pribadi

Korespondensi pribadi

Pelecehan di ruang nama pengguna

Menangani pelecehan dan gangguan

Jika Anda merasa dilecehkan atau diganggu, sangat ditekankan untuk pertama-tama berusaha bersikap dan bereaksi dengan tenang, walaupun sulit. Jika Anda merasa masalah semakin tidak dapat dikendalikan, Anda dapat mengontak salah satu pengurus melalui surat-e secara pribadi.

Konsekuensi untuk pelecehan

Walaupun para kontributor disarankan untu mengabaikan atau menjawab dengan sopan untuk insiden-insiden pelecehan, bukan berarti bahwa insiden tersebut dapat diterima atau tak ada konsekuensinya. Pola permusuhan mengurangi kepercayaan komunitas terhadap niat baik seseorang, dan dapat dianggap sebagai tindakan yang mengganggu. Pengguna yang terus menerus menggunakan gaya konfrontasi yang ditandai dengan pelecehan atau serangan pribadi dapat menghadapi konsekuensi serius seperti pemblokiran atau pemboikotan oleh komunitas.