Kereta rel listrik: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Borgxbot (bicara | kontrib)
k Robot: Cosmetic changes
Borgxbot (bicara | kontrib)
k Robot: Ganti #REDIRECT ke #ALIH
Baris 1: Baris 1:
#ALIH [[Kereta rel listrik]]
[[Berkas:Railcars.jpg|thumb|Tiga macam kereta rel listrik di stasiun [[Bogor]]. Dari kiri ke kanan, KRL buatan Jepang tahun 1983/1984, KRL buatan Belanda-Belgia tahun 1996, dan KRL buatan Jepang tahun 1986/1987]]
'''Kereta Rel Listrik''', disingkat '''KRL''', merupakan [[kereta]] yang bergerak dengan [[sistem propulsi motor listrik]].

Di [[Indonesia]], kereta rel listrik terutama ditemukan di kawasan [[Jabotabek]], dan merupakan kereta yang melayani para [[komuter]] (''lihat'' [[KRL Jabotabek]]).

Di Hindia Belanda, kereta rel listrik pertama kali dipergunakan untuk menghubungkan [[Batavia]] dengan [[Jatinegara]] atau [[Meester Cornelis]] pada tahun [[1925]]. Pada waktu itu digunakan rangkaian kereta rel listrik sebanyak 2 kereta, yang bisa disambung menjadi 4 kereta, yang dibuat oleh [[Werkspoor]] dan [[Heemaf Hengelo]].

Pada tahun [[1960-an]] kereta api dengan tenaga listrik sempat tidak digunakan selama beberapa lama karena kondisi mesin [[lokomotif]] dan kereta yang tidak memadai lagi. Pada tahun [[1976]], [[PJKA]] mulai mendatangkan sejumlah kereta rel listrik dari [[Jepang]].

Kereta rel listrik yang kini digunakan di Indonesia dibuat pada tahun [[1976]], [[1978]], [[1983]], [[1984]], [[1986]], [[1987]], [[1994]], [[1996]], [[1997]], [[1998]], [[1999]], [[2000]] dan [[2001]]. Pada saat ini juga digunakan sejumlah kereta rel listrik yang merupakan [[hibah]] dari Pemerintah Kota Tokyo, dan sejumlah kereta yang dibeli [[bekas]] dari Jepang.

[[PT Inka]] yang terletak di [[Madiun]] telah dapat membuat dua set kereta rel listrik yang disebut KRL-I Prajayana pada tahun 2001. Kereta rel listrik ini belum dibuat lebih banyak lagi, karena tidak ekonomis. Bagi PT Kereta Api, tampaknya lebih ekonomis untuk membeli KRL bekas dari Jepang.

Pada saat ini kereta rel listrik melayani jalur-jalur [[Stasiun Jakarta Kota]] ke [[Bekasi]], [[Depok]] dan [[Bogor]], [[Tangerang]], dan [[Serpong]]. Di masa depan direncanakan bahwa KRL akan melayani pula stasiun [[Cikarang]]. Selain itu, jalur dari [[Tanah Abang]] menuju Serpong sedang dalam proses ditingkatkan menjadi [[jalur rel ganda]], sedang dari Manggarai sampai dengan Cikarang akan ditingkatkan menjadi Double-Double-Track. Manggarai sendiri akan menjadi Stasiun induk untuk Kereta Jabotabek dan kereta Bandara.

== KRL pada Kematian Listrik di Jawa-Bali 2005 ==
Pada peristiwa [[Mati Listrik Jawa-Bali 2005]], sebanyak 42 perjalanan kereta rel listrik (KRL) rute [[Jakarta]]-[[Bogor]]-[[Tangerang]]-[[Bekasi]] dibatalkan dan 26 KRL yang sedang beroperasi tertahan di beberapa perlintasan. Diperkirakan hal ini menyebabkan kerugian yang mencapai Rp 200 juta.

== Pranala luar ==
*[http://www.krlmania.com/roker/read.php?id=32 Informasi tentang satu tipe KRL yang dipakai di Indonesia]

{{Link FA|ru}}

{{kereta-stub}}

[[Kategori:Kereta api]]

[[cs:Elektrická lokomotiva]]
[[da:Ellokomotiv]]
[[de:Elektrolokomotive]]
[[en:Electric locomotive]]
[[fi:Sähköveturi]]
[[fr:Locomotive électrique]]
[[hr:Električna lokomotiva]]
[[hu:Villamosmozdony]]
[[ja:電気機関車]]
[[ko:전기 기관차]]
[[nl:Elektrische locomotief]]
[[pl:Elektrowóz]]
[[ro:Locomotivă electrică]]
[[ru:Электровоз]]
[[sh:Električna lokomotiva]]
[[sk:Elektrická lokomotíva]]
[[sr:Електрична локомотива]]
[[sv:Ellok]]
[[uk:Електровоз]]
[[ur:برقی ناقلہ]]
[[zh:電力機車]]

Revisi per 15 November 2008 18.46

Mengalihkan ke: