Coto makassar: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Ibra Bintang (bicara | kontrib)
←Mengalihkan ke Coto makassar
Tag: Pengalihan baru
Baris 1: Baris 1:
[[Berkas:Coto Makassar dish.JPG|jmpl|Coto makassar plus [[ketupat]]]]
#ALIH: [[Coto makassar]]
[[Berkas:Coto makassar 110317-13480 sagt.JPG|jmpl|Dengan ketupat daun [[nipah]] ]]
'''Coto makassar''' atau '''coto mangkasara''' adalah makanan tradisional [[Makassar]], [[Sulawesi Selatan]].<ref>[http://pesonanegeriku.com/coto-makasar-sajian-lezat-dari-sulawesi-selatan Lezatnya Coto Makassar]</ref> Makanan ini terbuat dari [[Jeroan sapi|jeroan]] [[sapi]] yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus. Coto dihidangkan dalam mangkuk dan dinikmati dengan [[ketupat]] dan [[buras]], yakni sejenis ketupat yang dibungkus daun [[pisang]].


[[Kategori:Hidangan Sulawesi Selatan]]
Coto makassar diperkirakan telah ada semenjak masa [[Kerajaan Gowa]] di abad ke-16.<ref name=berit/><ref>Tribun Timur: [http://makassar.tribunnews.com/2017/09/29/mengenal-lebih-dalam-coto-makassar-intip-sejarahnya ''Mengenal lebih dalam coto makassar, intip sejarahnya'']. Artikel Jumat, 29 September 2017 12:50. Diakses pada 15/I/2018</ref> Dahulu hidangan coto bagian daging sapi [[sirloin]] dan [[tenderloin]] hanya disajikan untuk disantap oleh keluarga kerajaan. Sementara bagian [[jeroan]] disajikan untuk masyarakat kelas bawah atau abdi dalem pengikut kerajaan.

Sejak bulan November 2008 coto makassar telah dipilih sebagai salah satu menu yang dihidangkan pada penerbangan domestik [[Garuda Indonesia]] dari dan ke [[Makassar]].

== Bahan-bahan ==
Umumnya daging yang digunakan dalam coto ini adalah daging [[sapi]]. Namun ada pula yang menggunakan berbagai macam daging [[jeroan]] sapi seperti lidah, otak, limpa, paru, hati, jantung, babat dan lain-lain.<ref name=berit>Beritagar: [https://beritagar.id/artikel/piknik/mengulik-sejarah-dan-ciri-coto-makassar ''Mengulik sejarah dan ciri Coto Makassar'']. Artikel oleh Febria Silaen, Minggu 24 April 2016 06:48 WIB. Diakses pada 15/I/2018</ref>

Konon, diperlukan sekitar 40 macam rempah untuk membuat coto makassar, yang disebut ''ampah patang pulo''. Aneka bumbu itu, di antaranya adalah [[bawang merah]], [[bawang putih]], [[cabai]], biji-bijian dan bebungaan ([[lada]], [[ketumbar]], [[jintan]], [[kemiri]], [[pala]], [[pala|foeli]], [[cengkih]]), dedaunan (daun [[salam]], daun [[jeruk purut]], daun [[kunyit]], daun [[serai]], daun [[seledri]], [[daun bawang]], daun [[bawang prei]]), rerimpangan ([[lengkuas]], [[jahe]]), serta pelbagai bumbu lain seperti [[asam jawa|asam]], [[garam dapur|garam]], [[gula]], [[kayu manis]], dan juga [[tauco]]. [[Kacang tanah]], irisan daun bawang dan bawang goreng, serta perasan [[jeruk nipis]] dicampurkan pada saat dihidangkan.<ref name=berit/>

== Rujukan ==
{{reflist}}


{{Commonscat|Coto Makassar}}
{{Masakan Indonesia}}

[[Kategori:Makanan dari daging sapi]]
[[Kategori:Soto]]
[[Kategori:Hidangan Makassar]]

Revisi per 7 Juli 2020 15.31

Mengalihkan ke: