Lava: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
HsfBot (bicara | kontrib)
k Bot: Perubahan kosmetika
ToKaTuKiTa (bicara | kontrib)
Baris 1: Baris 1:
[[Berkas:Pāhoehoe Lava flow.JPG|jmpl]]
[[Berkas:Pāhoehoe Lava flow.JPG|jmpl|Pahoehoe Lava Flow]]
'''Lava''' adalah cairan larutan [[magma]] pijar yang mengalir keluar dari dalam [[bumi]] melalui kawah [[gunung berapi]] atau melalui celah (patahan) yang kemudian membeku menjadi batuan yang bentuknya bermacam-macam.
'''Lava''' adalah cairan larutan [[magma]] pijar yang mengalir keluar dari dalam [[bumi]] melalui kawah [[gunung berapi]] atau melalui celah (patahan) yang kemudian membeku menjadi batuan yang bentuknya bermacam-macam.


Bila cairan tersebut encer akan meleleh jauh dari sumbernya membentuk aliran seperti [[sungai]] melalui [[lembah]] dan membeku menjadi batuan seperti lava ropi atau lava blok (umumnya di [[Indonesia]] membentuk lava blok). Bila agak kental, akan mengalir tidak jauh dari sumbernya membentuk [[kubah]] lava dan pada bagian pinggirnya membeku membentuk blok-blok lava tetapi suhunya masih tinggi, bila posisinya tidak stabil akan mengalir membentuk [[awan]] panas guguran dari lava.
Bila cairan tersebut encer akan meleleh jauh dari sumbernya membentuk aliran seperti [[sungai]] melalui [[lembah]] dan membeku menjadi batuan seperti lava ropi atau lava blok. Bila sedikit kental, akan mengalir tidak jauh dari sumbernya membentuk [[kubah]] lava dan pada bagian pinggirnya membeku membentuk blok-blok lava tetapi suhunya masih tinggi, bila posisinya tidak stabil akan mengalir membentuk [[awan]] panas guguran dari lava.


== Lihat pula ==
== Lihat pula ==

Revisi per 24 Agustus 2019 13.52

Pahoehoe Lava Flow

Lava adalah cairan larutan magma pijar yang mengalir keluar dari dalam bumi melalui kawah gunung berapi atau melalui celah (patahan) yang kemudian membeku menjadi batuan yang bentuknya bermacam-macam.

Bila cairan tersebut encer akan meleleh jauh dari sumbernya membentuk aliran seperti sungai melalui lembah dan membeku menjadi batuan seperti lava ropi atau lava blok. Bila sedikit kental, akan mengalir tidak jauh dari sumbernya membentuk kubah lava dan pada bagian pinggirnya membeku membentuk blok-blok lava tetapi suhunya masih tinggi, bila posisinya tidak stabil akan mengalir membentuk awan panas guguran dari lava.

Lihat pula

Pranala luar

Galeri