KRI Nagapasa (403): Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Arif putra 2302 (bicara | kontrib)
Andri.h (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 33: Baris 33:


== Markas ==
== Markas ==
TNI AL sendiri sudah menyiapkan markas untuk kapal selam baru. Kapal-kapal selam Chang Bogo Class rencananya akan bermarkas di Teluk Palu, Sulawesi. Menhan Resmikan KRI Nagapasa-403 Jadi [[KRI|Kapal Perang Indonesia]] Peresmian KRI Nagapasa-403. Selain KRI Nagapasa-403, dua kapal selam lainnya dari [[Korea Selatan]] dipersiapkan untuk memperkuat pasukan TNI AL. Rencananya kedua kapal itu dinamai dengan [[KRI Ardadedali (404)]] dan [[KRI Nagarangsang (405)]]. Indonesia sendiri menandatangani kontrak pengadaan tiga kapal selam dengan DSME pada Desember 2011. Keseluruhan kapal akan diselesaikan pada 2019.
TNI AL sendiri sudah menyiapkan markas untuk kapal selam baru. Kapal-kapal selam Chang Bogo Class rencananya akan bermarkas di [[Teluk Palu]], Sulawesi. Menhan Resmikan KRI Nagapasa-403 Jadi [[KRI|Kapal Perang Indonesia]] Peresmian KRI Nagapasa-403. Selain KRI Nagapasa-403, dua kapal selam lainnya dari [[Korea Selatan]] dipersiapkan untuk memperkuat pasukan TNI AL. Rencananya kedua kapal itu dinamai dengan [[KRI Ardadedali (404)]] dan [[KRI Nagarangsang (405)]]. Indonesia sendiri menandatangani kontrak pengadaan tiga kapal selam dengan DSME pada Desember 2011. Keseluruhan kapal akan diselesaikan pada 2019.


== Komandan ==
== Komandan ==

Revisi per 15 Mei 2018 07.51

Berkas:KRI 403 Nagapasa.jpg
KRI Nagapasa
Karier (ID) Indonesia
Dipesan2013
ProduksiDaewoo Shipbuilding & Marine Engineering, Okpo, Geoje, Gyeongsang Selatan, Korea Selatan
Mulai dibuat
Diluncurkan 2017
Harga Unit -
Ditugaskan2017
Status
Pelabuhan utamaSurabaya
Karakteristik umum
Berat benaman 1.400 ton
Panjang 61.3 meter
Lebar 7.6 meter
Draft5,5 meter
Kecepatan 21 knot
Awak kapal 41 orang
Sonar & Radar-
Persenjataan-
Semboyan“Wira Ananta Rudhira yang berarti Tabah Sampai Akhi” (Sacred Arrows, Guardian of the Sea)

KRI Nagapasa (403) merupakan kapal pertama dalam jenis Kapal selam kelas Cakra. Kapal ini merupakan kapal pertama dari ketiga yang dipesan TNI Angkatan Laut. Kapal selam buatan galangan kapal Korea Selatan, Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME), Okpo, Geoje, Gyeongsang Selatan, Korea Selatan. Selain menjadi kapal selam Type 209/1400 pertama untuk Angkatan Laut Indonesia, Nagapasa juga merupakan kapal selam yang di ekspor pertama oleh Korea Selatan. Dibangun di bawah kontrak senilai US$ 1,1 miliar yang ditandatangani antara DSME dan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia pada tahun 2011. Dua kapal selam akan pertama dibangun di Korea Selatan sementara kapal terakhir akan dibangun oleh perusahaan pembuat kapal PT PAL di Indonesia, di bawah program alih teknologi.

KRI Nagapasa termasuk dalam armada pemukul Satuan Kapal Selam Komando Armada RI Kawasan Timur.

Penamaan KRI Nagapasa merupakan senjata dari pewayangan Indrajit, Nagapasa merupakan senjata dahsyat yang mampu melumpuhkan musuh. Dengan penamaan tersebut diharapkan Kapal selam KRI Nagapasa-403 dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai senjata andalan armada TNI Angkatan Laut.

Data teknis

KRI Nagapasa memiliki berat selam 1.400 ton. Memilki panjang 61.3 meter dan lebar 7.6 meter dengan kecepatan ±21 knot di bawah air Diawaki oleh 41 pelaut. Kapal selam DSME209 produksi DSME ini merupakan kapal selam dengan Latest Combat System, Enhanced Operating System, Non-hull Penetrating Mast and Comfortable Accomodation, serta dilengkapi dengan peluncur torpedo yang mampu meluncurkan torpedo 533 mm dan peluru kendali anti kapal permukaan yang merupakan modernisasi armada kapal selam TNI Angkatan Laut.

Markas

TNI AL sendiri sudah menyiapkan markas untuk kapal selam baru. Kapal-kapal selam Chang Bogo Class rencananya akan bermarkas di Teluk Palu, Sulawesi. Menhan Resmikan KRI Nagapasa-403 Jadi Kapal Perang Indonesia Peresmian KRI Nagapasa-403. Selain KRI Nagapasa-403, dua kapal selam lainnya dari Korea Selatan dipersiapkan untuk memperkuat pasukan TNI AL. Rencananya kedua kapal itu dinamai dengan KRI Ardadedali (404) dan KRI Nagarangsang (405). Indonesia sendiri menandatangani kontrak pengadaan tiga kapal selam dengan DSME pada Desember 2011. Keseluruhan kapal akan diselesaikan pada 2019.

Komandan

  1. Letkol Laut (P) Harry Setyawan, S.E., (2017-2018)
  2. Letkol Laut (P) Dedi Komarudin, S.H., (2018-Sekarang)

Pranala luar