Lompat ke isi

Madeleine dari Valois: Perbedaan antara revisi

2 bita ditambahkan ,  6 tahun yang lalu
k
Robot: Perubahan kosmetika
k (Robot: Perubahan kosmetika)
Ia menikah dengan [[Gaston, Pangeran Viana]], putra dan pewaris [[Gaston IV, Pangeran Foix|Gaston IV]], Pangeran Foix dan [[Eleanor dari Navarre]], di Saint-Jean-d'Angély pada tahun 1461. Mereka memiliki 2 orang anak:
 
* [[Francis dari Navarre]] (1466 - 1483), Raja Navarre
* [[Catherine dari Navarre|Catherine]] (1470 - 1518), [[ratu yang beraja]] di Navarre, menikah pada tahun 1484 [[John III dari Navarre|John dari Albret]] (1469 - 1516).
 
Suaminya meninggal pada tahun 1470, mendahului ayahnya; ketika Gaston IV meninggal pada tahun 1472, hartanya diwariskan ke putra Magdalena, Francis Phoebus. Francis menjadi pewaris Navarre pada tahun 1479 setelah kematian kakek buyutnya, [[John II dari Aragon|John II dari Aragon dan Navarre]], yang meninggalkan Navarre kepada pewaris yang berhak, ibu mertua Magdalena, Eleanor. Eleanor hanya menghabiskan beberapa minggu sebagai Ratu sebelum ia sendiri wafat; Francis Phoebus menjadi Raja, dan ibunya bertindak sebagai wali sampai kematiannya, diusianya yang ke-17 tahun, pada tahun 1483; Magdalena kemudian bertindak sebagai wali untuk putrinya, Catherine, sampai tahun 1494. Selama perwalian ini, ia terpaksa berlawanan dengan saudara iparnya, John dari Foix, yang menuntut tahta Navarre sebagai pewaris laki-laki Francis Phoebus.