Pencorakan: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kevdave (bicara | kontrib)
kTidak ada ringkasan suntingan
Kevdave (bicara | kontrib)
k Kevdave memindahkan halaman Bebayangan ke Bangan
(Tidak ada perbedaan)

Revisi per 8 Januari 2016 05.34

Bangan Gouraud, dikembangkan oleh Henri Gouraud pada tahun 1971, ialah salah satu teknik bangan yang pertama kali dikembangkan dalam grafika komputer.

Bangan[1] atau bebayangan (bahasa Inggris: shading) adalah penggambaran daya cerap jeluk (depth perception) dalam model 3D atau suatu gambar dengan menggunakan bermacam tingkat kegelapan.

Seni lukis

Bangan digunakan untuk menggambarkan tingkat kegelapan di atas kertas dengan memakai alat lukis sambil ditambahkan kerapatannya (density) atau dengan lindapan (shade) yang lebih tua untuk bagian yang lebih gelap, dan dikurangkan kerapatannya atau dengan lindapan yang lebih muda untuk bagian yang lebih terang. Ada beberapa teknik bangan, salah satunya arsir silang (cross-hatching), yakni garis serenjang (perpendicular lines) dengan pelbagai keberhampiran (closeness) digambar menggunakan pola kisi (grid pattern) untuk menambahkan bangan pada suatu bagian. Semakin berhampirnya garis dengan satu sama lain, semakin gelapnya bagian; semakin tercerainya garis, semakin terangnya bagian.

Pola cahaya, seperti benda-benda yang memiliki bagian cahaya dan teduhan, dapat memberi kesan jeluk di atas kertas.[2]

Rujukan

  1. ^ Microsoft Language Portal. Diambil pada tanggal 8 Januari 2016.
  2. ^ "Shading Tutorial, How to Shade in Drawing". Dueysdrawings.com. 2007-06-21. Diakses tanggal 2012-02-11.