Institut Sains dan Teknologi Al Kamal Jakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal (ISTA) adalah suatu perguruan tinggi (PT) yang memiliki ciri khas yaitu menumbuh kembangkan generasi muda menjadi generasi Berilmu, Berbudi Luhur, serta Bertaqwa kepada Allah SWT Sehingga menjadi generasi muda yang yang berkemampuan Ilmiah, Etos Kerja Tinggi, Kreatif, Mandiri dan Siap Bekerja Sama dalam manghadapi tantangan menuju masa depan yang gilang gemilang. ISTA berdiri sejak tahun 1989.

Program Studi

Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal meyelenggarakan program pendidikan Sarjana (S1) pada tahap awal ini dan program pendidikan Pasca Sarjana (S2/S3) serta akan menyelenggarakan pendidikan POLITEKNIK (Program Diploma) pada tahap pengembangan berikut nantinya.

A. PROGRAM REGULER : Program pendidikan sarjana memiliki beban akademik antara 146-150 satuan kredit semester (SKS). Progam pendidikan sarjana ini terbagi dalam 8 semester dan meliputi 3 tahap pendidikan yaitu:

  1. Tahap pendidikan Tingkat Persiapan Bersama (TPB) dimana mahasiswa menempuh program pendidikan yang sama. Tahap pendidikan ini mempunyai beban Akademik 36 SKS dalam 2 semester.
  2. Tahap pendidikan Sarjana Muda, dengan beban Akademik sekitar 72 SKS dilaksanakan 4 semester setelah tahap TPB
  3. Tahap pendidikan Sarjana dengan beban Akademik 42 SKS, dilaksanakan dalam 2 semester.

B. PROGRAM PERKULIAHAN KARYAWAN : Program Kuliah Sore Malam (PKSM) / Program Perkuliahan Karyawan (P2K) merupakan program perkuliahan yang diperuntukan bagi Masyarakat yang ingin meningkatkan Pendidikan Formalnya dari tingkat SMU ke jenjang Sarjana (S1) maupun dari D3 melanjutkan ke jenjang Sarjana (S1).

Dengan biaya pendidikan yang bisa dibilang terjangkau masyarakat (biaya kuliah dapat diangsur) diharapkan Program ini (PKSM/P2K) mampu mewujudkan keinginan masyarakat dalam menikmati Pendidikan Tinggi.

C. UMUM : Agar perencanaan dan penyelenggaraan program pendidikan (REGULER maupun PKSM/P2K) dapat memberikan hasil yang sebaik-baiknya, maka perlu adanya suatu kesamaan konsep tentang kurikulum pada segenap Civitas Akademika Institut Sains dan teknologi Al-Kamal.

Kurikulum tidak hanya merupakan acara pengajaran, akan tetapi adalah segenap upaya terorganisasi yang dilakukan untuk meyelenggarakan dharma pendidikan yang dituangkan dalam program-program studi formal, dan penetapan kelulusan serta peraturan pendidikan dan ketentuan tentang penyelenggaraannya. Di samping itu kurikulum dapat berfungsi sebagi katalis bagi pembaharuan dan penyegaran.

Kurikulum adalah sasaran pendidikan, yang mencakup segala upaya penyelenggaraan pendidikan yang terencana alam program-program studi. Kurikulum merupakan gambaran proses belajar mengajar, termasuk acra pengajaran, tatacara penyelenggaraan, proses penilain, serta ketentuan-ketentuan yang mendukung dan mejamin tercapainya tujuan pendidikan. Kurikulum mempunyai penekanan pada pembinaan kemampuan berfikir, agar para lulusan mampu menghadapi dan meyelesaikan masalah-masalah yang baru dan sulit secara kompeten dan inovatif. Berkenaan dengan itu perlu dilakukan pembinaan sikap ilmiah serta kebiasaan belajar secara baik sedini mungkin.

Teknik Informatika

SEKILAS TENTANG TEKNIK INFORMATIKA Teknik Informatika didirikan dengan pemikiran bahwa kecanggihan komputer dalam membantu menyelesaikan masalah dalam segala aspek kehidupan merupakan hal yang tidak bisa ditawar lagi. Demikian juga teknologi informasi di era globalisasi yang berkembang demikian pesat dari waktu ke waktu, membuat orang ingin mendapatkan informasi pada saat itu juga. Kecenderungan ini menyebabkan tingginya tingkat persaingan. Menghadapi persaingan ini semua pihak dituntut untuk mendayagunakan semua sumber daya manusia. Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang teknologi informasi, didirikan program studi Teknik Informatika.

TUJUAN PENDIDIKAN Program studi teknik informatika bertujuan mengembangkan kemampuan dalam analisis, perencanaan perancangan dan penyelesaian masalah dengan menggunakan komputer serta meningkatkan kemampuan meneliti di bidang komputer baik dalam hal perangkat lunak ataupun perangkat keras.

LAPANGAN PEKERJAAN Sarjana Teknik Informatika dapat bekerja pada semua aspek kehidupan baik itu pemerintahan maupun swasta, antara lain :

   * Analis sistem
   * Programmer
   * Database administrator
   * Spesialis jaringan
   * Rekayasa perangkat lunak/perangkat keras
   * Pendidik dan peneliti

FASILITAS Pendidikan program studi Teknik Informatika ditunjang dengan perpustakaan ISTA dan laboratorium (ruang AC). Adapun Lab komputer terdiri dari:

   * Lab pengembangan dan aplikasi
     Digunakan untuk praktikum bahasa pemrograman dan software aplikasi yang lain.
   * Lab Jaringan (LAN) dan internet
     Digunakan untuk praktikum jaringan (LAN) dan akses internet.

KURIKULUM TEKNIK INFORMATIKA Kurikulum Teknik Informatika ISTA terdiri dari 4 kelompok mata kuliah:

  1. Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) yaitu Pancasila, Konsep Teknologi, Agama Islam, Etika Islam, Falsafah Ilmu dan Bahasa Inggris.
  2. Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK) yaitu mata kulaih, Kalkulus, Fisika Dasar, Kimia Dasar, Algoritma Pemrograman.
  3. Mata Kuliah Keahlian (MKK) yaitu Pengantar Arsitektur Komputer, Struktur Data, Rekayasa Perangkat Lunak, Organisasi Komputer, Sistem Berkas, Sistem Operasi, Basis Data, Jaringan Komputer, Teori Bahas dan Otomata, Sistem Informasi, Interaksi Manusia dan Komputer.
  4. Mata Kuliah Pilihan yaitu Sistem Pakar, Pemrograman Berorientasi Objek, Manajemen Proyek, Pengantar Pengolahan Citra, Manajemen Pemasaran.

KEGIATAN KEMAHASISWA Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika tergabung dalam wadah kegiatan kemahasiswaan dengan nama Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMIFO). Himpunan ini didirikan sebagai sarana mengembangankan dan meningkatkan kreatifitas mahasiswa sesuai dengan bidang ilmu yang ditekuni. Beberapa kegiatan yang ada di HIMIFO antara lain: Seminar Ilmiah, Bina Kreatifitas Teknik Informatika, Bina Akrab Teknik Informatika, Kajian Islam, Seni dan Demo Seni. Kegiatan yang bersifat kunjungan juga di lakukan untuk meningkatakan pengetahuan mahasiswa, Kunjugan ini dilakukan ke perusahaan-perusahaan seperti INDOSAT-NET, BPPT, IPTN Bandung, serta banyak lagi kegiatan lainnya yang diadakan dalam rangka mengembangkan kreatifitas dan keahlian mahasiswa sesuai dengan disiplin ilmu. HIMIFO juga tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer Se Indonesia (PRASIDHA MATRA) dimana HIMIFO adalah salah satu pendiri dari PRASIDHA MATRA.

Teknik Kima

SEKILAS TENTANG TEKNIK KIMIA Teknik Kimia adalah termasuk dalam bidang engineering yang mempelajari bagaimana melakukan proses produksi dengan menggunakan proses kimia dan fisika. Ilmu teknik kimia merupakan aplikasi dari ilmu kimia dengan menggabungkan kaidah-kaidah engneering serta memasukkan faktor-faktor ekonomi dan sosial dalam aplikasi industrinya. Bidang-bidang yang termasuk dalam industri kimia antara lain: petrokimia, polimer, proses hasil pertanian termasuk pangan, produk farmasi, pengolahan air dan atau limbah, proses bahan tambang, proses/peralatan dan bahan bagi industri kimia itu sendiri : katalis dan reaktor, unit operations, teknik kontrol dan lain-lain.

TUJUAN PENDIDIKAN : Pendidikan teknik Kimia bertujuan menghasilkan sarjana teknik yang berkualifikasi :

   * Mampu mengembangkan ilmu teknik yang dimiliki dan menerapkan secara arif dan bijaksana mampu menalar dengan baik, yaitu melakukan analisis dan sintesis
   * Dapat bekerja dalam bidang perancangan, pelaksanaan/ pengoperasian, pengawasan dan pengelolaan industri kimia dan penerapannya secara umum.
   * Mampu menyumbangkan keterampilan dan wawasan
   * Mempunyai bekal yang cukup untuk melanjutkan studi kejenjang yang lebih tinggi.

SISTEM PENDIDIKAN: Jurusan teknik kimia sebagai bagian dari ISTA menganut sistem semester, dengan lama pendidikan direncanakan 8 semester dengan distribusi :

  1. Berdasarkan ilmu
         * Humaniora & Social sciences (HS) 10%
         * Pengetahuan Dasar (PD) 33%
               o Matematika
               o Kimia
               o FIsika
               o Engineering (Eng) 57%
  2. Berdasarkan tingkat
         * Tingkat I
           Penekanan pada pendidikan HS dan PD, serta sedikit pengenalan Eng
         * Tingkat II
           Pendidikan PD dan keengineeringan secara berimbang
         * Tingkat III
           Konsentrasi pada pendidikan keengineeringan (Eng)
         * Tingkat IV
           Pematangan kemampuan keengineeringan dengan kepelatihan, penerapan dalam penelitian, perancangan pabrik dan pengelola lapangan kerja.

Pendidikan diselenggarakan melalui tatap muka perkuliahan terjadwal. Praktik-praktik laboratorium serta berbagai media transfer dan penguasaan pengetahuan, seperti : tugas perkuliahan, seminar, presentasi mahasiswa dan profesional, kerja praktik pada industri perancangan pabrik, penelitian di laboratorium. Kegiatan kemahasiswaan yang merupakan wahana pendewasaan, penambahan wawasan dan peningkatan pengetahuan juga mendukung kegiatan akademis seperti : kunjungan ke industri-industri kimia yang diselenggarakan setiap tahun.

LAPANGAN KERJA Bidang-bidang pekerjaan bagi lulusan teknik kimia :

   * Pendidikan
   * Penelitian dan pengembangan di industri dan lembaga pemerintahan
   * Process Engineering dan operasional engineer di industri kimia
   * Perekayasaan industri kimia sebagai project engineer, construction engineer
   * Industri konsultasi dalam bidang industri kimia
   * Wiraswasta

MASA DEPAN Industri kimia/industri proses tumbuh pesat di Indonesia, terlihat dari nilai investasinya yang mencapai lebih dari 40% dari total investasi di Indonesia antara 1967-1995. Pertumbuhan ini diperkirakan akan tetap tinggi pada tahun-tahun mendatang karena pasar yang besar dan dinamis. Di sisi lain, sampai saat ini import bahan kimia masih tinggi walaupun potensi sumber dayanya di Indonesia sangat melimpah. Krisis ekonomi yang terjadi, bahkan makin memperkuat posisi industri kimia karena kemampuan industri ini untuk memberikan nilai tambah bagi sumber daya yang ada tersebut : pertanian dan pertambangan. Jelas terlihat bahwa Indonesia memiliki kesempatan terbesar untuk menjadi produsen bahan kimia yang penting di dunia.

Tanpa bisa dimungkiri lagi, ketersediaan sumber daya manusia terdidik dalam bidang teknik kimia telah menjadi kebutuhan yang mendesak. Survei menunjukkan *) kebutuhan sarjana TK di Indonesia mencapai 3000 orang pertahun s/d tahun 2019 sementara jumlah lulusan hanya 1000 orang/tahun.

Teknik Industri

SEKILAS TENTANG TEKNIK INDUSTRI

PROGRAM OUTCOME Progam outcome jurusan teknik manajemen industri adalah menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan sebagai berikut:

   * Mampu untuk mengaplikasikan pengetahuan matematika, sains dan engineering dalam keteknik industrian. Mampu endesain, menganalisis, dan mengiterprestasikan data dalam suatu sistem industri.
   * Mampu mendesain komponen, dan proses dalam sistem industri.
   * Mampu untuk bekerjasama pada suatu kelompok kerja dalam bidang keilmuan TI.
   * Mampu untuk mengidentifikasi, memformulasikan, dan menyelesaikan permasalahan TI.
   * Memahami etika profesioanlisme kerja keteknikan serta mampu berkomunikasi secara efektif.
   * Mampu memahami kebutuhan global dan sosial serta mengetahui isu-isu terkini khususnya pada bidang keteknik industrian.
   * Mampu belajar mandiri secara berkelanjutan(Long Life Learning).
   * Mampu menggunkan teknik, keterampilam, dan alat-alat dalam praktik engineering.

LAPANGAN PEKERJAAN Lapangan pekerjaan bagi sarjana teknik industri terbuka lebar yang meliputi bidang-bidang seperti.

   * Tatalaksana industri atau produksi.
   * Industri dan ekonomi industri.
   * Tatalaksana proyek.
   * Konsultasi teknis.
   * Pendidikan dan pengajaran.
   * Pegawai negeri dan swasta, dan lain-lain.

FASILTAS Pendidikan sarjana Teknik Industri dilengkapi dengan perpustakaan ISTA dan laboratorium. Fasiltas ini dipakai untuk menyelenggrakan praktikum maupun untuk pembuatan tugas akhir mahasiswa dan penelitian dosen. Pada saat ini Jurusan Teknik Industri memiliki laboratorium, yaitu:

   * Laboratorium Analisa Perencanaan Kerja.
   * Laboratorium Statistika dan komputasi
   * Laboratorium Sistem Produksi.

Teknik Sipil dan Perencanaan

TUJUAN PENDIDIKAN JURUSAN TEKNIK SIPIL Menghasilkan sarjana teknik sipil yang mampu melakukan peyelidikan, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pemeliharaan bangunan Teknik Sipil dan mampu beradaptasi untuk mengembangkan diri dalam teknologi baru dibidang Teknik Sipil dan yang berkaitan.

PROGRAM STUDI DAN KURIKULUM Program pendidikan sarjana teknik sipil ISTA terbagi dalam tiga (3) tahap yaitu:

  1. Tahap Persiapan Bersama yang berlangsung selama satu tahun (semester 1 dan 2).
  2. Tahap Sarjana muda yang diberikan selama 2 tahun akademik (semester 3 sampai dengan 6) berisikan pengetahuan dasar umum dan khusus serta pengetahuan keahlian bidang Teknik Sipil.
  3. Tahap Sarjana dilaksanakan dalam 1 tahun akademik (semester 7 dan 8) berisikan pembekalan pendidikan keahlian bidang Teknik Sipil dimana diberikan Kerja Praktik dan Tugas Akhir.

KP/TA Dapat disampaikan bahwa Kerja Praktik dan Tugas Akhir yang telah dilakukan oleh mahasiswa Jurusan Teknik Sipil ISTA cukup banyak dan bervariasi dengan bidang yang terkait seperti Bangunan Gedung, Bangunan Sistem Jaringan irigasi, Sistem Drainase Perkotaan, Bendungan, Jembatan Rangka Baja, Jembatan Cable Stay, Jalan Raya, Jalan Kereta, Jembatan Layang, Bangunan Pengolahan Air Limbah, Bangunan Dermaga, Pelabuhan, Lapangan terbang.

FASILITAS Fasilitas yang tersedia guna mendukung kegiatan belajar mengajar adalah:

   * Laboratorium Mekanika Tanah (12 Modul)
   * Laburatorium Uur Tanah (2 Modul)
   * Laboratorium Teknologi Beton (6 Modul)
   * Studio Gambar
   * Perpustakaan

TENAGA PENGAJAR Untuk menghasilkan lulusan yang handal dan berkualitas, maka jurusan Teknik Sipil ISTA didukung oleh staf pengajar yang memiliki latar belakang pendidikan S3 (20%) S2(50%) dan S1 (30%) dari berbagai perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri yang sesuai dengan bidang keahliannya serta didukung dari instansi pemerintah seperti Dep. Pemukiman Prasarana dan Pengembangan Wilayah, BPP Teknologi, Dep. Kesehatan, Dep. Perhubungan dan Telekomunikasi, BUMN yang bergerak dibidang Teknik Sipil.

LAPANGAN PEKERJAAN Bidang tugas sarjana Teknik Sipil meliputi pekerjaan penyelidikan, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pemeliharaan berbagai bangunan prasarana seperti: Bidang Transportasi:

   * Jalan Raya dan Jembatan
   * Lapangan Terbang dan Pelabuhan
   * Bidang Pengairan
   * Drainase Perkotaan dan Irrigasi
   * Waduk dan Bendungan
   * Bidang Konstruksi Gedung
   * Bangunan berlantai tinggi
   * Bangunan berlantai rendah

Bidang Lain:

   * Pemetaan
   * Transmigrasi

KEGIATAN KEMAHASISWAAN DI LINGKUNGAN JURUSAN TEKNIK SIPIL IST. AL-KAMAL Untuk menampung segala bentuk kreatifitas dan mengembangkan saran serta ide yang timbul di kalangan mahasiswa Sipil, maka dibentuklah wadah kemahasiswaan Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil ISTA disingkat HIMASI. Dalam kiprahnya selama hampir 8 tahun, HIMASI telah mampu mengangkat nama jurusan teknik sipil serta sekaligus memperkenalkan ISTA pada institusi lain di Indonesia, dimana HIMASI adalah anggota tetap pada Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Sipil Indonesia (FKMTSI).Adapun studi lapangan yang selalu dilakukan oleh HIMASI:

   * Kunjungan ke Reservoir Karacak Jawa Barat
   * Kunjungan ke PLTA Ir. Juanda jawa Barat
   * Kunjungan ke Bandara Soekarno-Hatta
   * Kunjungan ke PUSDIKLAT penyehatan lingkungan pemukiman
   * Kunjungan ke PUSDIKLAT Bangunan Pengairan

Manajemen Informatika

PENDAHULUAN Peranan teknologi informasi di era globalisasi saat ini dan akan datang tidak akan dapat ditawar lagi. Segala aktivitas yang dilakukan baik oleh individu maupun kelompok dalam kaitannya dengan kegiatan bisnis dan administratif maupun bukan tidak akan lepas dari peranan teknologi informasi khususnya bidang ilmu komputer. Dunia bisnis merpakan salah satu bidang yang banyak menggunakan kemampuan teknologi komputer. Era globalisasi yang sudah diambang pintu seperti sekarang ini, harus kita hadapi dengan lapang dada akan membawa dampak yang luar biasa, baik positif maupun negatif. Terlepas dari dampaknya, upaya apa yang dapat kita lakukan untuk menghadapi tantangan tersebut, Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal (ISTA) mencoba menjawab dan mempersiapkan sumber daya manusia (generasi mudanya) agar dapat dan mampu menjawab tantangan masa depan tersebut. Salah satu program studi yang bergelut di bidang ilmu komputer ISTA adalah program studi manajemen informatika (MIF). MIF mendidik mahasiswanya dan mempersiapkan lulusannya untuk dapat menguasai kemajuan teknologi informasi yang banyak digunakan dalam dunia usaha dan bisnis baik pemerintah maupun swasta.

TUJUAN PENDIDIKAN Tujuan yang ingin dicapai program studi manajemen informatilka ISTA dalam mempersiapkan lulusannya agar dapat :

  1. Menguasai aspek teknis teknologi informasi yang bertitik berat pada aspek teknis dan praktis sistem komputer dalam dukungan manajemennya.
  2. Mampu membangun dan mengembangkan sistem informasi suatu organisasi dengan daya dukung teknologi komputer.

FASILITAS Pola pendidikan program studi Manajemen Informatika ISTA ditunjang dengan fasilitas perpustakaan, gedung serbaguna, masjid, dan laboratorium komputer (ber-AC), akses internet, fasilitas olahraga, kantin dan lain-lain.

STAF PENGAJAR Staf pengajar di jurusan manajemen informatika ISTA berkualifikasi Doktor, Magister, dan Sarjana lulusan dalam dan luar negeri, terdiri dari :

  1. Dr. Mochammad Gandhi, SE
  2. Dr. M. Sjarkani Musa
  3. Dr. Amir Musadad
  4. Dr. Suryadi Siregar, DEA
  5. Dr. Mitra Djamal
  6. Ir. Andi Djalal, MSc
  7. Ir. Fauzi Dahmir, Meng
  8. Ir. Amir Dahlan, MKom
  9. Ir. I. Made Astawa MKom
 10. Ir. Muhammad Ilyas, MMSI
 11. Drs. Kelik Budiana, MKom
 12. Drs. Hidayat Satari, MSc
 13. Syukri Hadi, SE, Ak, MIM
 14. Ir. Kartini, MMSI
 15. Ir. Asep Arwin K, Meng
 16. Ir. Nixon Erzed
 17. Ir. Ratna Mutu Manikam
 18. Ir. Syariful Alim
 19. Ir. Ngasiman Widji
 20. Drs. Adib Fanani
 21. Drs. H.S.A. Bermani
 22. Drs. Muhammad Ahmad
 23. Drs. Sukirso
 24. Dra. Widyanti Rahayu
 25. Agus Mulyana, SKom
 26. Harlan Sumarsono, BA, Grad Dipl
 27. Husna Taslim, SE, Ak

Teknik Mesin

TUJUAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN Membentuk sarjana Teknik Mesin yang mempunyai kemampuan tinggi dalam perencanaan, penyusunan fisik, perbaikan dan pengoperasian mesin-mesin produksi dan pertanian yang di tunjang dengan kemampuan mengembangkan teknologi baru. Selain itu, mampu mengelola suatu proses produksi, menganalisis dan memecahkan setiap ada permasalahan secara ilmiah, mengembangkan diri dan ilmunya melalui kegiatan penelitian.

LATAR BELAKANG PENYUSUNAN KURIKULUM Bidang teknik mesin ISTA untuk sementara masih terfokus pada bidang mesin umum. Tetapi tidak menutup kemungkinan jika ada mahasiswa menginginkan pilihan jurusan teknik mesin tertentu maka pada akhir mahasiswa menempuh kuliah akan diarahkan sesuai dengan peminataannya yaitu pada saat penyelesaian Tugas Akhir (Skripsi)

Program pendidikan sarjana Teknik Mesin ISTA dibagi dalam tiga tahap yaitu:

  1. Tahap Persiapan Bersama (TPB) yang berlangsung selama 2 semester atau 1 tahun. Tahap ini meliputi pembekalan materi dasar umum secara bersama yang dapat menunjang Pendidikan Teknik Mesin. Harapan lain dapt meningkatkan kebersamaan di antara mereka yang sekaligus mempersiapkan mahasiswa untuk dapat menempuh tahap berikutnya yaitu tahap sarjana muda.
  2. Tahap Sarjana Muda dilaksanakan dalam 4 semester atau 2 tahun akademik. Pada tahap ini mahasiswa dibekali pengetahuan dasar umum dan khusus, serta beberapa pengetahuan keahlian yang menjadi ciri khas pada jurusan Teknik Mesin.
  3. Tahap Sarjana dilaksanakan dalam 2 semester atau 1 tahun akademik. Tahap akhir ini merupakan pembekalan pendidikan keahlian Teknik Mesin. Mata kuliah yang diberikan adalah mata kuliah keahlian, kerja praktik dan tugas akhir atau skripsi.

FASILITAS Pendidikan sarjana Teknik Mesin ISTA dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung dalam menunjang kegiatan belajar dan mengajar antara lain:

   * Perpustakaan
   * Laboratorium Proses Produksi
   * Laboratorium Otomotif
   * Studio Gambar

LAPANGAN PEKERJAAN Lapangan pekerjaan sarjana Teknik Mesin sangat luas, selain dapat bekerja dalam bidang-bidang industri dan produksi juga dapat bekerja pada bidang lainnya. Beberapa lapangan pekerjaan bagi lulusan Teknik mesin antara lain:

   * Industri otomotif
   * Minyak bumi dan gas
   * Industri maritim
   * Industri berat dan ringan
   * Pendidikan pengajaran dan penelitian
   * Pegawai di berbagai instansi pemerintah dan swasta.

Farmasi

SEKILAS TENTANG FARMASI Dalam rangka peningkatan dan pengembangan pengabdiannya, ISTA pada tahun ajaran 2006/2007 membuka jurusan baru di antaranya adalah jurusan farmasi. Jurusan Farmasi - ISTA merupakan implementasi dari cita - cita beberapa pakar farmasi yang telah belasan tahun mengabdi pada Yayasan Pondok Pesantren Al Kamal, dan baru terlaksana pada tahun 2006. Tokoh tersebut di antaranya adalah Prof. Dr. Haryanto Dhanutirto, DEA. Apt., Prof. Dr. Ir. A.M. Satari, Prof. Dr. Sriewoelan S., DEA. Apt. dan kawan-kawan. Tujuan pembentukan jurusan farmasi di ISTA adalah turut sertanya Lembaga ini dalam mempersiapkan mahasiswa menyongsong masa depan menjadi seorang sarjana farmasi/farmasis yang mampu memberikan darma baktinya kepada bangsa dan dunia kesehatan dalam dunia obat-obatan, makanan dan minuman yang kompeten.

Dalam rangka menggapai tujuan tersebut, ISTA menyediakan tenaga pengajar yang qualified dan berpengalaman, serta bekerjasama dengan beberapa lembaga/institusi kefarmasian di Jakarta sebagai sarana praktik mahasiswa farmasi, di samping itu juga dilengkapi dengan laboratorium yang dibutuhkan oleh mahasiswa selama belajar di kampus

FASILITAS : Lab. Farmasi, Kimia Farmasi, Fitokimia, dan Lab. Teknologi Farmasi

Desain Produk Industri

SEKILAS TENTANG DESAIN PRODUK INDUSTRI Desain Produk Indusri merupakan seni terap (aplied art) yang mempelajari tentang perencanaan & perancangan yang berkaitan dengan produk industri dan pemasaran, mulai dari tahap penyusunan konsep hingga visualisasi dan implementasi produk tiga dimensional yang cerdas, unik estetis, dan fungsional serta berorientasi pada tuntutan kepuasan pelanggan. Mampu menciptakan desain-desain produk ungggulan yang memiliki nilai tambah dan daya saing tinggi.

FASILITAS : Lab. Komputer, Studio Gambar, Workshop & Ruang Pameran

Desain Komunikasi Visual

SEKILAS TENTANG DESAIN KOMUNIKASI VISUAL Desain komunikasi Visual merupakan seni terap (aplied art) yang mempelajari tentang perancanaan & perancanganberbangai macam bentuk informasi visual dari tahap penyusunan konsep hingga visualisasi untuk mendukung tercapainya komunikasi grafis yang efektif, bernilai estetis dan fungsional. Mampu menciptakan desain-desain yang berkaitan dengan desain grafis atau desain kreatif untuk mendukung progam pemasaran dan pengembangan image Perusahaan. FASILITAS : Lab. Komputer, Studio Gambar, Workshop & Ruang Pameran

Kegiatan Mahasiswa

Organisasi kemahasiswaan Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal adalah wadah kegiatan ekstra kurikuler yang merupakan sarana pengembangan dari mahasiswa sebagai bagian terpadu dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Organisasi Kemahasiswaan juga merupakan kelengkapan non struktural Perguruan Tinggi yang keanggotaannya adalah mahasiswa yang terdaftar dan aktif mengikuti kegiatan akademik (tidak sedang dalam cuti akademik) dan terdiri dari:

  1. Kongres Ikatan Keluarga Besar Mahasiswa ISTA (Kongres IKBM ISTA)
     Kongres IKBM ISTA merupakan lembaga tertinggi dalam struktur IKBM ISTA yang merupakan forum legislatif. Badan IKBM ISTA yang berfungsi sebagai wahana koordinatif dalam perumusan Aturan IKBM antara badan-badan IKBM dan Rektorat.
  2. Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM IKBM)
     MPM IKBM adalah Badan Legislatif dan pemegang Kedaulatan Mahasiswa.
     Dalam IKBM yang mempunyai tugas dan wewenang menjalankan fungsi legislatif yang meliputi penetapan aturan-aturan IKBM serta perumusan GHBO IKBM. Serta pengesahan keberadaan badan-badan dalam IKBM.
  3. Dewan Mahasiswa
     Dewan Mahasiswa merupakan Badan Eksekutif tingkat pusat yang mempunyai tugas pokok menjalankan fungsi persentatif, koordinatif dan normatif serta membentuk kepentingan-kepentingan pusat dan tanggung jawab dari GBHO IKBM.
  4. Himpunan Mahasiswa Jurusan
     Merupakan Badan Eksekutif jurusan dalam IKBM ISTA yang mempunyai tugas dan wewenang untuk melaksanakan fungsi eksekutif yang sesuai dengan fungsi tiap jurusan
  5. Unit Kegiatan Mahasiswa(UKM)
     UKM Merupakan Badan Pelaksana fungsi Eksekutif/pada tingkat minat dan bakat.
     Adapun Unit Kegiatan Mahasiswa ISTA terdiri dari:
         * Teater Gerimis (Gerakan Inner Mahasiswa ISTA)
         * Mahasiswa Pencita Alam dan Lingkungan Hidup (MAPALHID)
         * Resimen Mahasiswa
         * Pramuka
         * Olah Raga (Basket, Sepak Bola, Bola Volly, dll)
         * Rohani Islam
         * Unit KSR
         * Marching Band
         * Seni dan Budaya
         * Koperasi Mahasiswa
  6. Ikatan Orang Tua Mahasiswa(IOM)
     Ikatan Orang Tua Mahasiswa merupakan wadah untuk mempererat silaturahmi antara Institusi dengan orang tua mahasiswa. Keanggotann IOM ini terbentuk setiap ada penerimaan mahasiswa baru.

Informasi

Untuk keterangan lebih lanjut tentang informasi pendaftaran, beasiswa, prosedur biaya dan lain sebagainya dapat dilihat pada list di bawah ini :

   * Informasi Pendaftaran
   * Beasiswa
   * Prosedur Biaya
   * LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Selain itu untuk informasi lebih lengkap dapat menghubungi :

Sekretariat Jl. Al-Kamal No. 2 Kedoya Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11520 Telp. : 021 58 110 88 68 181 959 (Flexi) Fax. : 021 58 300 105 e-mail : pmb@ista.ac.id

RUTE KENDARAAN UMUM

   * KWK B 14/07 Jurusan Citraland F Cengkareng turun di depan kampus ISTA
   * KWK B-03 Jurusan Citraland F Meruya turun di jembatan Penyeberangan RSU Graha Medika
   * Kopaja P-16 Jurusan Tn. Abang F Ciledug turun di Lapangan Pilar Kedoya
   * Metromini B-92 Jurusan Grogol F Ciledug turun di Lapangan Pilar Kedoya
   * Bus dari Tol Tangerang Semua Jurusan menuju Jakarta turun di Pintu Tol Kebon Jeruk

• Bus dari Tol Kota Semua Jurusan Ke Tangerang turun di Pintu Tol Kebon Jeruk

Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal Jalan Raya Al-Kamal, No. 2, Jakarta Barat 11520

Website: www.ista.ac.id