Injeksi trans-lunar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Apollo 8 diagram.jpg

Injeksi trans-lunar atau trans-lunar injection (TLI) adalah sebuah manuver pendorong digunakan untuk mengatur pesawat ruang angkasa pada lintasan yang akan menyebabkan ia tiba di Bulan.

Ciri lintasan lunar transfer mirip dengan transfer Hohmann, meskipun transfer energi rendah juga telah digunakan dalam beberapa kasus, seperti dengan probe Hiten.[1] Untuk misi durasi pendek tanpa gangguan yang signifikan dari sumber-sumber di luar sistem Bumi-Bulan, transfer Hohmann biasanya cepat lebih praktis.

Sebuah pesawat ruang angkasa melakukan TLI untuk memulai transfer bulan dari parkir melingkar orbit rendah sekitar Bumi. TLI besar dinyalakan, biasanya dilakukan oleh mesin roket kimia, meningkatkan kecepatan pesawat ruang angkasa, mengubah orbitnya dari lingkaran orbit Bumi rendah ke orbit yang sangat eksentrik. Sebagai pesawat ruang angkasa mulai meluncur pada transfer busur lunar, lintasan mendekati orbit elips tentang bumi dengan apogee dekat dengan radius orbit Bulan. TLI bakar adalah ukuran dan waktunya untuk tepat sasaran Bulan karena berputar mengelilingi bumi. Membakar diberi batas waktu sehingga pesawat ruang angkasa mendekati puncak sebagai pendekatan bulan. Akhirnya, pesawat ruang angkasa memasuki pengaruh ranah Bulan, membuat swingby lunar hiperbolik.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Hiten". NASA.