Ikan mandarin sanur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ikan mandarin sanur
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
Neosynchiropus ocellatus

Pallas, 1770
Sinonim
  • Synchiropus ocellatus (Pallas, 1770)
  • Callionymus ocellatus (Pallas, 1770)

Ikan mandarin sanur atau mandarin sanur biasa ( Neosynchiropus ocellatus ) adalah spesies ikan laut tropis dalam keluarga Callionymidae. Ini berasal dari Samudra Pasifik barat daya dari Jepang selatan ke Kepulauan Marquesan .

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Mandarin sanur tumbuh sekitar 8 sentimeter (3,1 in) panjang. Dilihat dari atas, bentuknya jelas berlian dengan sirip dada horizontal terletak di titik terlebar. Warnanya coklat dan cokelat dengan pola bergaris atau berbintik-jantan biasanya lebih berwarna dan memiliki sirip punggung besar seperti layar yang berwarna jingga cerah di pangkalnya.

Habitat[sunting | sunting sumber]

Mandarin sanur adalah ikan penghuni dasar terumbu karang yang menghuni perairan tropis yang dangkal, biasanya laguna berpasir atau terumbu berbatu. Mereka cenderung membentuk jemaat yang longgar dari beberapa individu, tetapi tidak menunjukkan perilaku bersekolah atau bentuk kerjasama sosial lainnya. Pola makan ikan ini hampir seluruhnya terdiri dari Copepoda : zooplankton kecil yang hidup di kolom air. Namun, di penangkaran, mandarin sanur sering kali dapat menyesuaikan diri dengan mengonsumsi makanan hidup, beku, atau bahkan buatan, seperti serpih.

Referensi[sunting | sunting sumber]