Nama hos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Hostname)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Dalam jaringan komputer, nama hos (nama panggilan kuno[1]) adalah label yang ditetapkan untuk perangkat yang terhubung ke jaringan komputer dan yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat dalam berbagai bentuk komunikasi elektronik, seperti World Wide Web. Nama hos dapat berupa nama sederhana yang terdiri dari satu kata atau frasa, atau terstruktur.

Nama hos Internet mungkin telah menambahkan nama dari Domain Name System[2] (DNS), dipisahkan dari label khusus hos oleh suatu periode ("titik"). Dalam bentuk yang terakhir, nama hos juga disebut nama domain. Jika nama domain benar-benar ditentukan, termasuk domain tingkat atas dari Internet, maka nama hos dikatakan sebagai fully qualified domain name (FQDN). Nama hos yang menyertakan domain DNS sering disimpan dalam Sistem Nama Domain bersama dengan alamat IP hos yang diwakilinya untuk tujuan memetakan nama hos ke alamat, atau proses sebaliknya.

Nama hos internet[sunting | sunting sumber]

Di Internet, nama hos adalah nama domain yang ditetapkan untuk komputer hos. Ini biasanya merupakan kombinasi dari nama lokal hos dengan nama domain induknya. Misalnya, en.wikipedia.org terdiri dari nama hos lokal (en) dan nama domain wikipedia.org. hosname semacam ini diterjemahkan ke dalam alamat IP melalui file hos lokal, atau pemecah masalah Sistem Nama Domain (DNS). Dimungkinkan untuk satu komputer hos untuk memiliki beberapa nama hos; tetapi umumnya sistem operasi hos lebih memilih untuk memiliki satu nama hos yang digunakan hos untuk dirinya sendiri.

Setiap nama domain juga bisa menjadi nama hos, selama pembatasan yang disebutkan di bawah ini diikuti. Jadi, misalnya, baik en.wikipedia.org dan wikipedia.org adalah nama hos karena keduanya memiliki alamat IP yang ditetapkan untuknya. Nama hos dapat berupa nama domain, jika dikelola dengan benar ke dalam sistem nama domain. Nama domain dapat menjadi nama hos jika telah ditetapkan ke hos Internet dan dikaitkan dengan alamat IP hos.

Sintaks[sunting | sunting sumber]

Nama hos terdiri dari urutan label yang disatukan dengan titik-titik. Misalnya, "en.wikipedia.org" adalah nama hos. Setiap label harus dari 1 hingga 63.[2] Seluruh nama hos, termasuk titik pembatas, memiliki maksimal 253 karakter ASCII.[3]

Standar Internet (Requests for Comments) untuk protokol menentukan bahwa label hanya boleh berisi huruf ASCII a sampai z (dengan case-insensitive), digit 0 hingga 9, dan karakter tanda penghubung minus ('-'). Spesifikasi asli dari nama hos di RFC 952 melarang label dimulai dengan digit atau dengan karakter tanda hubung, dan tidak dapat diakhiri dengan tanda hubung. Tidak ada simbol, karakter tanda baca, atau spasi lain yang diizinkan. Nama domain internasionalisasi disimpan dalam Sistem Nama Domain sebagai string ASCII menggunakan transkripsi Punycode.[4]

Meskipun nama hos mungkin tidak mengandung karakter lain, seperti karakter garis bawah (_), nama DNS lain mungkin berisi garis bawah.[5][6] Pembatasan ini dicabut oleh RFC 2181. Sistem seperti DomainKeys dan catatan layanan menggunakan garis bawah sebagai sarana untuk memastikan bahwa karakter khusus mereka tidak bingung dengan nama hos. Misalnya, _http._sctp.www.example.com menetapkan pointer layanan untuk hos server web SCTP-berkemampuan (www) di domain example.com.

Namun, valid untuk mencoba menyelesaikan nama hos yang terdiri dari garis bawah. Misalnya. _.example.com. Ini digunakan oleh RFC 7816 untuk mengurangi jumlah informasi yang tersedia untuk server DNS perantara selama permintaan berulang.[7] Fitur Minimisasi Nama Permintaan diaktifkan secara default di BIND 9.14.0.[8]

Nama hos en.wikipedia.org terdiri dari label DNS en (nama hos atau domain daun), wikipedia (domain tingkat kedua) dan org (domain tingkat atas). Label seperti 2600 dan 3abc dapat digunakan dalam nama hos, tetapi -hi -, _ hi_ dan *hi* tidak valid.

Nama hos dianggap sebagai nama domain yang sepenuhnya memenuhi syarat (FQDN) ketika semua label hingga dan termasuk nama domain tingkat atas (TLD) ditentukan. Nama hos en.wikipedia.org diakhiri dengan domain tingkat atas org dan dengan demikian sepenuhnya memenuhi syarat. Bergantung pada implementasi perangkat lunak DNS sistem operasi, nama host yang tidak memenuhi syarat dapat secara otomatis dikombinasikan dengan nama domain default yang dikonfigurasi ke dalam sistem, untuk melengkapi nama domain yang sepenuhnya memenuhi syarat. Sebagai contoh, seorang siswa di MIT mungkin dapat mengirim email ke "joe@csail" dan membuatnya secara otomatis memenuhi syarat oleh sistem surat untuk dikirim ke joe﹫csail.mit.edu.

Panduan umum tentang memilih nama host yang baik diuraikan dalam RFC 1178.

Contoh[sunting | sunting sumber]

saturn dan jupiter mungkin merupakan nama hos dari dua perangkat yang terhubung ke jaringan yang bernama PC. Di dalam PC, perangkat ditangani oleh nama hos mereka. Nama domain perangkat masing-masing adalah saturn.PC dan jupiter.PC. Jika PC terdaftar sebagai nama domain tingkat kedua di Internet, mis., Sebagai PC.net, hos dapat ditangani oleh nama domain yang sepenuhnya memenuhi syarat saturn.PC.net dan jupiter.PC.net.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Microport System V UNIX Documentation (dalam bahasa English). 
  2. ^ a b Mockapetris, P. V. "Domain names - concepts and facilities". tools.ietf.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-07-18. 
  3. ^ "What is the real maximum length of a DNS name? | The Old New Thing". web.archive.org. 2019-05-18. Diakses tanggal 2020-07-18. 
  4. ^ Costello, Adam M. "Punycode: A Bootstring encoding of Unicode for Internationalized Domain Names in Applications (IDNA)". tools.ietf.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-07-18. 
  5. ^ "Underscores in DNS". domainkeys.sourceforge.net. Diakses tanggal 2020-07-18. 
  6. ^ "Common DNS Operational and Configuration Errors". Diakses tanggal 2018-08-21. 
  7. ^ Bortzmeyer <bortzmeyer+ietf@nic.fr>, Stephane. "DNS Query Name Minimisation to Improve Privacy". tools.ietf.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-07-18. 
  8. ^ "QNAME Minimization and Your Privacy - Internet Systems Consortium". www.isc.org. Diakses tanggal 2020-07-18.