Henri dari Condé (1552–1588)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Henri I de Bourbon, Pangeran Condé

Henri de Bourbon-Condé (Henri I, Pangeran Condé; 29 Desember, 1552 – 5 Maret, 1588) merupakan seorang pangeran lewat darah berkebangsaan Perancis dan jenderal Huguenot seperti ayahandanya yang terkemuka, Louis I, Pangeran Condé.

Henri merupakan putra sulung Louis dari Bourbon-Condé dan Eléanor de Roucy de Roye. Dari kedelapan anak di dalam keluarganya, ia dan saudaranya François dari Bourbon merupakan satu-satunya yang memiliki keturunan. Ia memiliki adik tiri laki-laki, Charles dari Bourbon, dari pernikahan kedua ayahandanya. Sepupu pertamanya menjadi Raja Henri IV dari Perancis.

Ia menikah sebanyak dua kali, pertama dengan sepupunya, Marie dari Clèves. Ibundanya adalah saudari ayahandanya. Marie adalah seorang wanita yang cantik, dan diduga Raja Henri III dari Perancis berencana untuk menghancurkan pernikahan mereka dengan upaya untuk menikahinya, namun ia keburu meninggal karena komplikasi dari melahirkan anak sebelum ia sempat melakukannya. Dengan Marie, Henri memiliki seorang putri:

  • Catherine (1574–1595), Markis d'Isles

Kedua, Henri menikahi sepupu kedua yang pernah dihapus, Charlotte-Catherine de La Trémoille (1568–1629), putri Louis III de La Trémoille dan cucu perempuan Anne de Montmorency. Mereka memiliki setidaknya dua orang anak:

Pangeran Condé[sunting | sunting sumber]

Henri dari Condé (1552–1588)
Cabang kadet Wangsa Bourbon
Lahir: 29 Desember 1552 Wafat: 5 Maret 1588
Bangsawan Perancis
Didahului oleh:
Louis I de Bourbon
Pangeran Condé
13 Maret 1569 – 5 Maret 1588
Diteruskan oleh:
Henri II