Helen Morgan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Helen Morgan (Miss World))
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Helen Morgan
Pemenang kontes kecantikan
LahirHelen Elizabeth Morgan
29 September 1952 (umur 66)
Barry, Wales
Tinggi5 ft 8 in (1,73 m)

Helen Morgan (lahir 29 September 1952)[1] adalah seorang aktris, model, presenter TV dan ratu kecantikan asal Wales yang berhasil memenangi kontes kecantikan Miss Wales, Miss United Kingdom dan Miss World pada tahun 1974. Morgan menjadi pemenang Miss World pertama yang mengundurkan diri, dan pemenang Miss World kedua (setelah Marjorie Wallace) yang tidak menyelesaikan masa jabatannya sebagai Miss World, sepanjang sejarah.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Lahir di Barry, ia bekerja di sebuah bank. Memasuki kompetisi model saat waktu luangnya, ia berhasil memenangi gelar dan mahkota Miss Wales dan Miss United Kingdom pada tahun 1974.

Kontes kecantikan[sunting | sunting sumber]

Morgan mewakili Wales di ajang Miss Universe 1974, di mana ia berhasil menjadi runner-up pertama, dengan pemenang saat itu Amparo Muñoz dari Spanyol. Ketika Muñoz mengundurkan diri dari Miss Universe sebelum masa jabatannya berakhir, mahkota Miss Universe tersebut tidak ditawarkan kepada Morgan atau runner-up lainnya.

Berhasil menjuarai Miss United Kingdom memberi kesempatan bagi Morgan untuk berhak mewakili Britania Raya di ajang Miss World. Dia awalnya enggan untuk masuk kompetisi Miss Wales, dan akhirnya dibayar £30 sebagai peserta di menit-terakhir di saat pesaing lain mengundurkan diri.[2] Morgan menjadi wanita Wales kedua dan perwakilan Britania Raya keempat yang berhasil menjadi Miss World pada tahun 1974.

Namun, dia dipaksa untuk mengundurkan diri hanya empat hari setelah memenangkan kontes, setelah media menemukan bahwa dia adalah seorang janda yang memiliki seorang anak berusia 18 bulan.[3] Walaupun hal ini tidak melanggar aturan kompetisi (yang diatur hanya bahwa peserta harus belum menikah), tekanan diletakkan pada dirinya oleh Organisasi Miss World bahwa ia harus mengundurkan diri untuk menyelamatkan mereka dari malu yang mungkin timbul.

Menjawab pertanyaan dari media, pemilik Miss World, Eric Morley menyatakan bahwa keluhan datang dari fakta bahwa Miss Britania Raya memiliki seorang bayi, tetapi hal ini tidak melanggar aturan apa pun dari kontes. Eric mengatakan bahwa aturan akan berubah agar tidak memungkinkan bagi seorang ibu untuk mengambil bagian dalam kompetisi ini, karena akan berdampak bagi sang bayi yang akan terlantar karena kesibukan ibu sebagai Miss World.[4]

"Complaints coming from the fact Miss United Kingdom have a baby, but this was not transgressing any rule of the contest. He said the rules will be change in order not allow to take part any mother, being single or married, because she were not able to pay attention her baby due the many duties as Miss World".

Eric Morley - El Anecdotario [4]

Runner-up pertama, Anneline Kriel dari Afrika Selatan, menggantikan posisi Morgan sebagai Miss World. Morgan menjadi pemenang Miss World pertama yang mengundurkan diri, dan pemenang Miss World kedua yang tidak menyelesaikan masa jabatannya sebagai Miss World, sepanjang sejarah. Sebelumnya, Marjorie Wallace dari Amerika Serikat dilengserkan dari jabatannya akibat "tidak mampu memenuhi persyaratan dasar sebagai Miss World"

Setelah Miss World[sunting | sunting sumber]

Diancam menjadi pihak yang disebutkan dalam perceraian - tindakan yang kemudian dijatuhkan - Morgan diizinkan untuk menjaga gelar nya yang lain. Dia mengundurkan diri dari bank, dan berkarier di dunia modeling, TV dan film.[3]

Morgan menikah dan pindah ke Surrey pada tahun 1980-an, dan memiliki dua anak lagi, Poppy dan Ben.[3] Dia kemudian meninggalkan Inggris, dan sekarang tinggal di Spanyol dengan suaminya Ronnie Lamb dan keluarga.

Pada tahun 2004, Morgan setuju untuk menjadi juri dalam Miss Wales 2004 di Swansea,[5] merayakan 30 tahun kompetisi yang dimenangkannya, sebagai pemenang saat itu ialah Amy Guy.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Wales Assembly with a difference for Miss Wales". BBC Wales. 1999-08-26. Diakses tanggal 2009-04-15. 
  2. ^ a b "Ex-Miss World in a different era". BBC Wales. 2004-09-10. Diakses tanggal 2009-04-15. 
  3. ^ a b c "Search for 'missing' Miss World". BBC Wales. 2004-07-23. Diakses tanggal 2009-04-15. 
  4. ^ a b Helen Morgan, Miss World 1974 for just 4 days
  5. ^ "'Lost' beauty queen is found". BBC Wales. 2004-09-01. Diakses tanggal 2009-04-15. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan prestasi
Didahului oleh:
Deidre Greenland
Miss Wales
1974
Diteruskan oleh:
Gina Kerler
Didahului oleh:
Veronica Ann Cross
Miss United Kingdom
1974
Diteruskan oleh:
Vicki Harris
Didahului oleh:
Bendera Amerika Serikat Marjorie Wallace
(dilengserkan)
Miss World
1974
(mengundurkan diri)
Diteruskan oleh:
Bendera Afrika Selatan Anneline Kriel