Grader

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Grader modern dengan blade tambahan di Jyvaskyla, Finlandia
Grader modern, di bagian depan

Sebuah grader, juga umum disebut road grader atau motor grader, adalah alat berat dengan pisau panjang yang digunakan untuk meratakan permukaan dalam proses perataan. Umumnya grader memiliki tiga as roda, dengan mesin dan kabin berada di atas as roda belakang di satu ujung kendaraan dan as ketiga pada bagian ujung depan kendaraan, dengan blade berada di antaranya. Di beberapa negara, seperti Finlandia, hampir setiap grader dilengkapi dengan blade kedua yang ditempatkan di bagian depan as roda depan. Beberapa pekerja konstruksi sering menyebut keseluruhan mesin sebagai "blade". Rentang kapasitas blade adalah dari 2,50 sampai 7.30 m serta rentang kapasitas mesin mulai dari 93–373 kW (125–500 hp). Beberapa grader dapat mengoperasikan beberapa alat tambahan, atau digunakan untuk pekerjaan yang berbeda seperti penambangan bawah tanah.

Dalam teknik sipil, fungsi grader adalah untuk "penyelesaian akhir" (tepatnya untuk memperbaiki atau mengatur). "Perataan kasar" biasanya dilakukan oleh alat berat atau kendaraan konstruksi seperti scraper dan buldoser.

Grader biasanya digunakan dalam konstruksi dan pemeliharaan jalan tanah dan jalan berkerikil. Pada konstruksi jalan aspal grader biasa digunakan untuk menyiapkan landasan dasar, untuk membuat permukaan datar tempat aspal akan dilapiskan. Grader juga digunakan untuk membuat landasan fondasi tanah sebelum pembangunan gedung-gedung besar. Grader dapat membuat permukaan miring pada jalan. Di beberapa negara grader digunakan untuk membuat parit dengan penampang berbentuk V yang dangkal di sisi jalan raya.

Inovasi terkini dari grader adalah disertakannya teknologi kendali perataan, seperti yang diproduksi oleh Topcon Positioning Systems, Inc., Trimble Navigation, Leica Geosystems atau Mikrofyn[1] untuk kendali perataan yang presisi dan konstruksi (yang berpotensi) "tanpa pancang". Produsen seperti Caterpillar juga telah mulai mengintegrasikan teknologi ini, seperti Cat Grade Control, ke mesin mereka. ([2])

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Grader pada tahun 1918

Grader dulunya ditarik oleh manusia dan hewan pekerja. Grader otomatis pertama dibuat oleh Russell Grader Manufacturing Company pada tahun 1920, yang disebut Russell Motor Hi-Way Patrol. Grader pertama ini dibuat dengan menambahkan blade perata sebagai tambahan pada unit traktor biasa. Setelah membeli perusahaan ini pada tahun 1928, Caterpillar kemudian mengintegrasikan traktor dan perata dalam satu desain—pada saat yang bersamaan menggantikan crawler dengan roda untuk menghasilkan grader otomatis beroda ban pertama, Caterpillar Auto Patrol, dirilis ada tahun 1931.[3]

Penggunaan regional[sunting | sunting sumber]

Di beberapa tempat seperti Eropa Utara, Kanada, dan tempat-tempat di Amerika Serikat, grader sering digunakan dalam pembersihan salju di kota dan wilayah pemukiman. Di semak belukar dan padang rumput Australia dan Afrika, grader seringkali merupakan bagian penting dari peralatan pada peternakan besar, peternakan, dan perkebunan untuk membuat jalan tanah di mana buldoser tidak diperlukan.

Grader dengan alat tambahan berupa penyapu

Produsen[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.mikrofyn.com
  2. ^ http://www.cat.com/en_US/articles/support/technology/grade-control-motorgraders.html
  3. ^ Orlemann, Eric (2007). "The Caterpillar Century" (edisi ke-2nd). Motorbooks International. hlm. 118. ISBN 978-0-7603-2961-0. Diakses tanggal 7 March 2012. 

Tautan eksternal[sunting | sunting sumber]