Golden Kamuy (musim 1)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Golden Kamuy (season 1))
Golden Kamuy
Musim 1
Gambar sampul volume pertama versi Blu-ray
Negara asalJepang
Jml. episode12
Rilis
Jaringan asli
Tanggal disiarkan9 April (2018-04-09) –
25 Juni 2018 (2018-6-25)
Kronologi Musim
Berikutnya →
Musim ke-2

Golden Kamuy adalah sebuah seri anime asal Jepang produksi tahun 2018, yang didasarkan dari seri manga berjudul sama karya Satoru Noda. Seri anime ini diumumkan pada bulan Juli 2017 di dalam majalah Weekly Young Jump.[1] Musim pertamanya disutradarai oleh Hitoshi Nanba, kemudian ada Noboru Takagi sebagai penulis skenario,[2] Kenichiro Suehiro sebagai pencipta musik,[3] dan Kenichi Ohnuki sebagai desainer karakternya.[2][3] Sama seperti manga-nya, Hiroshi Nakagawa, seorang pakar bahasa Ainu dari Universitas Chiba, berperan sebagai pengawas bahasa Ainu untuk seri anime ini.[3] Seri anime ini ditayangkan sejak tanggal 9 April hingga 25 Juni 2018 pada saluran Tokyo MX, ytv, STV, dan BS11 sebanyak 12 episode.[4][5] Lagu tema pembukanya adalah "Winding Road" yang dibawakan oleh Man with a Mission, sedangkan lagu tema penutupnya yang berjudul "Hibana" dibawakan oleh The Sixth Lie.[4]

Seri anime ini ditayangkan secara simulcast oleh Crunchyroll, sementara versi sulih suara bahasa Inggrisnya ditayangkan secara streaming di Funimation sejak tanggal 30 April 2018.[6][7] Musim pertama ini juga dirilis dalam bentuk tiga volume DVD dan Blu-ray di Jepang sejak bulan Juli 2018. Versi tersebut awalnya direncanakan untuk dirilis sejak bulan Juni, tetapi ditunda selama sebulan dalam rangka meningkatkan kualitas adegannya—dibandingkan dengan versi yang disiarkan pada televisi. Versi tersebut juga mencantumkan episode-episode Golden Dōga Gekijō berdurasi pendek, termasuk empat episode yang dikhususkan untuk volume pertama.[8]

Daftar episode[sunting | sunting sumber]

No.Judul [a][9]SutradaraPenulis skenarioTanggal tayang asli [10]
1"Wenkamuy"
Transkripsi: "Wenkamui" (Jepang: ウェンカムイ)
Takahiro KawakoshiNoboru Takagi9 April 2018 (2018-04-09)
Seorang veteran Perang Rusia-Jepang bernama Saichi Sugimoto—yang dijuluki "Manusia Abadi", mencari emas di Hokkaido demi membantu istri dari temannya yang gugur di medan perang, Toraji. Kenalannya yang bernama Gotō—dalam keadaan mabuk—menceritakan kisah tentang Nopperabo, seorang pria yang membunuh sekelompok orang dari suku Ainu dan mencuri emas mereka. Ia menyembunyikan emas curian tersebut di tempat yang tidak diketahui dan memberikan petunjuk dalam bentuk sebuah peta yang ditatokan kepada dua puluh empat narapidana yang berhasil kabur. Sugimoto ragu akan kebenaran cerita tersebut, sampai Gotō yang telah tersadar mencoba membunuhnya. Tak lama kemudian, Gotō dibunuh oleh seekor beruang, dan Sugimoto menyadari bahwa Gotō memiliki tato sebagaimana yang dideskripsikan pada cerita tersebut. Asirpa, seorang gadis dari suku Ainu, dan Retar, seekor serigala Hokkaido, datang untuk menyelamatkan Sugimoto. Sugimoto menceritakan kisah tersebut, dan Asirpa mengungkapkan bahwa ayahnya merupakan salah satu orang suku Ainu yang dibunuh oleh Nopperabo. Sugimoto dan Asirpa setuju untuk bekerja sama dalam mencari emas tersebut.
2"Nopperabo"
Transkripsi: "Nopperabō" (Jepang: のっぺら坊)
Shigeki AwaiNoboru Takagi16 April 2018 (2018-04-16)
Sugimoto dan Asirpa pergi ke kota Otaru untuk mencari para narapidana bertato, dan berhasil menangkap salah satunya ketika orang tersebut membuntuti mereka ke hutan. Ketika Asirpa sedang menyalin tatonya, seseorang menembak narapidana tersebut dari jarak jauh dan menewaskannya. Sugimoto bertarung melawan sang penembak—Hyakunosuke Ogata, seorang prajurit dari Divisi ke-7 Angkatan Darat Kekaisaran Jepang—yang jatuh ke dalam sungai dan diselamatkan oleh rekan-rekannya dari Divisi ke-7. Sugimoto dan Asirpa menangkap narapidana kedua, Shiraishi Yoshitake, seorang ahli melarikan diri yang kabur dengan cara memotong tali yang mengikatnya. Sugimoto mengejarnya tetapi mereka berdua jatuh ke dalam sungai yang suhunya membeku. Keduanya akhirnya setuju untuk bekerja sama demi terhindar dari hipotermia. Yoshitake mengungkapkan bahwa pemimpin dari para narapidana adalah Hijikata Toshizō.
3"Kamuy Mosir"
Transkripsi: "Kamui Moshiri" (Jepang: カムイモシㇼ)
Shigeru FukaseNoboru Takagi23 April 2018 (2018-04-23)
Sugimoto dan Asirpa dicari oleh para prajurit dari Divisi ke-7. Seorang prajurit bernama Genjirō Tanigaki menemukan Asirpa, tetapi dia dihalangi oleh Retar. Sugimoto lolos dari upaya penangkapan setelah masuk ke dalam gua beruang. Si beruang keluar dan membunuh para prajurit sebelum dirinya sendiri mati akibat luka. Sugimoto dan Asirpa membawa bayi beruang yang ditemukan di dalam gua ke desa Asirpa, dan mengunjungi nenek Asirpa ("Huci"). Letnan Tokushirou Tsurumi, sang pemimpin Divisi ke-7, menggelar upaya pencarian terhadap para prajurit bawahannya yang hilang. Di sisi lain, di suatu rumah bordil di Otaru, Hijikata menemukan seorang narapidana bertato yang bernama Ushiyama Tatsuma, dan menawarkannya untuk bekerja sama mencari para narapidana bertato yang lain.
4"Grim Reaper"
Transkripsi: "Shinigami" (Jepang: 死神)
Yūsuke OnodaShingo Irie30 April 2018 (2018-04-30)
Sugimoto meninggalkan desa dan pergi ke Otaru sendirian. Di sana, dia mendengar kabar tentang insiden yang melibatkan Ushiyama. Ia kemudian ditangkap oleh Tsurumi, yang menuduhnya telah membunuh para prajurit. Asirpa dan Retar melacak keberadaan Sugimoto dan menemukan Shiraishi, yang memberitahukan lokasi Sugimoto kepada Asirpa.
5"Race"
Transkripsi: "Kakeru" (Jepang: 駆ける)
Akira TobaSachio Yanai7 Mei 2018 (2018-05-07)
Sugimoto disiksa oleh prajurit kembar bernama Youhei dan Kouhei Nikaidō. Shiraishi menyusup ke dalam sel Sugimoto dan melepaskan ikatannya. Sugimoto kemudian membunuh Youhei. Ia memalsukan luka parah dengan memanfaatkan isi perut Youhei, dan berhasil kabur serta bertemu kembali dengan Asirpa. Saat mereka sedang berburu, Asirpa dan Sugimoto menemukan jejak dua orang: Tanigaki dan Tetsuzō Nihei, seorang pemburu beruang yang terkenal.
6"Hunter's Soul"
Transkripsi: "Ryōshi no Tamashī" (Jepang: 猟師の魂)
Michita ShiraishiAya Yoshinaga14 Mei 2018 (2018-05-14)
Nihei memberi tahu Tanigaki bahwa dirinya berniat untuk memburu Retar, serigala Hokkaido yang terakhir. Asirpa dan Sugimoto bertemu dengan Shiraishi, yang memberi tahu keduanya bahwa Nihei adalah salah satu narapidana bertato. Asirpa, Sugimoto, dan Shiraishi melacak keberadaan para pemburu tersebut dan menyergap mereka.
7"Complication"
Transkripsi: "Sakusō" (Jepang: 錯綜)
Kiyoshi EgamiAtsuo Ishino21 Mei 2018 (2018-05-21)
Sugimoto dan Shiraishi bertarung melawan Nihei, sementara Tanigaki menangkap Asirpa. Tanigaki terkena panah beracun setelah tak sengaja menginjak jebakan rusa, tetapi nyawanya diselamatkan oleh Asirpa. Retar datang menolong Asirpa bersama pasangannya—seekor serigala abu-abu, yang menyerang dan membunuh Nihei. Tanigaki dibawa ke desa Asirpa untuk dirawat, dan dia memberi tahu mereka bahwa Tsurumi berniat untuk menggunakan emas tersebut untuk melancarkan kudeta militer demi membentuk negara Hokkaido yang merdeka. Di suatu rumah bordil, Ushiyama menemukan Shiraishi dan mengejarnya.
8"Eyes of a Murderer"
Transkripsi: "Satsujinki no Me" (Jepang: 殺人鬼の目)
Kazuomi KogaShingo Irie28 Mei 2018 (2018-05-28)
Tertangkap oleh Ushiyama, Shiraishi ditekan oleh Hijikata untuk berperan sebagai mata-matanya di dalam kelompok Sugimoto. Sugimoto, Asirpa, dan Shiraishi mendengar rumor tentang Henmi Kazuo, seorang narapidana bertato yang juga pembunuh psikopat. Ketiganya pergi berburu ikan paus dan tidak menyadari bahwa orang yang mereka tolong—yang terjatuh dari kapal—adalah Henmi. Henmi menyembunyikan tatonya, tetapi dirinya bersumpah untuk membunuh Sugimoto atau mati ketika melakukannya.
9"Gleaming"
Transkripsi: "Kirameku" (Jepang: 煌めく)
Shigeru FukaseAya Yoshinaga4 Juni 2018 (2018-06-04)
Henmi dan Sugimoto ditemukan oleh para prajurit dari Divisi ke-7. Selagi berusaha kabur, Henmi mencoba untuk membunuh Sugimoto, dan keduanya terlibat dalam pergulatan sengit sampai Sugimoto menusuknya secara fatal. Seekor ikan paus orca muncul dan mengambil tubuh Henmi, meskipun Sugimoto, Shiraishi, dan Asirpa mampu merebutnya kembali. Di tempat lain, Ogata dan Nikaidō menemukan keberadaan Tanigaki di desa Asirpa, dan menuduhnya membunuh rekan-rekannya serta berkhianat kepada Divisi ke-7. Tanigaki menyadari adanya faksi-faksi yang bertikai di dalam Divisi ke-7, dan dia bersiap untuk melindungi dirinya sendiri.
10"Fellow Traveler"
Transkripsi: "Michizure" (Jepang: 道連れ)
Michita ShiraishiDaishirō Tanimura11 Juni 2018 (2018-06-11)
Tanigaki—seorang Matagi—kabur dari para pengejar menggunakan keahliannya dalam bidang berburu dan membuat jebakan. Tsurumi tiba dan memaksa Nikaidō untuk mengungkap siapa pengkhianat di Divisi ke-7—setelah memotong telinganya, sementara Ogata berhasil menghindari penangkapan. Di tempat lain, Shiraishi ditarik oleh ikan salmon raksasa setelah jatuh ke dalam sungai, tetapi dia ditolong oleh Kiroranke, mantan teman dari ayah Asirpa. Kiroranke mengungkapkan bahwa ayah Asirpa adalah Nopperabo, yang sekarang berada di Penjara Abashiri. Mereka mulai melakukan perjalanan ke Abashiri demi melakukan konfrontasi terhadap Nopperabo.
11"Everybody, Get Together! It's a Murder Hotel!"
Transkripsi: "Satsujin Hoteruda yo zen'in shūgō!!" (Jepang: 殺人ホテルだよ全員集合!!)
Yutaka HirataShingo Irie18 Juni 2018 (2018-06-18)
Kelompok Sugimoto dan Ushiyama secara terpisah memeriksa suatu hotel yang dikelola oleh Ienaga Kano, mantan narapidana bertato yang membunuh dan memakan tamu-tamu di hotelnya. Shiraishi dan Ushiyama disekap di ruang penyiksaan bawah tanah sedangkan Ienaga mencoba untuk membunuh Asirpa, tetapi upayanya digagalkan oleh Sugimoto. Serangkaian kejadian akhirnya memicu ledakan yang menghancurkan hotel tersebut, mengubur Ushiyama dan Ienaga di reruntuhannya. Kelompok Sugimoto melanjutkan perjalanan mereka ke Penjara Abashiri.
12"Trickster Fox"
Transkripsi: "Taburakasu Kitsune" (Jepang: 誑かす狐)
Akira TobaNoboru Takagi25 Juni 2018 (2018-06-25)
Shiraishi bertemu dengan Ushiyama dan Ienaga—yang selamat dari ledakan, tetapi dia tidak memberitahukan tentang pertemuan tersebut kepada Sugimoto. Kelompok Sugimoto bertemu dengan Inkarmat, seorang peramal keberuntungan Ainu yang tidak dipercayai oleh Asirpa. Shiraishi membawa Inkarmat ke lomba pacuan kuda, dan dia memenangkan taruhan sebanyak dua kali sesuai dengan ramalan Inkarmat. Kiroranke bertemu dengan teman lamanya di pacuan kuda, yang memintanya untuk menunggangi seekor kuda dan berpartisipasi dalam lomba, serta harus mengalah atas permintaan seorang bos yakuza. Shiraishi mempertaruhkan seluruh uangnya untuk lomba terakhir ini, tetapi lomba terakhir tersebut justru dimenangkan oleh Kiroranke, yang tidak menghiraukan permintaan bos yakuza. Di Barato, Ogata bertemu dengan Hijikata dan bergabung dengan kelompoknya.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Seluruh judul dalam bahasa Inggris diambil dari Crunchyroll.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Satoru Noda's Golden Kamuy Manga Gets TV Anime". Anime News Network. 31 Juli 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 31 Juli 2017. Diakses tanggal 31 Juli 2017. 
  2. ^ a b "Fate/Grand Order's Hitoshi Nanba Directs Golden Kamuy Anime at Geno Studio". Anime News Network. 16 Oktober 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 Oktober 2017. Diakses tanggal 16 Oktober 2017. 
  3. ^ a b c "Golden Kamuy Anime's 1st Promo Video Reveals April Premiere". Anime News Network. 13 Desember 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 Desember 2017. Diakses tanggal 14 Desember 2017. 
  4. ^ a b Hodkins, Crystalyn (2 April 2018). "Golden Kamuy Anime Listed with 12 Episodes". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 April 2018. Diakses tanggal 2 April 2018. 
  5. ^ Chapman, Paul (5 Maret 2018). "Golden Kamuy TV schedule". Crunchyroll. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 Maret 2018. Diakses tanggal 6 Maret 2018. 
  6. ^ "Funimation Announces 9 Titles for Spring Season Dub Lineup, Including Same-Day Tokyo Ghoul:re Dub". Anime News Network. 28 Maret 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 Maret 2018. Diakses tanggal 28 Maret 2018. 
  7. ^ Ressler, Karen (12 April 2018). "Funimation Announces Spring SimulDub Premiere Dates". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 April 2018. Diakses tanggal 16 April 2018. 
  8. ^ Pineda, Rafael Antonio (15 Mei 2018). "Golden Kamuy Anime's BDs/DVDs Delayed by 1 Month Each". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 Mei 2018. Diakses tanggal 15 Mei 2018. 
  9. ^ ストーりー. Golden Kamuy Anime Official Website (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 April 2018. Diakses tanggal 11 April 2018. 
  10. ^ 放送情報. Tokyo MX (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 April 2018. Diakses tanggal 17 April 2018.