Perbatasan Aksai Chin–Tiongkok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Peta yang menunjukkan garis Macartney–MacDonald dalam warna hijau

Perbatasan Aksai Chin–Tiongkok atau lebih dikenal Garis Macartney–MacDonald adalah sebuah perbatasan yang diusulkan di wilayah sengketa Aksai Chin. Garis ini diusulkan oleh Pemerintah India Britania kepada Tiongkok pada tahun 1899 melalui utusannya di Tiongkok, Sir Claude MacDonald. Pemerintah Tiongkok tidak pernah memberi tanggapan apa pun atas proposal tersebut. Selanjutnya, Pemerintah India Britania dikatakan telah kembali ke batas tradisionalnya, Garis Johnson.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Peta yang diberikan oleh Hung Ta-chen kepada konsul Britania di Kashgar pada tahun 1893. Batas tersebut, ditandai dengan garis titik putus-putus tipis, sesuai dengan garis Johnson bagi Aksai Chin.[2]

William Johnson, seorang pegawai negeri bersama Survey of India mengusulkan "Garis Johnson" pada tahun 1865, yang menempatkan Aksai Chin di Kashmir. Garis batas ini diterima oleh Tiongkok hingga 1893, ketika Hung Ta-chen, seorang pejabat senior Tiongkok di St. Petersburg,[a] memberkan peta kawasan ini kepada George Macartney, konsul Britania di Kashgar, yang bersesuaian dengan garis tersebut dalam rincian yang luas.[3]

Namun, pada 1896, Tiongkok menunjukkan minatnya terhadap Aksai Chin, dilaporkan dengan dorongan Rusia.[4] Sebagai bagian dari The Great Game antara Britania dan Rusia, Britania memutuskan pada batas yang direvisi menyerahkan wilayah perbatasan yang di bawah penduduk untuk "diisi" oleh Tiongkok. Awalnya disarankan oleh Macartney di Kashgar dan dikembangkan oleh Gubernur Jenderal India Lord Elgin. Batas baru menempatkan dataran Lingzi Tang, yang berada di selatan Laktsang, di India, dan Aksai Chin yang tepat, berada di utara rentang Laktsang, di Tiongkok.[5] Britania mempresentasikan garis ini, yang saat ini disebut garis Macartney–MacDonald, kepada orang Tiongkok dalam sebuah catatan oleh Sir Claude MacDonald, utusan Britania di Peking.[5] Pemerintah Qing tidak menanggapi catatan itu. Cendekiawan Fisher, Rose, dan Huttenback berkomentar:

Garis Macartney–MacDonald adalah basis parsial bagi Perjanjian Tiongkok-Pakistan. Telah disarankan bahwa solusi bagi sengketa perbatasan Tiongkok-India dapat pula didasarkan pada Garis Macartney–MacDonald.[7][8]

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Garis Macartney–MacDonald dijelaskan sebagai berikut:

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mehra, An "agreed" frontier 1992, hlm. 103: "Huang Tachin (disebut pula Hung Chun atau Hung Tajen) adalah seorang diplomat Tiongkok yang terakreditasi ke Rusia serta Jerman, Austria-Hungaria dan Belanda pada tahun 1887-90. Selama tahun-tahun ini ia menerjemahkan serangkaian tiga puluh lima peta ke dalam bahasa Tionghoa, berkaitan dengan sebagian besar perbatasan Tiongkok-Rusia."

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hoffmann, India and the China Crisis 1990, hlm. 12–13.
  2. ^ Woodman, Himalayan Frontiers 1970, hlm. 73, 78.
  3. ^ Woodman, Himalayan Frontiers 1970, hlm. 73, 78: "Clarke added that a Chinese map drawn by Hung Ta-chen, Minister in St. Petersburg, confirmed the Johnson alignment showing West Aksai Chin as within British (Kashmir) territory."
  4. ^ Fisher, Rose & Huttenback, Himalayan Battleground 1963, hlm. 68–69.
  5. ^ a b c Calvin, James Barnard (April 1984). "The China-India Border War" (dalam bahasa Inggris). Marine Corps Command and Staff College. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-11-11. Diakses tanggal 14 Oktober 2011. 
  6. ^ Fisher, Rose & Huttenback, Himalayan Battleground 1963, hlm. 69.
  7. ^ Verma, Colonel Virendra Sahai. "Sino-Indian Border Dispute At Aksai Chin - A Middle Path For Resolution" (PDF) (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan (PDF) dari versi asli tanggal 2013-10-19. Diakses tanggal 28 Agustus 2013. 
  8. ^ "China was the Aggrieved; India, Aggressor in '62", Kai Friese interview Neville Maxwell Diarsipkan 2019-05-05 di Wayback Machine., Outlook, 22 Oktober 2012.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]