Perjanjian Umum Tarif dan Perdagangan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari GATT)
Lompat ke: navigasi, cari

Perjanjian Umum Tarif dan Perdagangan (bahasa Inggris: General Agreement on Tariffs and Trade atau GATT) adalah suatu perjanjian multilateral yang mengatur perdagangan internasional. Berdasarkan mukadimahnya, tujuan perjanjian ini adalah "pengurangan substansial atas tarif dan hambatan perdagangan lainnya dan penghapusan preferensi, berdasarkan asas timbal balik dan saling menguntungkan." Perjanjian ini dinegosiasikan selama Konferensi Perdagangan dan Ketenagakerjaan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan merupakan hasil dari kegagalan negosiasi antarbangsa untuk menciptakan Organisasi Perdagangan Internasional (International Trade Organization atau ITO). GATT ditandatangani oleh 23 negara di Jenewa, Swiss, pada tanggal 30 Oktober 1947 dan mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 1948. GATT berlaku hingga penandatanganan Perjanjian Putaran Uruguay oleh 123 negara di Marrakesh, Maroko, pada tanggal 14 April 1994, yang menetapkan berdirinya Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization atau WTO) pada tanggal 1 Januari 1995.

Naskah asli GATT (GATT 1947) masih berlaku dalam kerangka kerja WTO, berdasarkan perubahan GATT 1994.[1]

Putaran[sunting | sunting sumber]

GATT telah menyelenggarakan secara keseluruhan sembilan putaran.

Putaran GATT dan WTO[2]
Nama Mulai Durasi Negara Cakupan Capaian
Bendera SwissJenewa April 1947 7 bulan 23 Tarif Penandatanganan GATT, 45.000 konsesi tarif dengan pengaruh perdagangan senilai $10 milyar
Bendera PerancisAnnecy April 1949 5 bulan 34 Tarif Pertukaran sekitar 5.000 konsesi tarif
Bendera Britania RayaTorquay September 1950 8 bulan 34 Tarif Pertukaran sekitar 8.700 konsesi tarif, memotong tingkat tarif 1948 sebesar 25%
Bendera SwissJenewa II Januari 1956 5 bulan 22 Tarif, diterima masuknya Jepang pengurangan tarif $2,5 milyar
Bendera SwissDillon September 1960 11 bulan 45 Tarif Konsesi tarif senilai $4,9 milyar perdagangan dunia
Bendera SwissKennedy Mei 1964 37 bulan 48 Tarif, Antidumping Konsesi tarif senilai $40 milyar dunia perdagangan
Bendera JepangTokyo September 1973 74 bulan 102 Tarif, ukuran-ukuran nontarif, perjanjian "kerangka kerja" Pengurangan tarif senilai lebih dari $300 milyar
Bendera UruguayUruguay September 1986 87 bulan 123 Tarif, ukuran-ukuran nontarif, aturan-aturan, jasa, kekayaan intelektual, penyelesaian sengketa, tekstil, pertanian, pembentukan WTO, dll. Putaran ini berujung pada pembentukan WTO dan perluasan jangkauan negosiasi perdagangan, yang mengarah pada pengurangan besar dalam tarif (sekitar 40%) dan subsidi pertanian, sebuah perjanjian yang memungkinkan akses penuh untuk tekstil dan pakaian jadi dari negara-negara berkembang, serta perluasan hak-hak kekayaan intelektual.
Bendera QatarDoha November 2001 ? 159 Tarif, ukuran-ukuran nontarif, pertanian, standar tenaga kerja, lingkungan, kompetisi, investasi, transparansi, paten, dll. Putaran ini masih belum berakhir. Paket Bali ditandatangani pada tanggal 7 Desember 2013.

Putaran Annecy: 1949[sunting | sunting sumber]

Putaran kedua diselenggarakan pada tahun 1949 di Annecy, Perancis. Tiga belas negara ikut ambil bagian dalam putaran ini. Fokus utama pembicaraan lebih pada pengurangan tarif dengan total sekitar 5000 tarif.

Putaran Torquay: 1951[sunting | sunting sumber]

Putaran ketiga terjadi di Torquay, Inggris tahun 1951. Dalam putaran ini 38 negara ikut serta. Diperoleh 8.700 konsesi tarif dengan hasil, sehingga menyisakan 75% dari tarif yang berlaku tahun 1948. Penolakan sementara dari Amerika Serikat terhadap Piagam Havana menandai pembentukan GATT sebagai badan dunia yang bersifat mengatur.

Putaran Jenewa: 1955-1956[sunting | sunting sumber]

Putaran keempat kembali diadakan di Jenewa tahun 1955 dan berlangsung hingga Mei 1956. Ada 26 negara ikut ambil bagian. Tarif dengan nominal $2,5 miliar dihapuskan atau dikurangi.

Putaran Dillon: 1960-1962[sunting | sunting sumber]

Putaran kelima sekali lagi mengambil tempat di Jenewa dan berlangsung tahun 1960-1962. Nama putaran ini diambil dari nama Menteri Keuangan dan mantan Wakil Menteri Luar Negeri A.S., Douglas Dillon, yang pertama kali mengusulkan putaran ini. Putaran ini diikuti oleh 26 negara. Selain mengurangi lebih dari $4,9 miliar dalam tarif, putaran ini juga menghasilkan diskusi yang berkaitan dengan pembentukan Masyarakat Ekonomi Eropa (European Economic Community atau EEC)

Putaran Kennedy: 1962-1967[sunting | sunting sumber]

Putaran keenam negosiasi perdagangan multilateral GATT diadakan dari tahun 1963 hingga 1967. Putaran ini diberi nama salah seorang Presiden A.S., John F. Kennedy, sebagai penghargaan terhadap dukungannya untuk merumuskan kembali agenda perdagangan A.S., yang menghasilkan Undang-Undang Ekspansi Perdagangan 1962. Undang-undang itu memberikan otoritas terbesar bagi Presiden A.S. untuk negosiasi.

Putaran Dillon berjalan melalui proses yang melelahkan karena negosiasi tarif dilakukan satu per satu. Oleh karena itu, jauh sebelum putaran berakhir, disadari bahwa pendekatan yang lebih komprehensif dibutuhkan untuk menghadapi tantangan yang akan muncul hasil dari pembentukan EEC dan Asosiasi Perdagangan Bebas Eropa (European Free Trade Association atau EFTA), serta karena munculnya kembali Eropa sebagai pelaku perdagangan internasional yang signifikan secara umum.

Tingkat pertumbuhan ekonomi Jepang yang tinggi merupakan pertanda bahwa Jepang akan memainkan peran besar sebagai eksportir, tetapi titik fokus Putaran Kennedy tetap pada hubungan antara A.S. dan EEC. Dan pada kenyataannya ada pandangan berpengaruh Amerika yang melihat bahwa Putaran Kennedy adalah awal dari sebuah kemitraan trans-Atlantik yang pada akhirnya mengarah pada masyarakat ekonomi trans-Atlantik.

Pandangan tersebut meluas tersebar ke Eropa, tapi proses penyatuan Eropa menciptakan tekanan sendiri di bawah tekanan Putaran Kennedy yang kemudian bukan menjadi fokus utama bagi EEC. Contoh hal ini adalah veto Perancis atas keanggotaan Inggris pada Januari 1963, sebelum Putaran Kennedy dimulai.

Putaran Tokyo: 1973-1979[sunting | sunting sumber]

Putaran ini mengurangi tarif dan menetapkan aturan-aturan baru yang ditujukan untuk mengendalikan proliferasi hambatan-hambatan nontarif dan pembatasan ekspor sukarela. Dalam putaran ini 102 negara ikut serta dan konsesi yang dibuat bernilai $190 miliar.

Putaran Uruguay: 1986-1994[sunting | sunting sumber]

Putaran Uruguay Round dimulai tahun 1986. Putaran ini adalah yang paling ambisius, dengan harapan memperluas kompetensi GATT pada area-area baru yang penting, seperti jasa, modal, kekayaan intelektual, tekstil, dan pertanian. Ada 123 negara ikut serta. Putaran Uruguay juga negosiasi perdagangan multilateral pertama yang melibatkan negara-negara berkembang yang telah memainkan peran aktif.

Pertanian pada dasarnya dibebaskan dari perjanjian-perjanjian sebelumnya karena pertanian diberikan status khusus dalam hal kuota impor dan subsidi ekspor, dengan hanya peringatan ringan. Tetapi, pada Putaran Uruguay, banyak negara menganggap pengecualian pertanian menjadi hal yang cukup menarik perhatian karena empat belas negara menolak menandatangani kesepakatan baru tanpa ada pergerakan pada produk-produk pertanian. Keempat belas negara tersebut kemudian dikenal dengan nama "Kelompok Cairns" dan termasuk di dalamnya sebagian besar eksportir produk pertanian berskala kecil dan menengah, seperti Australia, Brasil, Kanada, Indonesia, dan Selandia Baru.

Perjanjian Pertanian dari Putaran Uruguay berlanjut menjadi perjanjian liberalisasi perdagangan paling substansial dalam sejarah negosiasi perdagangan. Tujuan perjanjian ini adalah untuk meningkatkan akses pasar bagi produk-produk pertanian, mengurangi dukungan domestik terhadap pertanian dalam bentuk subsidi yang mendistorsi harga dan kuota, menghapuskan subsidi ekspor produk pertanian secara bertahap, dan untuk menyelaraskan sejauh mungkin ukuran-ukuran sanitasi dan fitosanitasi di antara negara-negara anggota.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ World Trade Organization: WTO legal texts; General Agreement on Tariffs and Trade 1994
  2. ^ a) The GATT years: from Havana to Marrakesh, World Trade Organization
    b) Timeline: World Trade Organization – A chronology of key events, BBC News
    c) Brakman-Garretsen-Marrewijk-Witteloostuijn, Nations and Firms in the Global Economy, Chapter 10: Trade and Capital Restriction

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Aaronson Susan A. Trade and the American Dream: A Social History of Postwar Trade Policy & co (1996)
  • Irwin, Douglas A. "The GATT in Historical Perspective," American Economic Review Vol. 85, No. 2, (Mei, 1995), pp. 323–328 dalam JSTOR
  • McKenzie, Francine. "GATT and the Cold War," Journal of Cold War Studies, Musim Panas 2008, 10#3 pp 78–109
  • Zeiler, Thomas W. Free Trade, Free World: The Advent of GATT (1999) pencarian kutipan dan teks

Pranala luar[sunting | sunting sumber]