Funkturm Berlin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Menara Funkturm dari kejauhan.
Funkturm dengan hiasan lampu biru

Funkturm (yang dalam bahasa Jerman berarti Menara Radio) adalah menara pemancar yang terletak di pusat kota Berlin, Jerman, menara ini dibangun antara tahun 1924 dan 1926 oleh Heinrich Straumer. Menara ini dijuluki sebagai Der Lange Lulatsch (yang berarti Lelaki Jangkung) dan merupakan salah satu markah tanah yang terkenal di Berlin. Menara ini berdiri di pameran perdagangan Berlin di daerah Charlottenburg-Wilmersdorf. Menara ini sekarang adalah markah tanah yang dilindungi.

Pembangunan[sunting | sunting sumber]

Menara ini dibangun dengan metode pembangunan menara rangka besi, sama dengan metode pembangunan Menara Eiffel di Paris. Menara radio setinggi 150 meter dan berat 600 metrik ton ini awalnya dibangun sebagai pemancar, namun menara ini ditambahkan restoran pada ketinggian 52 meter, dan platform pengamatan pada ketinggian 125 meter. Pengunjung dapat pergi ke restoran dan platform dengan lift dengan kecepatan 4 meter per detik.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 22 Maret, 1935, siaran program televisi pertama dipancarkan dari atas menara tersebut. Sejak 1962, menara ini tidak lagi memancarkan siaran televisi. Sejak 1973, menara radio ini tidak lagi digunakan untuk memancarkan siaran-siaran radio, namun menara ini masih digunakan untuk radio amatir, radio polisi, dan layanan telepon seluler. Renovasi penuh terakhir dilakukan pada tahun 1987 dalam perayaan penemuan kota Berlin ke-750.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]