Friedrich IV dari Austria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Anonym Herzog Friedrich IV. von Tirol.jpg

Friedrich IV, Adipati Austria Selanjutnya (1382 – 24 Juni 1439), juga dikenal sebagai Friedrich yang Berkantong Kosong, merupakan seorang adipati Habsburg Austria Selanjutnya dari tahun 1402, dan Provinsi Tirol dari tahun 1406, sampai kematiannya. Ia adalah putra Leopold III, Adipati Austria Dalam.

Pemerintahan Friedrich atas Tirol dan wilayah Habsburg yang tersebar di Jerman barat daya dan di Alsace ditujukan kolektif sebagai Vorderösterreich (antara lain, Austria Selanjutnya) disahkan pada tahun 1402 melalui sebuah partisi warisan ayahnya. Kemudian pada tahun 1406, kakandanya Leopold IV menyerahkan Tirol kepemerintahan tunggalnya ketika abang sulung mereka Wilhelm meninggal; dan Friedrich menjadi pemimpin tunggal di Austria Selanjutnya hanya setelah kematian Leopold pada tahun 1411. Tahun-tahun awal pemerintahan Friedrich ditandai oleh konflik dari luar dan dalam wilayahnya. Ia harus menghadapi para bangsawan lokal (yang memberinya julukan "Berkantong Kosong") pada tahun 1406/07, dan ia juga harus berhadapan dengan pergerakan bebas di Appenzell, yang menjadi wilayah perlindungan Konfederasi Swiss Kuno pada tahun 1411.

Ketika ia berpihak dengan Antipaus Yohanes XXIII di Konsili Konstanz, Kaisar Sigismund menempatkannya dibawah larangan Kerajaan. Berkat dukungan rakyat lokal ia berhasil menjaga Tirol, namun ia kehilangan Aargau, tanah air Habsburg Kuno, kepada Swiss.

Pada tahun 1425, pemerintahannya atas Tirol telah stabil, sebagian karena suksesnya permulaan tambang perak yang meningkatkan kemakmuran di daerah tersebut.

Friedrich juga memindahkan istananya dari Meran ke Innsbruck.

Pada tanggal 24 Desember 1407, Friedrich menikai Elisabeth von Pfalz (1381–1408), putri Ruprecht, Raja Jerman di Innsbruck, namun istrinya meninggal setahun kemudian.

Pada tanggal 11 Juni 1411 Friedrich menikahi Anna, putri Friedrich, Adipati Brunswick-Lüneburg; mereka memiliki seorang putra, Siegmund.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Didahului oleh:
Leopold IV, Adipati Austria
Adipati Austria Selanjutnya
1402–1439
Diteruskan oleh:
Siegmund
Didahului oleh:
Wilhelm yang Sopan
Pangeran Tirol
1406–1439
Diteruskan oleh:
Siegmund