Floyd Mayweather, Jr.

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Floyd Mayweather Jr.
Floyd Mayweather, Jr. at DeWalt event.jpg
Mayweather in June 2011
Statistik
Nama asliFloyd Joy Sinclair
Nama panggilanPretty Boy
Money
Tinggi1,73 (cm)
Mencapai72 in (183 cm)
KebangsaanAmerika Serikat
Lahir24 Februari 1977 (umur 45)
Grand Rapids, Michigan, Amerika Serikat
SikapOrthodox
Catatan tinju
Total perkelahian50
Menang50
Menang oleh KO27
Imbang0
Tanpa kontes0

Floyd Joy Mayweather Jr. atau yang bernama asli Floyd Joy Sinclair (lahir 24 Februari 1977) merupakan seorang petinju berkebangsaan Amerika Serikat.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Dari 18 Juli 2005 hingga 2 Juni 2008 ia dinilai oleh majalah Ring sebagai nomor untuk satu pound petinju di dunia. Mayweather telah memenangkan enam kejuaraan tinju dunia di lima kelas berat berbeda, ia adalah mantan juara kelas menengah WBC, gelar yang dia tinggalkan pada masa pensiunnya. Dia bernama Ring Magazine Fighter of the Year pada tahun 1998 dan 2007. Dia saat ini menduduki peringkat nomor 2 pound pon pejuang.Mayweather adalah atlet tinju tak terkalahkan dengan 40 menang termasuk 25 KO.

Floyd Mayweather, Jr lahir di Grand Rapids, Michigan, dengan ibunya. Ayahnya, Floyd Mayweather, Sr, adalah mantan pesaing kelas menengah. Pada kejuaraan amatirnya Mayweather memiliki rekor 84-6 dan memenangkan Golden Glove kejuaraan nasional pada tahun 1993 (di 106 lb), 1994 (di 114), dan 1996 (pada 125 lb). Ia diberi julukan ” Pretty Boy “oleh rekan tim amatir karena ia relatif sedikit bekas lukanya, akibat dari teknik defensif ayah (Floyd Mayweather, Sr) dan pamannya (Roger Mayweather) yang telah diajarkan kepadanya.

Dalam posisi defensif ortodoks, Mayweather seperti James Toney sering memanfaatkan ‘bahu roll’. Bahu roll teknik old school di dunia tinju di mana tangan kanan biasanya diangkat sedikit lebih tinggi dari biasanya, dalam posisi ini biasanya tangan kanan guna memblokir pukulan atau menutup bagian wajah yang no defense yaitu bagian pipi sebelah kanan, tangan kiri berada didepan, dan bahu kiri ditinggikan di pipi untuk menutupi dagu dan juga pipi sebelah kiri. Dari posisi ini, Mayweather biasanya melakukan blok, slip, dan mengalihkan sebagian besar lawan-lawannya sewaktu pukulan, bahkan ketika terpojok, dengan memutar kiri dan kanan mengikuti irama pukulan mereka. Tipe bertarung seperti biasanya menggunakan teknik counter untuk memukul lawan, karena petinju seperti ini lebih suka mengulur waktu dan membuat napas lawan habis terlebih dahulu.

Dalam olahraga lain[sunting | sunting sumber]

Gulat profesional[sunting | sunting sumber]

Mayweather muncul di acara bayar per tayang WWE's No Way Out pada 17 Februari 2008, di Las Vegas, Nevada. Dia terlibat dalam alur cerita pertengkaran dengan Big Show ketika Mayweather melompati barikade keamanan dan menyerang Big Show untuk membantu Rey Mysterio, yang diancam akan dicekik oleh Show. Mayweather awalnya mengambil peran babyface (karakter baik) dalam alur cerita, yang bertemu dengan beberapa perlawanan dari penggemar. Serangan itu mengakibatkan Big Show menerima patah hidung. Malam berikutnya di Raw, Big Show menantang Mayweather untuk pertandingan satu lawan satu Tanpa Diskualifikasi di WrestleMania XXIV, yang diterima Mayweather. Di WrestleMania, Mayweather mengalahkan Big Show dalam KO dengan buku-buku jari kuningan untuk mempertahankan rekor tak terkalahkannya. Mayweather dilaporkan dibayar $20 juta untuk pertarungan tersebut. 1 juta pembelian PPV dilaporkan untuk WrestleMania XXIV, menghasilkan pendapatan kotor $23,8 juta.

Mayweather adalah pembawa acara tamu untuk Raw di Las Vegas pada 24 Agustus 2009. Dia mengganggu pertandingan tag-team, yang mengakibatkan kerugian untuk Big Show dan rekannya Chris Jericho sebagai Mayweather memberikan buku-buku jari kuningan MVP untuk menjatuhkan Jericho, memberikan MVP dan mitra tag-team barunya Mark Henry kemenangan dan kesempatan untuk Unified WWE Tag Team Titles di WWE Breaking Point melawan Jeri-Show. Dia kemudian merayakannya dengan Henry dan MVP, memalingkan muka. Malamnya, dia terlibat dalam segmen di belakang panggung dengan Vince McMahon, D-Generation X, dan Carlito, membantu McMahon mempersiapkan pertandingan tim tag enam orangnya melawan The Legacy dan DX. Selama segmen tersebut, McMahon mengalahkan Carlito.

NASCAR[sunting | sunting sumber]

Mayweather menjadi pemilik tim balap The Money Team Racing yang berlomba di NASCAR Seri Piala. Tim ini melakukan debutnya dalam lomba Daytona 500 2022 bersama pembalap Kaz Grala.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]