Bagan alir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Flowchart)
Contoh bagan alir proses yang berhubungan dengan kerusakan lampu.
Contoh bagan alir untuk menghitung faktorial N (N!)

Bagan alir[1] atau diagram arus[2] (Inggris: flowchart) adalah sebuah jenis diagram yang mewakili algoritme, alir kerja atau proses, yang menampilkan langkah-langkah dalam bentuk simbol-simbol grafis, dan urutannya dihubungkan dengan panah.[3] Bagan ini mewakili ilustrasi atau penggambaran penyelesaian masalah. Bagan alir digunakan untuk menganalisis, mendesain, mendokumentasi atau memanajemen sebuah proses atau program di berbagai bidang.[4]

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Flowchart of a for loop

Bagan alir digunakan untuk mendesain dan mendokumentasi proses atau program sederhana. Seperti jenis diagram lainnya, diagram ini membantu menggambarkan apa yang sedang terjadi dan dengan demikian membantu mengerti sebuah proses. Dan mungkin saja menentukan kekurangan fitur, atau bagian yang kurang jelas didalam sebuah proses.

Terdapat beberapa bentuk bagan alir, dan setiap bentuk memiliki urutan dan peranan masing-masing. Dua bentuk persegi yang paling umum digunakan dalam diagram alir, yaitu:

  • Langkah pemrosesan, yang sering disebut dengan tindakan, dan dinotasikan sebagai persegi panjang
  • Keputusan, biasanya dinotasikan sebagai belah ketupat.

Simbol-Simbol[sunting | sunting sumber]

Gambar berikut adalah simbol bagan alir yang umum digunakan.

Gambar Nama Keterangan
Garis Alir Menunjukkan arah aliran algoritma, dari satu proses ke proses berikutnya.
Terminal Menunjukkan awal atau akhir sebuah proses.
Proses / Langkah Menyatakan kegiatan yang akan terjadi dalam diagram alir.
Titik Keputusan Proses / langkah di mana perlu adanya keputusan atau adanya kondisi tertentu. Di titik ini selalu ada dua keluaran untuk melanjutkan aliran kondisi yang berbeda.
Masukan / Keluaran Digunakan untuk mewakili data masuk, atau data keluar. Hanya bisa dimulai dari masukan menuju keluaran, bukan sebaliknya.
Anotasi Melambangkan komentar tentang suatu atau beberapa bagian dari diagram alir. Tentu saja, komentar tidak memiliki dampak apapun terhadap proses yang berlangsung.
Proses yang telah ditentukan sebelumnya Digunakan untuk menunjukkan suatu proses yang begitu kompleks, sehingga tidak bisa dijelaskan di diagram alir ini dan merujuk pada diagram alir yang terpisah.
Persiapan / Inisialisasi Menunjukkan operasi yang tidak memiliki efek khusus selain mempersiapkan sebuah nilai untuk langkah / proses berikutnya. Lambang ini juga digunakan untuk menggantikan titik keputusan yang biasanya berbentuk ketupat jika ingin menggunakan pengulangan pada kondisi tertentu.
Konektor Dalam Halaman
Konektor Luar Halaman Terkadang, diagram alir tidak muat dalam satu halaman saja. Oleh karena itu, lambang ini berfungsi untuk menghubungkan satu proses ke proses lainnya, sama halnya seperti tanda panah, hanya saja untuk merujuk ke halaman yang berbeda.

Jenis-Jenis Bagan Alir[sunting | sunting sumber]

Sterneckert (2003) menyarankan untuk membuat model bagan alir yang berbeda sesuai dengan perspektif pemakai (managers, system analysts and clerks) sehingga dikenal ada 4 jenis diagram alir secara umum:[5]

  • Bagan Alir Dokumen, menunjukkan kontrol dari sebuah sistem aliran dokumen.
  • Bagan Alir Data, menunjukkan kontrol dari sebuah sistem aliran data.
  • Bagan Alir Sistem, menunjukkan kontrol dari sebuah sistem aliran secara fisik.
  • Bagan Alir Program, menunjukkan kontrol dari sebuah program dalam sebuah sistem.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Indonesia) Arti kata bagan alir dalam situs web Kamus Besar Bahasa Indonesia oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  2. ^ (Indonesia) Arti kata diagram arus dalam situs web Kamus Besar Bahasa Indonesia oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  3. ^ Mushthofa (2021). Informatika untuk SMA Kelas X. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan. hlm. 246. ISBN 978-602-244-506-7. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 Juni 2022. 
  4. ^ SEVOCAB: Software and Systems Engineering Vocabulary. Term: Flow chart. Retrieved 31 July 2008.
  5. ^ Alan B. Sterneckert (2003)Critical Incident Management. p. 126

Pranala luar[sunting | sunting sumber]