Fazekas Mihály Gimnázium

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Fazekas Mihály Gimnázium (bahasa Indonesia: Sekolah Menengah Atas Mihály Fazekas; nama resmi: Budapesti Fazekas Mihály Gyakorló Általános Iskola és Gimnázium; juga dikenal dengan julukan Fazekas atau Fazék) adalah sebuah sekolah menengah atas yang terletak di kota Budapest, Hungaria. Sekolah ini merupakan sekolah favorit dengan berbagai pencapaian dalam bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah sekolah ini dapat ditilik kembali ke tahun 1911, ketika wali kota Budapest pada saat itu mendirikan sebuah sekolah dasar untuk memenuhi kebutuhan pendidikan di kota tersebut. Satu tahun kemudian, bangunan ini menjadi kedudukan sementara Seminari Pedagogik dengan tujuan untuk memberikan panduan dan mengawasi guru-guru dan sekolah-sekolah di Budapest. Sekolah dasar ini lalu menjadi "sekolah pelatihan" guru-guru. Seminar-seminar yang diadakan di sekolah ini menjadi sangat populer selama periode antar perang.

Sementara itu, sejarah sekolah ini sebagai sebuah SMA bermula dari SMA Santo Benediktus yang dikelola oleh biarawan-biarawan dari Ordo Benediktus dari tahun 1923 di tempat yang sangat dekat dengan lokasi SMA saat ini. Setelah kaum Komunis mulai berkuasa, sekolah ini dinasionalisasi dan diganti namanya menjadi Fazekas Mihály Gimnázium. SMA ini lalu dipindah ke gedung baru yang masih digunakan hingga kini dan nama resminya menjadi Fazekas Mihály Fővárosi Gyakorló Általános Iskola és Gimnázium.

Fazekas menjadi sekolah yang bergengsi berkat pendidikan matematikanya. Alumni-alumninya banyak yang menjadi ahli matematika dan ilmuwan terkenal. Para siswa Fazekas juga sering mengikuti Olimpiade Sains Internasional dan Olimpiade Matematika Internasional. Pada tahun 1966, tim Hungaria yang terdiri dari delapan siswa Fazekas turut serta dalam Olimpiade Matematika Internasional dan tiga di antara mereka berhasil memenangkan medali emas (László Lovász, József Pelikán dan Lajos Pósa).

Alumni[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 47°29′21.64″N 19°4′34.62″E / 47.4893444°N 19.0762833°E / 47.4893444; 19.0762833