Euroskeptisme

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Euroskeptisme (juga dikenal sebagai Skeptisisme Uni Eropa,[1][2][3] dari kata Yunani scepsis yang artinya meragukan) berarti kritik terhadap Uni Eropa. Beberapa pengamat, bagaimanapun, lebih memilih untuk memahami oposisi dan total penolakan dari Uni Eropa (keanti-Unieropaan) sebagai 'Euroskeptisme'.[4][5]

Secara tradisional, sumber utama Euroskeptisme telah menjadi gagasan bahwa integrasi melemahkan negara kebangsaan, dan keinginan untuk memperlambat, menghentikan atau membalikkan integrasi dalam Uni Eropa. Pandangan lain sering diadakan oleh para Euroskeptik mencakup persepsi defisit demokrasi di Uni Eropa atau keyakinan bahwa Uni Eropa terlalu birokratik.[6][7] Euroskeptisme tidak sama dengan keanti-Eropaan yang mengacu pada penolakan dari budaya Eropa dan Europanisasi, dan perasaan, pendapat dan diskriminasi terhadap kelompok etnis Eropa. Sebuah jajak pendapat Eurobarometer dari warga negara Uni Eropa pada tahun 2009 menunjukkan bahwa dukungan untuk keanggotaan Uni Eropa terendah terjadi di Latvia, Britania Raya, dan Hongaria.[8] Pada tahun 2016, dengan melihat negara-negara Uni Eropa yang paling tidak baik, yaitu Yunani, Perancis, Spanyol dan Britania Raya.[9] Euroskeptisme ditemukan dalam partai politik di seluruh spektrum politik; namun, kenaikan partai populis sayap kanan di Eropa sangat terkait dengan kenaikan Euroskeptisme di benua tersebut.[10]

Kepercayaan Uni Eropa dan lembaga-lembaga telah sangat menurun sejak puncaknya pada tahun 2007. Sebuah referendum yang diadakan pada tahun 2016 menanyakan apakah Britania Raya harus tetap menjadi anggota, atau meninggalkan Uni Eopa menghasilkan suara mayoritas mendukung meninggalkan UNI eropa.

Pandangan seluruh dunia[sunting | sunting sumber]

Sementara memiliki beberapa tumpang tindih, Eurosskeptisme dan keanti-Eropaan berbeda. Keanti-Eropaan selalu memiliki pengaruh yang kuat dalam budaya Amerika dan pengecualian Amerika, yang kadang-kadang melihat Eropa pada penurunan atau kenaikan saingan kekuasaan, atau keduanya.[11] Beberapa aspek euroskeptisme di Britania Raya telah dicerminkan oleh penulis AS.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "EU-Scepticism vs.
  2. ^ Kirk, Lisbeth (22 June 2011). "EU scepticism threatens European integration". EU Observer. Diakses tanggal 1 February 2016. 
  3. ^ Therése Hultén "Swedish EU-Scepticism: How is it Compatible with the Support for Enlargement?"
  4. ^ Erkanor Saka (2009). Mediating the EU: Deciphering the Transformation of Turkish Elites (PhD Thesis). ProQuest. p. 202. ISBN 978-1-109-21663-9. Diakses tanggal 9 March 2016. 
  5. ^ Matthew (26 October 2011). "Why anti-EUism is not left-wing". Workers' Liberty. Alliance for Workers Liberty. Diakses tanggal 31 January 2016. 
  6. ^ Kopel, David, Silencing opposition in the EU, Davekopel.org, diakses tanggal 18 February 2015  More than one of |accessdate= dan |access-date= specified (bantuan)More than one of |accessdate= dan |access-date= specified (bantuan)
  7. ^ Hannan, Daniel (14 November 2007). "Why aren't we shocked by a corrupt EU?". The Daily Telegraph (London). Diakses tanggal 2 May 2010. 
  8. ^ "Standard Eurobarometer 71 (fieldwork June–July 2009)" (PDF). European Commission. September 2009. pp. 91–3. Diakses tanggal 26 November 2009. 
  9. ^ Euroscepticism on the rise across Europe as analysis finds increasing opposition to the EU in France, Germany and Spain, diakses tanggal 1 August 2016  More than one of |accessdate= dan |access-date= specified (bantuan)More than one of |accessdate= dan |access-date= specified (bantuan)
  10. ^ Han Werts, Marcel Lubbers, and Peer Scheepers (2013) Euro-scepticism and radical right-wing voting in Europe, 2002–2008: Social cleavages, socio-political attitudes and contextual characteristics determining voting for the radical right, European Union Politics, vol. 14 no. 2: 183–205.
  11. ^ Chamorel, Patrick. "Anti-Europeanism and Euroscepticism in the United States, No. 2004/25" (PDF). European University Institute. Diakses tanggal 20 September 2015. 

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "econ2015" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Eurobarometer_Autumn_2015.2C_Trust_in_national_government" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Eurobarometer_Autumn_2015.2C_Right_direction" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Eurobarometer_Autumn_2015.2C_Trust_in_EU" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Eurobarometer_Autumn_2015.2C_EU_image" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]