Lompat ke isi

Ekonomika komputasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Ekonomi komputasi)

Ekonomika komputasi adalah sebuah disiplin penelitian interdisipliner yang menggabungkan metode-metode dalam ilmu komputasi dan ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi yang kompleks.[1] Subjek ini mencakup pemodelan komputasi sistem ekonomi. Beberapa bidang ini unik, sementara yang lain memantapkan bidang ekonomi dengan memungkinkan analisis data yang kuat dan solusi masalah yang akan sulit untuk diteliti tanpa komputer dan metode numerik terkait.[2]

Metode komputasi telah diterapkan di berbagai bidang penelitian ekonomi, termasuk namun tidak terbatas pada:

Ekonometrika: Pendekatan non-parametrik, pendekatan semi-parametrik, dan pembelajaran mesin.

Pemodelan sistem dinamis: Optimasi, pemodelan keseimbangan umum stokastik dinamis, dan pemodelan berbasis agen.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ekonomika komputasi berkembang bersamaan dengan matematisasi bidang ini. Selama awal abad ke-20, para perintis seperti Jan Tinbergen dan Ragnar Frisch memajukan komputerisasi ekonomi dan pertumbuhan ekonometri. Sebagai hasil dari kemajuan dalam Ekonometrika, model regresi, pengujian hipotesis, dan metode statistik komputasi lainnya diadopsi secara luas dalam penelitian ekonomi. Di sisi teoritis, model Ekonomi makro yang kompleks, termasuk model Teori siklus bisnis riil (RBC) dan model Keseimbangan umum stokastik dinamis (DSGE) telah mendorong pengembangan dan penerapan metode solusi numerik yang sangat mengandalkan komputasi. Pada abad ke-21, perkembangan algoritma komputasi menciptakan cara baru bagi metode komputasi untuk berinteraksi dengan penelitian ekonomi. Pendekatan inovatif seperti model pembelajaran mesin dan pemodelan berbasis agen telah dieksplorasi secara aktif di berbagai bidang penelitian ekonomi, menawarkan kepada para ekonom sebuah perangkat yang diperluas yang sering kali berbeda karakternya dari metode tradisional.

Aplikasi[sunting | sunting sumber]

Pemodelan berbasis agen[sunting | sunting sumber]

Ekonomika komputasi menggunakan model ekonomi berbasis komputer untuk memecahkan masalah ekonomi yang dirumuskan secara analitis dan statistik. Sebuah program penelitian, untuk itu, adalah ekonomi komputasi berbasis agen (ACE), studi komputasi dari proses ekonomi, termasuk seluruh ekonomi, sebagai sistem dinamis dari pelaku ekonomi yang saling berinteraksi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Computational Economics. ""About This Journal" and "Aims and Scope."
  2. ^ • Hans M. Amman, David A. Kendrick, and John Rust, ed., 1996. Handbook of Computational Economics, v. 1, Elsevier. Description Diarsipkan 2011-07-15 di Wayback Machine. & chapter-preview links. Diarsipkan 2020-04-06 di Wayback Machine.    • Kenneth L. Judd, 1998. Numerical Methods in Economics, MIT Press. Links to description Diarsipkan 2012-02-11 di Wayback Machine. and chapter previews.