Esri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari ESRI)
Lompat ke: navigasi, cari
Esri Inc.
Jenis Swasta
Industri/jasa Perangkat lunak
Sistem informasi geografis
Didirikan Redlands, California (1969)
Kantor pusat Redlands, California, AS 34°3′25.35″LU,117°11′44.44″BB
Tokoh penting Jack Dangermond, Pendiri
Produk ArcGIS, ArcView, ArcEditor,
ArcInfo, ArcGIS Server, ArcIMS,
ArcSDE
Pendapatan Lebih dari $776 juta per tahun
Karyawan 2.700+ (2009) [1]
Situs web www.esri.com

Esri (Environmental Systems Research Institute) adalah perusahaan memasok software sistem informasi geografi internasional, GIS bebasis web, dan manajemen geodatabase. Pusat Esri berada di kota Redlands, California.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1969 dengan nama Environmental Systems Research Institute, sebagai badan konsultan penggunaan lahan. Produk Esri (terutama ArcGIS Desktop) memiliki pasar 40.7%.[2] Tahun 2014 Esri menguasai 43% pasar perangkat linak GIS di seluruh dunia, lebih dari vendor lain.[3]

Perusahaan ini memiliki 10 kantor regional di Amerika dan 80 lebih jaringan distributor internasional,[4] dengan jutaan pengguna di 200 negara. Memiliki 3.200 pegawai di amerika, dan masih di kelola secara mandiri oleh penamunya Jack Dangermond. Tahun 2006 pendpatannya sekitar 660 juta dolar Amerika.[5] Tahun 2009 harian investor bisnis menulis artikel, pendapatan tahunan diperkirakan sebesar 1,2 milyar dolar, dari 300,000 pelanggan (4000 dolar/pelanggan/tahun).[6]

Esri mengadakan konverensi pengguna internasional setiap tahun, yang pertama kali diselenggarakan di kampus Redlands tahun 1981 dengan 16 peserta. Konverensi pengguna telah diselenggarakan di San Diego Convention Center, San Diego sejak 1997. Diperkirakan 15.000 pengguna dari 131 negara hadir pada tahun 2012.[7]

Kepemilikan[sunting | sunting sumber]

Jack dan Laura Dangermond mendirikan Esri pada tahun 1969. Jack Dangermond adalah presiden saat ini.[8]

Pengucapan nama perusahaan[sunting | sunting sumber]

Sesuai dengan nama perusahaan. Esri diucapkan sebagai satu kata 'ez-ree'.[9]

Beberapa distributor diluar Amerika seperti Esri Canada dan Australia memasarkan dengan 'ess-ree' pengucapan diikuti dengan nama negara.

Produk[sunting | sunting sumber]

Esri menggunakan nama ArcGIS untuk menyebut nama produk perangkat lunak, yang beroperasi di desktop, server, dan perangkat mobile. ArcGIS juga termasuk pengembang produk dan servis berbasis internet. Dalam arti umum, istilah GIS (bahasa indonesia: SIG) menggambarkan semua informasi yang mengintegrasi, menyimpan, mengubah, menganalisis, membagikan, dan menampilan informasi geografi untuk menginformasikan pengambilan keputusan. Istilah GIS-centric bagai manapun juga telah didefinisikan sebagai kegunaan Esri ArcGIS Geodatabase sebagai aset dan fitur data repositori pusat untuk untuk sistem manajemen pemeliharaan terkomputerisasi/computerized maintenance management systems (CMMS) sebagai bagian dari manajemen aset perusahaan dan sistem perangkat lunak analitis. kriteria sertifikasi GIS-centric secara khusus didefinisikan oleh NAGCS, National Association of GIS-Centric Solutions (Badan Nasional solusi SIG-Sentris).

Desktop GIS,[sunting | sunting sumber]

Desember 2014, perusahaan mengeluarkan paket dekstop GIS, ArcGIS untuk versi desktop dengan versi 10.3. Komponen paket terdiri dari, ArcMap, ArcCatalog, dan ArcToolbox, memungkinkan pengguna untuk membuat, menganalisis, memetakan, mengatur, membagikan, dan menerbitkan informasi geografi. Paket produk tersedia dalam tiga level lisensi:[10] Basic/Dasar (sebelumnya dikenal dengan ArcView), Standart/Stadar (sebelumya ArcEditor), dan Advanced/Lanjutan (Sebelumnya ArcInfo). Basic (ArcView) menyediakan menu dasar dalam mengolah data SIG, sesuai untuk banyak aplikasi pengolahan SIG. Standart (ArcEditor) dengan harga yang lebih mahal, memungkinkan berbagai kemampuan yang lebih luas untuk melakukan pengubahan dan memanipulasi data, termasuk mengubah geodatabase server. Advancer (Arcinfo), produk dengan kemampuan tinggi, menyajikan analisis dan emampuan manajemen data secara penuh, termasuk menu untuk menganalisis geotatistik dan topografi.

ArcGIS Explorer, ArcReader, dan ArcExplorer adalah aplikasi dasar freeware untuk melihat data SIG.

Ekstensi ArcGIS untuk desktop tersedia, termasuk menu Spatial Analyst untuk analisis data raster dan 3D Analyst untuk pemetaan dan analisis medan permukaan bumi. Ekstensi lain yang lebih spesifik tersedia dari Esri dan pikah ketiga.

Produk asli Esri, ARC/INFO, adalah produk GIS dengan command line yang awalnya tersedia di minocomputer, kemudian dalam UNIX workstation pada 1992, GUI GIS, ArcView GIS dikenalkan. Kemudian kedua produk dihadirkan dalam versi windows, dan ArcView juga edalam produ Macintosh. Nama ArcView dan ArcInfo sekarang digunakan untuk membedakan nama lisensi salam ArcGis Desktop, dan kadang digunakan untuk perangkat lunak yang sesungguhnya. Versi windows dari ArcGIS saat ini adalah satu-satunya platform ArcGIS desktop yang sedang dalam pengembangan untuk produk baru yang kan dirilis.

Server GIS[sunting | sunting sumber]

Produk Server GIS menyediakan fungsi GIS dan mengatur data dari lingkungan pusat. ArcGIS untuk Server adalah aplikasi servis internet, digunakan untuk mengembangkan fungsi dari perangkat lunak ArcGIS untuk desktop menjadi lingkungan yang berdasarkan browser. Tersedia juga di Solaris dan Linux seperti dalam windows. ArcSDE (Spatial Data Engine) digunakan sebagai penghubung sistem manajemen database dengan toko perangkat lunak Esri dan dalam database yang tersedia secara komersial: saat ini, dapat digunakan dengan Oracle, PostgresSQL, DB2, Informix, dan Microsoft SQL server database. Mendukung format data biner asli SDE, Oracle spatial, dan ST_geometry. ArcIMS (Internet Mapping Software) menghadirkan akses kedalam SIG berbasis browser. Seperti dalam ArcGIS 10.1, ArcIMS mengalami penurunan fungsi dalam ArcGIS untuk Server, tetapi masih banyak contoh dari ArcIMS (10.0 dan yang lebih lama) dalam lingkungan produk. Produk berbasis server yang lain menyertakan ekstensi Geoportal, ArcGIS image server, Tracking Server, dan lain sebagainya.

Mobile GIS[sunting | sunting sumber]

Mobile GIS menggabungkan GIS, GPS, layanan berbasis lokasi, komputasi hand-held, dan kemampuan pertumbuhan dari data geografis. Teknologi ArcGIs dapat disusun dalam rentang sistem mobile dari perangkat ringan hingga PDA, laptop, dan Tablet PC. Produk yang tangguh untuk penggunaan ini adalah ArcPad, ArcGIS for Mobile, ArcGIS for Server (API dengan orientasi server), ArcWeb Services (API berorientasi web), database geografi yang telah disediakan, ArcGIS mobile.[11]

ArcGIS for mobile ADF adalah aplikasi pemrograman tatap muka (API) untuk solusi perkembangan dalam berbagai platform windows mobile dan windows-embedded (PC saku, telpon pintar, peralatan ultra-mobile, dll)

Developer GIS[sunting | sunting sumber]

Produk developer GIS memungkinan untuk membangun dekstop sesuaik kebutuhan atau aplikasi server GIS atau mengambangkan fungsi GIS dalam aplikasi yang ada. Solusi yang terpusat ini kemudian dapat disusun kedalam suatu kelompok. Produk yang sesuai untuk ini adalah Esri Developer Network atau EDN, ArcEngine (API dengan orientasi desktop), ArcGIS for Server (API dengan orientasi server dan sebuah perkembangan ADF web yang merupakan bagian dari ArcGIS for Server), ArcWeb Services (API dengan orientasi Web).

Online GIS (ArcGIS Online)[sunting | sunting sumber]

ArcGIS memasukkan kemampuan berinternet dalam semua produk perangkat lunak Esri. Layanannya disediakan melalui ArcGIS Online dalam www.arcgis.com, termasuk API web, peta yang telah tersedia, dan layanan geoprocessing, juga layanan bagi data antar pengguna. Variasi dari petadasar adalah firus khusus dari ArcGIS online. Program komunitas peta Esri (Esri Comunity Maps Program) menggabungkan detail informasi petadasar pengguna kedalam format kartografi umum yang disebut dengan Topoghrapic Basemap atau petadasar topografi.

Format data[sunting | sunting sumber]

Vektor[sunting | sunting sumber]

  • Shapefile – File yang mudah dibuka oleh Esri, hybrid vector format data menggunakan SHP, SHX and DBF.
  • Enterprise Geodatabase – Format geodatabase Esri untuk penggunaan dalam RDBMS.
  • File Geodatabase – Format file berdasar file geodatabase. Disimpan sebagai folder dalam sistem file.
  • Personal Geodatabase – Strategi integrasi penyimpanan data vektor yang tertutup menggunakan format MDB Microsoft Access.
  • Coveragehybrid vector dan strategi penyimpanan yang tertutup. Format peninggalan ArcGIS Workstation / ArcInfo dengan mengurangi dukungan dalam ArcGIS Desktop.

Raster[sunting | sunting sumber]

  • Esri grid – Format raster ASCII biner dan dengan sedikit metadata.
  • Mosaic - Struktur data untuk mengelola dan analisis raster multidimensi dan data citra termasuk netCDF, GRIB, dan format data hirarki.

Sertifikat teknis Esri[sunting | sunting sumber]

Sertifikat teknis Esri diluncurkan pada Januari 2011.[12] Program ini menyediakan tes berdasarkan sertifikasi untuk perangkat lunak Esri. Kelompok inti dari sertifikat termasuk Desktop, Developer, dan Enterprose. Setiap bagian kategori dibawah kelompok ini memiliki dua level sertifikasi, Associate dan Profesional.[13]

Program konserasi Esri[sunting | sunting sumber]

Tahun 1989, program konservasi Esri (Esri Conservation Program) dimulai untuk membantu organisasi nirlaba yang memiliki misi dalam konservasi alam dan perubahan sosial. Program ini menyediakan perangkat lunak GIS, data, dan pelatihan, juga membantu untuk mengkoordinasikan hasil dari banyak organisasi (seperti, The Society for Conservation GIS)

Investigasi federal[sunting | sunting sumber]

Tanggal 28 Juni, 2006 perwakilan Esri mengatakan perusahaan menerima panggilan federal sebagai bagian dari investigasi yang sedang berjalan antara Jerry Lewis dan Copeland Lowery. "Kami tidak memiliki sangkutan" yang dikatakan juru bicara Esri Don Berry. "Kami mempertahankan pelobi dan itu bukan masalah bagi kami" pada 5 September 2006. Asosiasi pers melaporkan bahwa investigasi federal sedang mencari tanah sumbangan seluas 170.000 m2 di kota Redlands yang dimiliki oleh Esri pada tahun 2001, tanah yang berdekatan dengan rumah Lewis. Akhir November 2010, Departemen Kehakiman Amerika menyampaikan kepada pengacara Lewis bahwa kasus ditutup tanpa biaya.[14]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ESRI - Company's history
  2. ^ "Update: Esri has 40+% of GIS Marketshare". Directions Magazine. Diakses tanggal 2017-03-08. 
  3. ^ "Geographic Information Systems | ARC Advisory Group". www.arcweb.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-03-08. 
  4. ^ "Contact Us | Esri About". www.esri.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-03-08. 
  5. ^ http://www.esri.com/company/about/facts.html
  6. ^ Daily, Investor's Business. "Investor's Business Daily". Investor's Business Daily. Diakses tanggal 2017-03-08. 
  7. ^ "Crear Pagina Web (with tweet) · designergna". Storify. Diakses tanggal 2017-03-08. 
  8. ^ "Jack & Laura Dangermond". Forbes (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-03-08. 
  9. ^ "ESRI “Transitioning” Pronunciation of its Name". Directions Magazine. Diakses tanggal 2017-03-08. 
  10. ^ "ArcGIS Pro | Professional 2D & 3D GIS Mapping Software". www.esri.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-03-08. 
  11. ^ "Home - WebMapSolutions". WebMapSolutions (dalam bahasa American English). Diakses tanggal 2017-03-08. 
  12. ^ "Earn the New Esri Technical Certification". www.esri.com. Diakses tanggal 2017-03-09. 
  13. ^ "Esri Training | Your Location for Lifelong Learning". training.esri.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-03-09. 
  14. ^ "News : Press Enterprise". www.pe.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-03-09. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]