Dong Yi (seri TV)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Dong Yi
Dong Yi.jpg
Poster promosional
Genre
PengarangKim Yi-young
Sutradara
Pemeran
Lagu pembuka"Walking on a Dreamy Road" oleh Jang Na-ra
NegaraKorea Selatan
BahasaKorea
Jumlah episode60
Produksi
Produser eksekutif
  • Kim Ho-young
  • Ahn Seung-gak
ProduserLee Se-joong
Rumah produksiLydus Contents Company
AStory
Rilis
Jaringan penyiarMunhwa Broadcasting Corporation
Tanggal rilis22 Maret (2010-03-22) –
12 Oktober 2010 (2010-10-12)
Pranala luar
Situs web
Nama Korea
Hangeul
Hanja
Alih Aksara yang DisempurnakanDong-i
McCune–ReischauerTong-i

Dong Yi (Hangul동이Hanja同伊) adalah serial televisi Korea Selatan tahun 2010, yang dibintangi oleh Han Hyo-joo sebagai Dong Yi.[1] Drama yang mengisahkan tentang kisah cinta Raja Sukjong dan Choe Suk-bin ini ditayangkan oleh stasiun televisi MBC mulai dari 22 Maret sampai 12 Oktober 2010 setiap Senin dan Selasa pukul 21.55 sebanyak 60 episode.[2][3]

Dong Yi sangat terkenal di seluruh Asia dan merupakan drama Korea yang memperoleh rating tertinggi di stasiun televisi Jepang NHK.[4] Drama ini juga memperoleh rating penonton dalam kisaran pertengahan 20% hingga 30% di Korea Selatan,[5] dan Han dianugerahi berbagai penghargaan berkat penampilannya di drama ini, termasuk penghargaan Daesang di MBC Drama Awards.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Latar cerita ada pada masa pemerintahan Raja Sukjong (Raja ke-19) yang memerintah Dinasti Joseon (diperankan Ji Jin Hee). Cerita berfokus pada Dong Yi (diperankan Han Hyo Joo, Dong Yi kecil diperankan Kim Yoo Jung), pelayan biro musik yang tugasnya membantu biro musik dan pekerjaan-pekerjaan berat lain di istana (musuri) yang kemudian mendapatkan kepercayaan Ratu Inhyeon (diperankan Park Ha Sun). Ia juga disukai oleh raja dan tersentuh oleh doa yang ia sampaikan demi kesehatan sang ratu pada saat terjadi kekacauan yang disebabkan oleh selir lain, Jang Hui-bin (diperankan Lee So Yeon). Dong Yi lalu menjadi selir dengan pangkat Suk-Bin dan melahirkan putra yang nantinya menjadi raja ke-21 Joseon, Yeongjo.

Dong Yi adalah putri Choi Hyo Won yang merupakan ketua Masyarakat Pendekar Pedang (Geumgae). Kakaknya Choi Dong Joo berteman dengan Cha Cheon Soo (Baek Soo Bin) yang nantinya akan membantu Dong Yi. Seo Yong Gi adalah teman ayah Dong Yi, ayah Seo Yong Gi tewas karena pembunuhan (yang katanya direncanakan Fraksi Selatan). Seo Yong Gi ditugaskan menyelidiki kasus ayahnya. Geumgae bentukan Choi Hyo Won dituduh membunuh ayah Seo Yong Gi, maka Seo Yong Gi harus memburu semua anggota Geumgae dan putri ketuanya, Dong Yi. Semua anggota Geumgae dieksekusi dengan perintah raja (karena tuduhan membunuh), tetapi ada satu yang melarikan diri, yaitu Cha Cheon Soo yang akan menyelamatkan Dong Yi.

Dong Yi mengganti namanya menjadi Cheon Dong Yi, agar tidak tertangkap prajurit. Sebenarnya Dong Yi dan Seo Yong Gi sering sekali bertemu tetapi Seo Yong Gi tidak mengenalinya sementara Dong Yi mengenalnya (karena pernah bertemu saat masa kecilnya). Seo Yong Gi justru membantu Dong Yi sampai menjadi selir. Karena suatu jasa Jang Hui Bin merekomendasikannya sebagai gungnyeo (dayang) biro pengawas. Di biro pengawas, Jeong Sang Gung (Ibu Asrama Jeong) dan Jung Im selalu membantunya menegakkan kebenaran sampai dia menjadi Dayang Agung Istana (dan kemudian jadi selir).

Dong Yi lalu menjadi selir dengan pangkat pertamanya adalah Suk-Won (selir tingkat 4) lalu setelah diasingkan menjadi Suk-i (selir tingkat 3) lalu Suk-khui (selir tingkat 2) dan di angkat secara resmi (tingkatnya) menjadi Suk-Bin (selir tingkat 1) dan melahirkan putra yang nantinya menjadi raja ke-21 Joseon, Yeongjo.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lee, Ji-hye (7 Mei 2010). "Han Hyo-joo says she "hold fast" to her role in Dong Yi". 10Asia. Diakses tanggal 7 Agustus 2013. 
  2. ^ Han, Sang-hee (21 Maret 2010). "Will Dong-yi Become Next Jewel in the Palace?". The Korea Times. Diakses tanggal 7 Agustus 2013. 
  3. ^ Oh, Jean (22 Maret 2010). "Upbeat rom-com vs. court romance". The Korea Herald. Diakses tanggal 7 Agustus 2013. 
  4. ^ http://www.kdramastars.com/articles/4131/20120609/always-han-hyo-joo-hallyu-queen.htm
  5. ^ Hong, Lucia (13 Oktober 2010). "Giant places on top and Dong Yi finishes run". 10Asia. Diakses tanggal 7 Agustus 2013.