Tangga nada diatonik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Diatonik)

Dalam teori musik, tangga nada diatonik (Inggris: diatonic scale) adalah komponen dasar teori musik dunia Barat. Tangga nada diatonik memiliki tujuh titinada yang berbeda dalam satu oktaf. Titinada-titinada ini adalah titinada putih pada piano. Dalam notasi solmisasi, titinada tersebut adalah "Do-Re-Mi-Fa-Sol-La-Si". (Kadang-kadang, 'Si' diwakilkan dengan 'Ti' agar huruf pertama setiap titinada berbeda).

Tangga nada mayor dimulai dengan titinada pertama (Do), dan berakhir sampai titinada 'Do' yang ada satu oktaf di atas Do yang pertama.

Dalam teori musik, tangga nada diatonik mayor adalah bagian air yang penting dalam pembangunan tradisi musik dunia Barat. Tangga nada ini terdiri dari tujuh titinada dalam satu oktaf, diwujudkan dalam tuts putih dalam alat musik piano, diperoleh dari rangkaian enam nada kelima (fifth) yang berurutan dalam suatu versi meantone temperament, dan menghasilkan dua tetrakord yang dipisahkan dengan interval satu nada bernilai penuh. Jika versi meantone di sini equal temperament nada kedua belas maka pola interval di semitone menjadi 2-2-1-2-2-2-1. Tangga nada besar dimulai pada catatan pertama dan dilakukan dengan langkah-langkah untuk oktaf pertama. Dalam solfège, suku kata untuk setiap tangga nada adalah "Do-Re-Mi-Fa-Sol-La-Si-Do".

Tangga nada minor alami dapat dicari dalam dua cara, yang pertama adalah sebagai minor relatif dari tangga nada mayor, yang dimulai pada tingkat keenam tangga nada dan melanjutkan langkah demi langkah melalui tetrachord sampai dengan oktaf pertama dari tingkat keenam. Dalam solfège "La-Ti-Do-Re-Mi-Fa-Sol."

Cara lainnya, minor alami bisa dilihat sebagai gabungan dari perbedaan tetrachord dari bagian 2-1-2-2-1-2-2, di tempat "Do-Re-Mé-Fa-Sol-Lé-Té-Do."

Harmoni musik Barat sejak abad Kebangkitan hingga akhir abad XIX berdasar pada tangga nada diatonik dan rangkaian-rangkaian unik yang dihasilkan oleh sistem organisir ketujuh nada ini. Harus diingat bahwa yang paling potongan lagi dari praktik umum kunci perubahan musik, tetapi ini mengarah ke hubungan tangga nada diatonik dalam satu kunci dengan mereka yang lain, lihat modulasi (musik).

Tuts-tuts putih pada alat musik piano mewujudkan tangga nada diatonik C mayor (C-D-E-F-G-A-B-C), dengan jarak satu interval tiap-tiap nadanya, kecuali untuk E-F dan B-C, yang memiliki interval semitone (setengah nada).

"Diatonik" berasal dari bahasa Yunani "diatonikos" artinya "meregangkan". Seringkali dipakai untuk menyebut keseluruhan mode, tetapi umumnya dipergunakan untuk menyebut tangga nada mayor dan minor.

Hanya divisi oktaf tertentu (12 dan 20) yang memungkinkan keunikan, koherensi, dan kesederhanaan transposisional, dan bahwa hanya subhimpun diatonik dan pentatonik dari 12 nada himpunan kromatik ikuti kendala ini (Balzano, 1980, 1982)

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • Balzano, Gerald J. (1980). "The Group Theoretic Description of 12-fold and Microtonal Pitch Systems", Computer Music Journal 4:66–84.
  • Balzano, Gerald J. (1982). "The Pitch Set as a Level of Description for Studying Musical Pitch Perception", Music, Mind, and Brain, Manfred Clynes, ed., Plenum press.
  • Clough, John (1979). "Aspects of Diatonic Sets", Journal of Music Theory 23:45–61.
  • Ellen Hickmann, Anne D. Kilmer and Ricardo Eichmann, (ed.) Studies in Music Archaeology III, 2001, VML Verlag Marie Leidorf GmbH., Germany ISBN 3-89646-640-2.
  • Franklin, John C. (2002). "Diatonic Music in Greece: a Reassessment of its Antiquity Diarsipkan 2006-06-24 di Wayback Machine.", Mnemosyne 56.1:669–702
  • Gould, Mark (2000). "Balzano and Zweifel: Another Look at Generalised Diatonic Scales", "Perspectives of New Music" 38/2:88–105
  • Johnson, Timothy (2003). Foundations Of Diatonic Theory: A Mathematically Based Approach to Music Fundamentals. Key College Publishing. ISBN 1-930190-80-8.
  • Kilmer, A.D. (1971) "The Discovery of an Ancient Mesopotamian Theory of Music'". Proceedings of the American Philosophical Society 115:131–149.
  • Kilmer, Crocket, Brown: Sounds from Silence 1976, Bit Enki Publications, Berkeley, Calif. LC# 76-16729.
  • David Rothenberg (1978). "A Model for Pattern Perception with Musical Applications Part I: Pitch Structures as order-preserving maps", Mathematical Systems Theory 11:199–234