Mahkamah Konstitusi Austria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Böhmische Hofkanzlei yang merupakan tempat berdirinya Mahkamah Konstitusi hingga tahun 2012.

Mahkamah Konstitusi Austria (bahasa Jerman: Verfassungsgerichtshof) adalah institusi pengadilan paling penting dalam sistem hukum Austria. Institusi ini berfungsi sebagai badan yang memastikan bahwa hukum-hukum yang ditetapkan di Austria sejalan dengan konstitusi. Wewenang Mahkamah Konstitusi Austria diatur oleh Hukum Konstitusional Federal (B-VG) tahun 1920.

Mahkamah Austria merupakan mahkamah konstitusi tertua di dunia.[1] Mahkamah ini terletak di kota Wina yang juga merupakan ibu kota Austria. Berbeda dengan Mahkamah Konstitusi Jerman, mahkamah ini berkumpul dalam sesi paripurna 14 anggota. Kuorum yang diperlukan untuk kehadiran presiden (atau wakil presiden) mahkamah konstitusi adalah minimal 8 suara dari anggota.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • (Jerman) Gerhart Holzinger et Martin Hiesel, Verfassungsgerichtsbarkeit. Die Bestimmungen des B-VG und anderer Bundesverfassungsgesetze über den VfGH, das VfGG und die Geschäftsordnung des VfGH. 3., Manz, Wien 2009.
  • (Jerman) Kurt Heller, Der Verfassungsgerichtshof. Die Entwicklung der Verfassungsgerichtsbarkeit in Österreich von den Anfängen bis zur Gegenwart. Verlag Österreich: Wien 2010.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]