Daftar episode Kaguya-sama : Love is War

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ilustrasi promosi untuk musim pertama dari seri anime.

Seri anime Kaguya-sama, Love is War didasarkan dari seri manga berjudul sama, yang ditulis dan diilustrasikan oleh Aka Akasaka. Adaptasi anime untuk manga tersebut diumumkan oleh Shueisha pada tanggal 1 Juni 2018.[1] Seri ini disutradarai oleh Mamoru Hatakeyama dan skenarionya ditulis oleh Yasuhiro Nakanishi, sedangkan animasinya diproduksi oleh A-1 Pictures. Yuuko Yahiro mendesain karakternya, sementara Jin Aketagawa bertugas sebagai pengarah audio. Kei Haneoka berperan sebagai penggubah musik untuk seri ini.[2] Seri ini ditayangkan perdana sejak tanggal 12 Januari hingga 30 Maret 2019, pada saluran MBS, Tokyo MX, BS11, Gunma TV, Tochigi TV, Chukyo TV, dan TV Niigata.[2][3] Seri ini terdiri dari 12 episode.[4] Masayuki Suzuki, Rikka Ihara, dan Yoshiki Mizuno membawakan lagu pembuka untuk seri ini yang berjudul "Love Dramatic feat. Ihara Rikka," sedangkan Halca membawakan lagu tema penutup yang bertajuk "Sentimental Crisis."[5][6] Aniplex of America telah memperoleh hak lisensi untuk seri ini di Amerika Utara, dan menayangkannya secara streaming di Crunchyroll, Hulu, dan FunimationNow.[7] Di Australia dan Selandia Baru, AnimeLab menayangkan seri ini secara simulcast.[8]

Musim kedua berjudul Kaguya-sama: Love is War? diumumkan pada tanggal 19 Oktober 2019. Para staf dan pengisi suara kembali untuk mengisi peran mereka.[9] Musim keduanya ditayangkan sejak tanggal 11 April hingga 27 Juni 2020 pada saluran televisi Jepang yang sama seperti musim pertama, meskipun penayangan perdananya di dunia sebelum disiarkan di Jepang, dilakukan pada ajang Anime Festival Sydney yang digelar pada tanggal 8 Maret 2020.[10] Lagu tema pembukanya adalah "Daddy! Daddy! Do! yang dibawakan Suzuki bersama Airi Suzuki", sementara lagu tema penutupnya berjudul "Kaze ni Fukarete" ("Blown by the Wind") yang dinyanyikan oleh Haruka Fukuhara.[11]

Daftar episode[sunting | sunting sumber]

Kaguya-sama, Love is War (Musim 1)[sunting | sunting sumber]

No. Judul[12][13] Sutradara Penulis skenario Tanggal tayang asli[14]
1"I Want to Make You Invite Me to a Movie"
"Eiga ni Sasowasetai" (Jepang: 映画に誘わせたい)
"Kaguya Wants You to Stop Her"
"Kaguya-sama wa Tomeraretai" (Jepang: かぐや様は止められたい)
"Kaguya Wants You to Offer Her Food"
"Kaguya-sama wa Itadakitai" (Jepang: かぐや様はいただきたい)
Yūjirō AbeYasuhiro Nakanishi12 Januari 2019 (2019-01-12)
Organisasi OSIS Akademi Shuchi'in dipimpin oleh Miyuki Shirogane sebagai ketua dan Kaguya Shinomiya sebagai wakil ketua. Keduanya saling menyukai, tetapi tidak ingin mengungkapkan perasaan mereka duluan. Sekretaris OSIS bernama Chika Fujiwara memiliki tiket film untuk diberikan kepada Miyuki. Miyuki bimbang mengenai haruskah dirinya mengajak Kaguya. Namun, Kaguya yang telah mengirim tiket tersebut, ingin Miyuki untuk mengajaknya. Saat Kaguya menerima surat cinta, Miyuki mencoba menghentikannya untuk pergi tanpa mengakui perasaannya. Ketika Miyuki membawa makan siang dari rumah dan membaginya dengan Chika, Kaguya menatap mereka dengan marah dan cemburu saat mereka berdua saling menyuapi.
2"Kaguya Wants to Exchange Contact Info"
"Kaguya-sama wa Kōkan Shitai" (Jepang: かぐや様は交換したい)
"Fujiwara Wants to Go Out"
"Fujiwara-chan wa Dekaketai" (Jepang: 藤原ちゃんは出かけたい)
"Shirogane Miyuki Wants to Hide It"
"Shirogane Miyuki wa Kakushitai" (Jepang: 白銀御行は隠したい)
Tarō KuboYasuhiro Nakanishi19 Januari 2019 (2019-01-19)
Miyuki mencoba membuat Kaguya meminta ID LINE-nya pada ponsel cerdas barunya, sementara Kaguya—yang diam-diam mengatur situasi—melakukan hal yang sama. Chika ingin melakukan liburan musim panas untuk OSIS. Miyuki dan Kaguya berdebat apakah mereka akan pergi ke gunung atau laut. Seorang siswa laki-laki meminta nasihat cinta dari Miyuki tentang apakah dia harus mengakui perasaannya terhadap teman sekelasnya—Nagisa Kashiwagi, sementara Kaguya mendengarkan percakapan mereka.
3"Shirogane Miyuki Still Hasn't Done It"
"Shirogane Miyuki wa Mada Shitenai" (Jepang: 白銀御行はまだしてない)
"Kaguya Wants Him to Guess Right"
"Kaguya-sama wa Ateraretai" (Jepang: かぐや様は当てられたい)
"Kaguya Wants to Walk"
"Kaguya-sama wa Arukitai" (Jepang: かぐや様は歩きたい)
IsonoYukie Sugawara26 Januari 2019 (2019-01-26)
Ketika Chika dan Miyuki membaca artikel majalah wanita tentang remaja yang melakukan "hal itu" (hubungan seksual), Kaguya berpikir bahwa hal seperti itu bukanlah masalah besar. Ini membuat Kaguya menyalahpahami eufemisme tersebut. Kaguya menantang Miyuki dalam permainan berjumlah 20 pertanyaan untuk melihat apakah Miyuki tahu apa yang disukai Kaguya. Kaguya harus berjalan ke sekolah dan berharap untuk bertemu Miyuki sepanjang perjalanan ke sana, tetapi teralihkan oleh seorang siswa SD yang ingin Kaguya membantunya berjalan ke sekolah.
4"Kaguya Wants Affection"
"Kaguya-sama wa Medetai" (Jepang: かぐや様は愛でたい)
"The Student Council Wants To Make Each Other Say It"
"Seitokai wa Iwasetai" (Jepang: 生徒会は言わせたい)
"Kaguya Wants To Make Him Send It"
"Kaguya-sama wa Okurasetai" (Jepang: かぐや様は送らせたい)
"Shirogane Miyuki Wants To Speak"
"Shirogane Miyuki wa Hanashitai" (Jepang: 白銀御行は話したい)
Masaki UtsunomiyaYukie Sugawara2 Februari 2019 (2019-02-02)
OSIS bersiap untuk menyambut kunjungan dari akademi saudara mereka dari Prancis. Di sisi lain, Kaguya dan Miyuki saling menggunakan telinga kucing. OSIS kemudian memainkan permainan "kata terlarang" untuk menentukan siapa orang yang akan pergi belanja. Kaguya kebingungan mengenai apa yang akan dikatakannya kepada Miyuki. Asisten pribadi Kaguya—yang bernama Ai Hayasaka—mencoba menyelesaikan masalah tersebut dengan cara menelepon Miyuki melalui ponsel Kaguya. OSIS akhirnya menyambut kedatangan para siswa dari Prancis, tetapi Miyuki terkejut setelah mengetahui bahwa dia adalah satu-satunya siswa yang tidak tahu bahasa Prancis selain kata-kata dasarnya. Pada saat Kepala Sekolah mengirimkan seorang gadis Prancis yang kasar untuk menguji coba keteguhan Miyuki, caciannya justru tidak berdampak apapun, dan Kaguya malah menakuti gadis itu dengan bahasa yang bahkan lebih kasar.
5"Kaguya Wants to Handle It"
"Kaguya-sama wa Konashitai" (Jepang: かぐや様はこなしたい)
"Miyuki Shirogane Wants to Show Off"
"Shirogane Miyuki wa Misetsuketai" (Jepang: 白銀御行は見せつけたい)
"Kaguya Wants to Be Covered"
"Kaguya-sama wa Sasaretai" (Jepang: かぐや様は差されたい)
Tsuyoshi TobitaYasuhiro Nakanishi9 Februari 2019 (2019-02-09)
Nagisa Kashiwagi meminta saran kepada Kaguya tentang bagaimana cara putus dengan pacarnya, tetapi Kaguya—yang kurang pengalaman—mencoba membantu gadis itu menemukan poin-poin bagus dari pacarnya, dan tanpa sengaja mengungkapkan keinginan pribadinya. Miyuki berlatih keras dalam olahraga bola voli untuk tidak terlihat bodoh di hadapan OSIS dalam waktu seminggu ke depan, dan Chika membantunya berlatih. Ketika Kaguya terpaksa berjalan pulang pada hari hujan, dia dan Miyuki saling mencoba membuat yang lain membuka payung terlebih dahulu.
6"Yu Ishigami Wants to Live"
"Ishigami Yū wa Ikinobitai" (Jepang: 石上優は生き延びたい)
"Chika Fujiwara Wants to Test You"
"Fujiwara Chika wa Tesuto-shitai" (Jepang: 藤原千花はテストしたい)
"Kaguya Wants to Be Noticed"
"Kaguya-sama wa Kizukaretai" (Jepang: かぐや様は気づかれたい)
Takayuki KikuchiYukie Sugawara16 Februari 2019 (2019-02-16)
Yu Ishigami—Bendahara OSIS yang bersifat tertutup, bertanya kepada Miyuki apakah dia dapat mengundurkan diri dari posisinya. Yu curiga bahwa Kaguya ingin membunuhnya setelah dirinya bertanya kepada Kaguya apakah dia jatuh cinta terhadap Miyuki. Chika memberi ujian psikis terhadap para anggota OSIS lainnya dari sebuah majalah, tetapi Kaguya berencana untuk mengubah permainan tersebut menjadi keuntungannya atas Miyuki. Ai mencoba meningkatkan citra pribadi Kaguya dengan merapikan kukunya, membuatnya merasa sangat sadar diri pada hari berikutnya.
7"Miyuki Shirogane Wants to Work"
"Shirogane Miyuki wa Hatarakitai" (Jepang: 白銀御行は働きたい)
"Kaguya Wants Him to Join In"
"Kaguya-sama wa Iretai" (Jepang: かぐや様は入れたい)
"Kaguya Wants to Control It"
"Kaguya-sama wa Taetai" (Jepang: かぐや様は堪えたい)
Yūjirō AbeYasuhiro Nakanishi23 Februari 2019 (2019-02-23)
Pacar Nagisa kembali menemui Miyuki, mencari nasihat tentang cara berpegangan tangan dengan Nagisa. Anggota OSIS membahas proses penganggaran untuk berbagai klub di sekolah. Kaguya tidak bisa berhenti menertawakan lelucon kotor Chika.
8"Kaguya Wants Her to Say It"
"Kaguya-sama wa Yobasetai" (Jepang: かぐや様は呼ばせたい)
"Miyuki Shirogane Can't Lose"
"Shirogane Miyuki wa Makerarenai" (Jepang: 白銀御行は負けられない)
"Yu Ishigami Closes His Eyes"
"Soshite Ishigami Yū wa Me o Tojita" (Jepang: そして石上優は目を閉じた)
Tarō KuboYasuhiro Nakanishi2 Maret 2019 (2019-03-02)
Kaguya mencoba untuk mendekati Kei—adik perempuan Miyuki, tetapi dia terkejut mengetahui bahwa Kei lebih akrab dengan anggota OSIS lainnya. Kaguya dan Miyuki bertarung memperebutkan peringkat pertama pada ujian akhir sekolah. Seminggu sebelumnya, Kaguya mengajari Ishigami yang terancam tinggal kelas, meskipun Ishigami menilai metode belajar Kaguya sebagai penyiksaan.
9"Kaguya Wants to Give a Gift"
"Kaguya-sama wa Okuritai" (Jepang: かぐや様は送りたい)
"Chika Fujiwara Wants to Pay a Visit"
"Fujiwara Chika wa Mimaitai" (Jepang: 藤原千花は見舞いたい)
"About Kaguya Shinomiya, Part 1"
"Shinomiya Kaguya ni tsuite 1" (Jepang: 四宮かぐやについて①)
Masakazu ObaraYukie Sugawara9 Maret 2019 (2019-03-09)
Ketika badai melanda sekolah, Kaguya mencoba menjebak Miyuki untuk mengajaknya pulang bersama, tetapi dia justru kedinginan menunggunya di tengah hujan. Hari berikutnya, para anggota OSIS yang tersisa memainkan permainan Konsentrasi untuk mencari tahu siapa yang akan menjenguk Kaguya, tetapi Miyuki menyadari bahwa Chika bermain menggunakan kartu yang sudah ditandai beserta trik curang lainnya yang digunakan untuk meraih keuntungan. Miyuki menjenguk Kaguya di rumahnya, didukung oleh Ai yang menyamar agar Miyuki bisa meluangkan waktu pribadi dengan Kaguya.
10"Kaguya Won't Forgive"
"Kaguya-sama wa Yurusenai" (Jepang: かぐや様は許せない)
"Kaguya Wants to Forgive"
"Kaguya-sama wa Yurushitai" (Jepang: かぐや様は許したい)
"Miyuki Shirogane Wants to Go Somewhere"
"Shirogane Miyuki wa Dekaketai" (Jepang: 白銀御行は出かけたい)
Tsuyoshi TobitaYasuhiro Nakanishi16 Maret 2019 (2019-03-16)
Setelah kejadian pada hari sebelumnya, Kaguya dan Miyuki bertengkar memperebutkan kue yang tersisa, dan saling mencoba membujuk yang lain untuk memakannya terlebih dahulu. Kaguya dan Miyuki secara diam-diam meminta nasihat dari Nagisa dan Yu (berurutan) mengenai bagaimana cara memaafkan orang lain atas kejadian yang menimpa mereka kemarin. Para anggota OSIS mendiskusikan rencana liburan musim panas mereka, dan setuju untuk pergi ke festival musim panas dan menonton kembang api.
11"Ai Hayasaka Wants to Get Soaked"
"Hayasaka Ai wa Tsukaritai" (Jepang: 早坂愛は浸かりたい)
"Chika Fujiwara Really Wants to Eat It"
"Fujiwara Chika wa Chō Tabetai" (Jepang: 藤原千花は超食べたい)
"Miyuki Shirogane Wants to See You"
"Shirogane Miyuki wa Deaitai" (Jepang: 白銀御行は出会いたい)
"I Can't Hear the Fireworks, Part 1"
"Hanabi no Oto wa Kikoenai, Zenpen" (Jepang: 花火の音は聞こえない 前編)
Aya IkedaYasuhiro Nakanishi23 Maret 2019 (2019-03-23)
Ai mencoba berendam dengan tenang, tetapi Kaguya terus saja mengganggunya dengan beragam pertanyaan seputar Twitter. Chika kembali dari perjalanan keliling dunianya bersama keluarga dan mengunjungi rumah makan untuk memesan ramen. Miyuki dan Kaguya kesulitan mengundang satu sama lain selama musim panas. Kaguya mengenang kembali masa kecilnya dan kurangnya perhatian yang diberikan ayahnya.
12"I Can't Hear the Fireworks, Part 2"
"Hanabi no Oto wa Kikoenai, Kōhen" (Jepang: 花火の音は聞こえない 後編)
"Kaguya Doesn't Want to Avoid Him"
"Kaguya-sama wa Saketakunai" (Jepang: かぐや様は避けたくない)
Takayuki Kikuchi
Mamoru Hatakeyama
Yukie Sugawara30 Maret 2019 (2019-03-30)
Ayah Kaguya melarangnya pergi ke festival musim panas, jadi Ai bersama anggota OSIS lainnya berencana menyelundupkan Kaguya keluar untuk menyaksikan kembang api secara langsung. Setelah berbagai kejadian di festival, Kaguya dan Miyuki terlalu canggung untuk saling berbicara.

Kaguya-sama, Love is War (Musim 2)[sunting | sunting sumber]

No. Judul[15][16] Sutradara Penulis skenario Tanggal tayang asli[17]
1"Ai Hayasaka Wants to Stave Them Off"
"Hayasaka Ai wa Fusegitai" (Jepang: 早坂愛は防ぎたい)
"The Student Council Has Not Achieved Nirvana"
"Seitokai wa Kamittenai" (Jepang: 生徒会は神ってない)
"Kaguya Wants to Get Married"
"Kaguya-sama wa Kekkon Shitai" (Jepang: かぐや様は結婚したい)
"Kaguya Wants to Celebrate"
"Kaguya-sama wa Iwaitai" (Jepang: かぐや様は祝いたい)
Tsuyoshi TobitaYasuhiro Nakanishi11 April 2020 (2020-04-11)
Atas perintah Kaguya, Ai menukar kopi milik Miyuki dengan versi tanpa kafein, dan menyebabkan Miyuki tertidur. Miyuki tertidur di bahu Kaguya, menyebabkannya meminta Ai untuk mencegah siapa pun memasuki ruang OSIS. Kekasih Nagisa meminta Miyuki dan Yu untuk memberikannya nasihat percintaan yang lebih lanjut. Miyuki dan Yu—Kaguya dan Chika kemudian bergabung dengan mereka—menonton dengan tak percaya ketika Nagisa dan kekasihnya mulai melakukan tindakan tak lazim. OSIS memainkan permainan papan yang dibuat oleh Chika. Menjelang ulang tahun Miyuki, Kaguya mencoba memaksanya untuk mengungkapkan tanggal ulang tahunnya melalui horoskop secara terang-terangan.
2"Kaguya Wants to Know"
"Kaguya-sama wa Kikidashitai" (Jepang: かぐや様は聞き出したい)
"Kaguya Wants to Give a Gift"
"Kaguya-sama wa Okuritai" (Jepang: かぐや様は贈りたい)
"Chika Fujiwara Wants to Confirm It"
"Fujiwara Chika wa Tashikametai" (Jepang: 藤原千花は確かめたい)
Tarō KuboYasuhiro Nakanishi18 April 2020 (2020-04-18)
Kaguya akhirnya bisa pergi berbelanja dan mendapatkan kesempatan untuk berteman dengan adik perempuan Miyuki, Kei. Meski upayanya dihalangi oleh Fujiwara bersaudara, Kaguya akhirnya berhasil duduk di sebelah Kei. Namun, Kaguya hanya bisa berdecak kagum akan kemiripan Kei dengan Miyuki. Kaguya berusaha mencari tahu apa yang harus diberikannya kepada Miyuki pada hari ulang tahunnya. Meski demikian, Kei menyatakan bahwa dia tidak terlalu dekat dengan kakaknya.
3"Miyuki Shirogane Wants to Gaze at the Moon"
"Shirogane Miyuki wa Mikamigetai" (Jepang: 白銀御行は見上げたい)
"The 67th Student Council"
"Dai 67-ki Seitokai" (Jepang: 第67期生徒会)
"Kaguya Doesn't Want to Say It"
"Kaguya-sama wa Yobitakunai" (Jepang: かぐや様は呼びたくない)
Yūjirō AbeYukie Sugawara25 April 2020 (2020-04-25)
Dengan berakhirnya masa tugas mereka, anggota OSIS pergi melihat bintang di atap. Rencana Kaguya berantakan dengan cepat karena antusiasme Miyuki terhadap Bulan. Anggota OSIS menyelesaikan tugas mereka dengan membersihkan ruang OSIS sebelum pergi. Keempatnya mendiskusikan rencana masa depan mereka, meskipun Kaguya berharap Miyuki mencalonkan diri untuk kembali mengikuti pemilihan Ketua OSIS.
4"Ai Hayasaka Wants Him to Fall for Her"
"Hayasaka Ai wa Oto shitai" (Jepang: 早坂愛はオトしたい)
"Kaguya Wants to Be Confessed To"
"Kaguya-sama wa Tsuguera"re"tai" (Jepang: かぐや様は告ら“れ”たい)
"Miko Iino Wants to Set Things Right"
"Iino Miko wa Tadashitai" (Jepang: 伊井野ミコは正したい)
Aya IkedaYukie Sugawara2 Mei 2020 (2020-05-02)
Ai ditantang oleh Kaguya untuk membuat Miyuki jatuh cinta padanya. Miyuki mencoba untuk meminta Kaguya menjadi manajer pada pidato kampanyenya sebagai calon Ketua OSIS, tetapi seantero sekolah salah mengartikan niatnya sebagai pengakuan cinta terhadap Kaguya. Saat pemilihan semakin dekat, Miyuki bertemu musuh utamanya, yaitu Miko Iino, yang dengan cepat merekrut Chika ke sisinya.
5"Miyuki Shirogane Wants Girls to Fall for Him"
"Shirogane Miyuki wa Motetai" (Jepang: 白銀御行はモテたい)
"Nagisa Kashiwagi Wants to Console"
"Kashiwagi Nagisa wa Nagusametai" (Jepang: 柏木渚は慰めたい)
"Miyuki Shirogane Wants to Sing"
"Shirogane Miyuki wa Utaitai" (Jepang: 白銀御行は歌いたい)
"Kaguya Wants to Kick Them Down"
"Kaguya-sama wa Keotoshitai" (Jepang: かぐや様は蹴落としたい)
Takayuki KikuchiYasuhiro Nakanishi9 Mei 2020 (2020-05-09)
Miyuki datang ke sekolah dengan tatapan mata yang tampan karena dia akhirnya memiliki waktu tidur yang cukup. Namun, penampilannya tersebut membuat Kaguya kecewa. Karena dirinya bingung melihat penampilan baru Miyuki, Kaguya bertanya kepada Nagisa tentang arti cinta sejati. Chika mengajarkan Miyuki untuk bernyanyi setelah menyadari bahwa dia melakukan lip-sync saat menyanyikan lagu sekolah. Kaguya mencoba untuk bernegosiasi dengan Miko agar dia menarik diri dari pemilihan ketua OSIS, tetapi negosiasi tersebut berakhir dengan berantakan.
6"I Don't Want to Make Miko Iino Smile"
"Iīno Miko o Warawasenai" (Jepang: 伊井野ミコを笑わせない)
"I Want to Make Miko Iino Smile"
"Iīno Miko o Warawasetai" (Jepang: 伊井野ミコを笑わせたい)
"Kaguya Isn't Getting Called"
"Kaguya-sama wa Yobarenai" (Jepang: かぐや様は呼ばれない)
Kuniyasu NishinaYasuhiro Nakanishi16 Mei 2020 (2020-05-16)
Pada hari pemilihan, Kobachi dan Kaguya memberikan pidato untuk mewakili calon mereka, sementara Miko menyadari bahwa dirinya tidak sanggup menandingi Miyuki dan lain. Ketika Miko mulai goyah akibat disaksikan oleh banyak orang, Miyuki ikut campur dan memancing Miko untuk memulai debat. Miyuki akhirnya kembali memenangkan pemilihan dan mengundang Miko untuk bergabung dengan OSIS, sementara Kaguya khawatir bahwa dia mungkin tidak terpilih sebagai wakil ketua karena tindakannya selama pemilihan. Namun, Miyuki akhirnya kembali menawarkan posisi tersebut kepada Kaguya.
7"Kaguya Wants to Undress Him"
"Kaguya-sama wa Nugasetai" (Jepang: かぐや様は脱がせたい)
"Kaguya Wants to Make Him Let Go"
"Kaguya-sama wa Dasasetai" (Jepang: かぐや様は出させたい)
"Miyuki Shirogane Wants to Make Her Read"
"Shirogane Miyuki wa Yomasetai" (Jepang: 白銀御行は読ませたい)
"Kaguya ♡ Aquarium"
"Kaguya-sama ♡ Akuariumu" (Jepang: かぐや様♡アクアリウム)
Aya IkedaYukie Sugawara23 Mei 2020 (2020-05-23)
Setelah mendengar Yu menggambarkan para pria yang memakai celana boxer sebagai "gigolo", Kaguya mencoba melihat pakaian dalam Miyuki. Sebagai permintaan maaf atas kesalahpahaman yang terjadi terkait pakaian dalam, Kaguya menawarkan untuk memberikan pijatan tangan kepada Miyuki, tetapi Kaguya juga memiliki motif tersembunyi untuk meningkatkan minat seksual Miyuki terhadap dirinya. Miyuki, Yu, dan Chika membaca manga shōjo yang sangat emosional dan mencoba meyakinkan Kaguya untuk ikut membacanya. Ketika Kaguya membaca manga tersebut, ruang OSIS menjadi lingkungan yang dipenuhi cinta layaknya manga shōjo sembari Miyuki dan Yu berusaha mengajaknya ke akuarium.
8"Miko Iino Wants to Control Herself"
"Iīno Miko wa osaetai" (Jepang: 伊井野ミコは抑えたい)
"Kaguya Doesn't Scare Easily"
"Kaguya-sama wa obienai" (Jepang: かぐや様は怯えない)
"Kaguya Wants to Be Examined"
"Kaguya-sama wa miraretai" (Jepang: かぐや様は診られたい)
Tsuyoshi TobitaYukie Sugawara30 Mei 2020 (2020-05-30)
Miko menilai ruang OSIS sebagai lingkungan beracun. Chika mendesak Miko untuk berlatih menahan amarahnya sembari meminta Yu melakukan simulasi—berupa melanggar peraturan sekolah. Miyuki dan Kaguya terkunci di ruang penyimpanan peralatan olahraga. Keduanya percaya bahwa kejadian tersebut adalah upaya masing-masing untuk bisa lebih dekat. Kaguya tiba-tiba pingsan dan dibawa ke rumah sakit, dan diberitahu bahwa dirinya menderita mabuk cinta.
9"Yu Ishigami Closes His Eyes, Part 2"
"Soshite Ishigami Yū wa Me o Tojita 2" (Jepang: そして石上優は目を閉じた②)
"Kaguya Wants to Touch"
"Kaguya-sama wa Sawaritai" (Jepang: かぐや様は触りたい)
"Kaguya Doesn't Say No"
"Kaguya-sama wa Kotowaranai" (Jepang: かぐや様は断らない)
Ryota AikeYasuhiro Nakanishi6 Juni 2020 (2020-06-06)
Miko dan Kobachi menganalisa kesalahpahaman yang dialami Miko terhadap Kaguya dan Miyuki, tetapi tindakan tersebut malah membuat Miko menyalahartikannya. Ia mengira Kaguya merupakan sosok dominatrix terhadap anggota OSIS lain. Kaguya yang merasa terganggu akibat kejadian di ruang penyimpanan peralatan olahraga, menciptakan strategi untuk menenangkan hatinya dengan cara menyentuh pipi kirinya menggunakan tangan kanannya. Yu bergabung dengan klub pemandu sorak untuk festival olahraga sekolah, dan diminta untuk mengenakan seragam perempuan. Kaguya muncul dan menawarkan diri untuk membantunya.
10"Kei Shirogane Can't Speak"
"Shirogane Kei wa Hanasenai" (Jepang: 白銀圭は話せない)
"Miyuki Shirogane Wants to Dance"
"Shirogane Miyuki wa Odoritai" (Jepang: 白銀御行は踊りたい)
"Kobachi Osaragi Wants to Crack Down"
"Osaragi Kobachi wa Torishimaritai" (Jepang: 大仏こばちは取り締まりたい)
"Miyuki Shirogane's Dad Wants to Find Out"
"Shirogane Chichi wa Kikidashitai" (Jepang: 白銀父は聞き出したい)
Takayuki KikuchiYukie Sugawara13 Juni 2020 (2020-06-13)
Curiga bahwa kakaknya sedang jatuh cinta, Kei mencoba memaksa Miyuki untuk membocorkan informasi tentang kehidupan cintanya tanpa kelihatan ikut campur. Upaya Chika untuk mengajarkan tarian Sōran Bushi kepada Miyuki gagal. Kaguya malah membantunya, dan membuat Chika kesal. Kobachi mengungkapkan bahwa Yu telah dikucilkan setelah diduga menyerang pacar seorang gadis yang disukainya saat masih SMP. Meskipun Yu berseteru dengan Miko, Kobachi menilai bahwa keduanya saling mendukung secara diam-diam. Ayah Miyuki menghadiri festival olahraga, dan bertanya pada Kaguya tentang hubungannya dengan putranya.
11"Yu Ishigami Closes His Eyes, Part 3"
"Soshite Ishigami Yū wa Me o Tojita 3" (Jepang: そして石上優は目を閉じた③)
"Miyuki Shirogane and Yu Ishigami"
"Shirogane Miyuki to Ishigami Yū" (Jepang: 白銀御行と石上優)
"Kyoko Otomo Doesn't Realize"
"Otomo Kyōko wa Kizukanai" (Jepang: 大友京子は気づかない)
Suzuki MoeYukie Sugawara20 Juni 2020 (2020-06-20)
Sebelum berpartisipasi dalam lomba estafet, Yu bertemu teman sekelasnya di SMP, Kyoko Otomo. Yu mengungkapkan bahwa dirinya dijauhi oleh teman-temannya setelah menyerang Ogino, pacar Kyoko yang berselingkuh. Kejadian tersebut membuat Yu diskors. Meskipun Yu merasa kecewa dan dendam, Miyuki mengunjungi dan melepaskannya dari segala tuduhan setelah OSIS melakukan penyelidikan. Yu akhirnya kalah dalam lomba estafet, tetapi dukungan yang diterimanya dari klub pemandu sorak membuka matanya dan menerima kehadiran mereka.
12"The Student Council Would Like a Group Photo"
"Seitokai wa Toraretai" (Jepang: 生徒会は撮られたい)
"The Student Council is Going to Get That Group Photo"
"Seitokai wa Torasetai" (Jepang: 生徒会は撮らせたい)
"Chika Fujiwara Wants to Inflate"
"Fujiwara Chika wa Fukuramasetai" (Jepang: 藤原千花は膨らませたい)
Abe YujiroYasuhiro Nakanishi27 Juni 2020 (2020-06-27)
Kepala sekolah mengambil gambar OSIS untuk sebuah pamflet promosi sekolah. Ketika dia menawarkan untuk mengambil foto kelompok dengan ponsel lipat Kaguya, ponsel itu jatuh dari atap oleh embusan angin. Meskipun dia mendapatkan smartphone, Kaguya sangat sedih akan hilangnya foto-foto di ponsel aslinya. Anggota OSIS lain berusaha untuk membuatnya ceria dengan mengunggah foto mereka sendiri ke obrolan grup LINE. OSIS memainkan permainan memompa balon. Kaguya, Miyuki, dan Yu awalnya menunjukkan rasa percaya diri berkat pengalaman mereka, sebelum menjadi panik setelah giliran mereka tiba.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pineda, Rafael Antonio (31 Mei 2018). "Kaguya-sama: Love is War Manga Gets TV Anime". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 1 Juni 2018. 
  2. ^ a b Pineda, Rafael Antonio (18 September 2018). "Kaguya-sama: Love is War Anime Reveals Staff, January Debut, Visual". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 18 September 2018. 
  3. ^ Sherman, Jennifer (5 Desember 2018). "Kaguya-sama: Love is War Anime Reveals Visual, January 12 Premiere". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 5 Desember 2018. 
  4. ^ Ressler, Karen (12 Januari 2019). "Kaguya-sama: Love is War Anime Listed With 12 Episodes". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 12 Januari 2019. 
  5. ^ Pineda, Rafael Antonio (22 November 2018). "Kaguya-sama: Love is War Anime's Video Reveals More Cast, Ending Song". Anime News Network. Diakses tanggal 22 November 2018. 
  6. ^ Pineda, Rafael Antonio (4 Januari 2019). "Masayuki Suzuki, Rikka Ihara, Yoshiki Mizuno Collaborate for Kaguya-sama Anime's Opening Song". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 4 Januari 2019. 
  7. ^ Ressler, Karen (20 Desember 2018). "Kaguya-sama: Love Is War Anime to Stream on Hulu, Crunchyroll, FunimationNow". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 22 Desember 2018. 
  8. ^ Sgarioto, Stefan (28 Desember 2018). "AnimeLab Winter Simulcast Lineup 2019!". AnimeLab (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-04-26. Diakses tanggal 18 Januari 2019. 
  9. ^ Hodgkins, Crystalyn (19 Oktober 2019). "Kaguya-sama: Love is War Anime Gets 2nd Season". Anime News Network. Diakses tanggal 19 Oktober 2019. 
  10. ^ Anime Festival [@MadFest] (6 Maret 2020). "Party popper We're not done with the exclusive announcements yet! Kaguya-sama Love is War Season 2 Episode 1 will have its WORLD PREMIERE at #AniFestAUS Sydney! Presented by Madman, head to the Red Stage at 1:30pm AEDT on Sunday! @anime_kaguya mad.mn/afsyd20" (Tweet). Diakses tanggal 6 Maret 2020 – via Twitter. 
  11. ^ Hodgkins, Crystalyn (5 April 2020). "Masayuki Suzuki Returns to Perform Opening Theme for Kaguya-sama: Love is War Anime's 2nd Season". Anime News Network. Diakses tanggal 23 Mei 2020. 
  12. ^ "STORY". Kaguya-sama Love is War Offical Website (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 2 Februari 2019. 
  13. ^ "STORY". Kaguya-sama Love is War Offical Anime Website. Aniplex of America. Diakses tanggal 17 Februari 2019. 
  14. ^ "放送情報". Tokyo MX (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 2 Februari 2019. [pranala nonaktif permanen]
  15. ^ "STORY". Kaguya Sama: Love Is War (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 12 April 2020. 
  16. ^ "STORY / Kaguya-sama: Love Is War? Season 2 Official USA Website". Kaguya-sama. Aniplex of America. Diakses tanggal 14 April 2020. 
  17. ^ 放送情報. Tokyo MX (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 12 April 2020. [pranala nonaktif permanen]