DJR Team Penske

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
DJR Team Penske
Prinsipal timRoger Penske
Dick Johnson
Steve Brabeck
Ryan Story
Manajer timRyan Story
Pembalap12. Fabian Coulthard
17. Scott McLaughlin
Kepala teknisi12. TBA
17. Ludo Lacroix
PabrikanFord
SasisFG X Falcon
Sejarah tim
Lomba pertama1980
Menang lomba45
Posisi pole55
Gelar pembalap7 (1981, 1982, 1984, 1988, 1989, 1995, 2010)
Gelar tim1 (2017)

DJR Team Penske (dahulu Dick Johnson Racing) adalah tim balap mobil tertua di Australia yang berlaga di Kejuaraan Supercars. Didirikan oleh mantan pembalap Dick Johnson, tim tersebut telah memenangkan tujuh gelar Australian Touring Car Championship (lima di antaranya oleh Johnson sendiri) dan tim tersebut telah meraih tiga kemenangan dalam balapan utama Australia, yaitu Bathurst 1000. Tim berbasis di Gold Coast dan menurunkan dua mobil Ford FG X Falcons di Kejuaraan Supercars, dengan memakai nomor 12 untuk Fabian Coulthard dan nomor 17 yang merupakan nomor keramat Johnson, yang dikendarai Scott McLaughli.

Tim telah sangat mengidentifikasi dirinya dengan citra sebagai peternak dari Queenslanders, yang sering berlomba dengan peta negara di mobil. Tim ini awalnya berbasis di rumah keluarga Johnson di Daisy Hill di pinggiran selatan Brisbane, sebelum pindah ke fasilitas di dalam pabrik sponsor Palmer Tube Mills. Pada akhir tahun 1990an pindah ke bengkel spesialis di Stayplton.

Pada bulan September 2014 diumumkan bahwa tim balap kondang dari Amerika Team Penske telah mengambil 51% kepemilikan saham di DJR, dan kemudian mereka mengubah nama tim menjadi DJR Team Penske dengan mantan juara V8 Supercars dan NASCAR Marcos Ambrose bergabung dengan tim pada acara final musim 2014 menjelang program 2015 penuh. Ini adalah pertama kalinya Penske memperluas keterlibatannya ke aktivitas non-IndyCar/NASCAR sejak DHL Porsche Team Penske yang terlibat dalam lomba balap mobil sport.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]